Berkat adanya sosial media, saat ini sponsor dan endorsement menjadi kian menjamur. Endorsement berasal dari Bahasa Inggris yang berarti dukungan atau sokongan. Sedangkan dalam praktiknya, jasa endorsement ini mirip dengan konsep sponsor atau promosi barang. Seringnya orang yang meminta endorse dari artis memberikan barang mereka secara cuma-cuma, terkadang juga mereka membayar sejumlah uang. Lalu kontribusi yang diberikan artis adalah dengan mengunggah barang pemberian tersebut di sosial medianya dan merekomendasikannya pada followers.

Namun makin ke sini endorsement tampaknya makin memberikan penghasilan yang menggiurkan buat para artis yang telaten melakoninya. Nggak sedikit lho yang mematok harga semahal kendaraan roda dua yang ditukar hanya dengan satu unggahan saja. Tapi, curhatan Kiki Farrel yang baru-baru ini ramai diperbincangkan justru makin bikin miris. Ternyata ada juga figur publik yang meminta’ jasa endorse pada pelaku usaha. Kesannya, kan, jadi ngemis gitu ya. Hmmm, coba kita bahas dulu deh.

Curhatan Kiki Farrel soal artis yang minta di-endorse dengan gratisan barang ini ramai diperbincangkan. Ada yang sampai menebak-nebak ngawur lho

Jangan asal tuduh dong. via www.instagram.com

Advertisement

Beberapa waktu yang lalu artis Kiki Farrel mengunggah sebuah curhatan di Instastory-nya. Kiki yang juga pemilik sebuah toko aksesori merasa miris dengan seorang artis yang datang ke tokonya lalu menghubunginya untuk di-endorse. Kiki nggak menyebutkan secara jelas siapa artis yang dimaksud. Namun ia menyebutkan bahwa si artis memiliki followers hampir 1 juta. Mirisnya, artis tersebut meminta di-endorse dengan barang-barang yang harganya cukup murah, yaitu Rp100 ribuan. Warganet pun langsung nyinyir dan mengatakan kalau kesannya si artis jadi ‘mengemis’ endorse.

Banyak juga yang kemudian menebak kalau si artis yang dimaksud adalah Tyas Mirasih yang memang terkenal sebagai ratu endorse. Hal tersebut langsung ditampik oleh yang bersangkutan. Hmm, siapa pun artis yang dimaksud, yang jelas nggak boleh asal tuduh, ya.

Tapi kalau ngomongin soal endorse, bukan hal yang asing lagi kalau ada artis yang membuka jasa endorse, bahkan untuk urusan menikah

Kalau pelaku usaha memberikan endorse, apa salahnya diterima? via www.instagram.com

Endorse bukan hal yang baru lagi di kalangan artis. Bahkan orang yang bukan artis namun memiliki follower banyak yang saat ini disebut dengan influencer juga seringkali dapat ‘job’ untuk mengiklankan produk daring. Untuk urusan menikah, beberapa artis juga pernah blak-blakan kalau biayanya sebagian dari endorse lho. Sebut saja pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Tyas Mirasih dan Raiden Soedjono, Junior Liem dan Putri Titian, bahkan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. Tyas Mirasih bahkan mengaku nggak malu membeberkan bahwa pernikahannya di-endorse. Menurutnya, asal ada perjanjian yang jelas, maka hal tersebut sah-sah saja kok.

Ada sebagian artis yang menganggap minta di-endorse oleh pelaku usaha adalah hal yang lumrah. Sementara ada juga publik yang merasa hal tersebut memalukan

Ayu Tingting juga sering menerima jasa endorse kok. via socialxsinema.blogspot.co.id

Advertisement

Kalau Tyas Mirasih merasa pernikahan yang di-endorse adalah hal yang nggak tabu, berbeda lagi dengan pendapat banyak warganet. Ada sebagian yang menilai kalau melakukan kegiatan dengan di-endorse itu hanyalah memanfaatkan nama beken. Bahkan kalau kasusnya seperti Kiki Farrel, jatuhnya seolah si artis yang mengemis dan minta gratisan. Nggak sedikit lho warganet yang geram dengan oknum artis yang justru minta-minta di-endorse ke sana ke mari. Dalam jangka panjang, bukannya hal ini jugalah yang akan membuat citra baik artis jadi buruk?

Yah, mau bagaimana juga, yang penting antara pelaku usaha dan si artis sama-sama diuntungkan, ya. Kalau nggak, ya, buat apa dong?

simbiosis mutualisme via www.annisast.com

Fenomena endorse bisa disadari sebagai bentuk transformasi sponsorship di era media sosial. Berkat di-endorse oleh influencer atau artis terkenal, pelaku usaha bisa dapat banyak permintaan dan keuntungan lho. Sedangkan bagi si artis, tentu dia juga dapat keuntungan finansial sekaligus dapat barang gratis. Nah, kalau ada perjanjian yang jelas dan saling menguntungkan kedua belah pihak tentu ini sah-sah saja. Tapi kalau mengemis minta di-endorse namun pihak pelaku usahanya nggak mau, ya, buat apa dong?

Semoga saja kedepannya makin banyak artis dan influencer teredukasi tentang bagaimana menawarkan jasa endorse mereka, ya. Yang jelas jangan dengan cara ‘memaksa’ atau dengan tiba-tiba meminta. Banyak cara yang lebih elegan dan lebih berkelas agar kedua belah pihak saling untung. Kamu sudah pernah di-endorse produk apa, Guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya