Alih-Alih Keren, Menggunakan Knalpot Brong itu Bikin Kamu Dimusuhi Orang. Hobi kok Cari Keributan~

Knalpot brong

Ketika pabrik pembuat motor menyesuaikan dengan kenyamanan dan keamanan, ada beberapa orang yang justru mengubah komposisinya. Mereka adalah orang-orang yang hobi modifikasi motor. Mulai dari ganti cat, karburator, knalpot, dan lain-lain sesuai dengan selera masing-masing.

Advertisement

Knalpot menjadi salah satu bagian yang paling sering diotak-atik. Knalpot dari pabrik diganti dengan knalpot custom yang suaranya lebih bising—sebut saja knalpot brong atau racing. Banyaknya orang yang menggunakan knalpot jenis ini jadi bukti kalau knalpot ini dianggap keren. Tapi apakah benar begitu? Simak selengkapnya.

Knalpot brong banyak disukai anak racing, tapi dibenci masyarakat. Suara bisingnya sering bikin kuping nggak nyaman

Berisik! | credit: solopos.com via www.solopos.com

Rata-rata motor balap menggunakan knalpot custom untuk menunjukkan kegarangannya. Hal itu kemudian menginspirasi orang-orang untuk menggunakan knalpot brong pada motor pribadinya. Yang menurut mereka keren ternyata nggak disukai masyarakat. Banyak orang yang benci jika ada motor dengan knalpot brong lewat. Tentu saja karena ngagetin dan bikin pendengaran sakit. Sering banget kejadian orang menyumpahi pengendara motor dengan knalpot brong lantaran kaget.

Selain suaranya yang bising, asapnya yang nyembur-nyembur ke luar kerap bikin pengendara di belakangnya emosi

Asapnya nyembur-nyembur. | credit: mobimoto.com via m.mobimoto.com

Berada di belakang motor dengan knalpot brong itu nggak enak. Selain suara, asap knalpotnya sering kali mengarah ke muka. Tekanan udara yang dihasilkan sangat mengganggu mata. Sudah begitu, kadang ada motor yang mesinnya bermasalah, asapnya menyengat di hidung, polusi banget deh!

Advertisement

Lagian emang pada nggak sayang sama kuping sendiri apa? Nggak takut gitu kehilangan pendengaran karena geber-geber motor

Bikin budek. | credit: okezone.com via lifestyle.okezone.com

Kadang suka bingung sendiri sama anak modifikasi yang berkeliaran pakai knalpot brong, kenapa sih suka banget geber-geber motor? Menggunakan knalpot apa pun itu memang hak, tapi mestinya tahu diri juga dong kalau jalanan bukan milik pribadi. Kalau lokasinya di sirkuit sih nggak apa-apa, orang datang ke sana memang untuk nonton balapan. Beda cerita kalau di jalanan umum, mereka cuma pengin beraktivitas dengan tenang. Tolong hormati dong.

Kata siapa pakai knalpot brong bikin kamu kelihatan keren? orang yang sebal denger suara motormu justru beranggapan kamu norak

Biar apa? | credit: pulsk.com via www.pulsk.com

Label keren, gahar, macho, atau apa pun itu, akan dengan mudah didapatkan jika motor dengan knalpot brong berada di lingkungan yang tepat dan sesuai. Ketika motor itu lalu lalang di permukiman warga labelnya jelas berbeda. Orang bakal bilang itu norak dan sama sekali nggak ada keren-kerennya. Mengganggu kenyamanan orang lain itu nggak keren sama sekali.

Mengganti motor dengan knlapot brong adalah hak masing-masing orang (meski sudah ada larangan dari pihak berwajib), namun yang menjadi masalah di sini adalah penggunaannya. Sering kali orang geber-geber knalpot brong di permukiman warga, tindakan ini jelas salah tempat. Kalau mau kelihatan keren, datanglah ke tempat yang sesuai yaitu sirkuit balap.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE