Lirik dan Makna Lagu Tulus “Hati-hati di Jalan”, yang Masuk Top 50 Spotify Global

Kisah dua manusia yang saling menemukan, kemudian saling merelakan untuk berjalan masing-masing

Musisi Tulus lewat lagu Hati-hati di Jalan telah mengharumkan nama Indonesia dengan menduduki peringkat ke-42 di Top 50 Spotify Global pada Selasa, 8 Maret 2022. Selain itu, album bertajuk “Manusia” yang dirilis pada tanggal 3 Maret 2022 juga berada pada posisi ke-3 Top Albums Debut Global Spotify per 4-6 Maret 2022.

Advertisement

Lewat prestasinya tersebut, Tulus sempat viral dan trending di Twitter lewat lagu Hati-hati di Jalan yang dinyanyikannya. Banyak warganet yang takjub saat mendengar lagu tersebut. Tak sedikit yang mengatakan bahwa lagu Hati-hati di Jalan benar-benar menyentuh dan menusuk hati.

Warganet juga mengatakan bahwa lagu Hati-hati di Jalan merupakan salah satu lagu sedih tapi tanpa terlihat lemah. Lantas apa sih makna sebenarnya dan juga lirik lagu tersebut? Kita simak bersama yuk Sobat Hipwee.

Makna lagu Hati-hati di Jalan yang berkisah tentang cerita patah hati seorang manusia

Tulus

Makna lagu Hati-hati di Jalan | Credit: Instagram (@svvarative)

Lagu Hati-hati di Jalan menceritakan tentang pertemuan dua manusia di mana keduanya yakin bahwa masing-masing adalah sosok yang selama ini mereka cari. Tulus mengutip kalimat peribahasa “asam di gunung garam di laut dan bertemu di belanga”, di sini ia ingin bercerita bahwa jodoh seseorang bisa saja berasal dari tempat yang jauh. Namun, jika sudah jodohnya suatu saat akan tetap bertemu juga.

Advertisement

Kisah yang diceritakan dalam lagu Hati-hati di Jalan ini menggambarkan bahwa hubungan yang terjalin di antara mereka ternyata tidak mudah untuk dijalani dan tak seindah yang dibayangkan. Meski latar belakang yang sama pada kenyataannya tidak mampu menyatukan dua insan untuk hidup bersama. Begitu pula masalah yang datang menghadang ternyata tak selalu bisa diselesaikan dengan baik.

Tulus juga menyampaikan makna bahwa kasih sayang yang sudah tertanam dalam hati dua orang manusia perlahan bisa sirna dengan sendirinya. Jika ini terjadi, maka mereka berharap bahwa rindu yang membelenggu juga akan hilang dan akan digantikan dengan rasa yang lebih indah tanpa diketahui kapan waktunya.

Advertisement

Perlahan tapi pasti, Tulus menegaskan kalau mereka yakin suatu hari akan bertemu dengan jodohnya dan saling merelakan untuk melanjutnya perjalanannya masing-masing. Rasa sakit karena perpisahan membuat mereka bertanya apakah masih ada sosok yang sama seperti sosok yang dicari-cari sebelumnya.

Lirik lagu Hati-hati di Jalan

Konon, banyak para pendengar menganggap bahwa lagu ini adalah lagu sedih tanpa terlihat lemah, karena menceritakan dua orang manusia yang saling menemukan, kemudian saling melepaskan untuk melanjutkan perjalanannya masing-masing. Yuk simak lirik Hati-hati di Jalan!

Hati-Hati di Jalan

Perjalanan membawamu

Bertemu denganku

Ku bertemu kamu

Sepertimu yang ku cari

Konon aku juga

Seperti yang kau cari

Ku kira kita asam dan garam

Dan kita bertemu di belanga

Kisah yang ternyata tak seindah itu

Ku kira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

Kukira takkan ada kendala

Ku kira ini ‘kan mudah

Kau aku jadi kita

Kasih sayangmu membekas

Redam kini sudah

Pijar istimewa

Entah apa maksud dunia

Tentang ujung cerita

Kita tak bersama

Semoga rindu ini menghilang

Konon katanya waktu sembuhkan

Akan adakah lagi yang sepertimu?

Ku kira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

Ku kira takkan ada kendala

Ku kira ini ‘kan mudah

Kau aku jadi kita

Kau melanjutkan perjalananmu

Ku melanjutkan perjalananku

Uu-uu-uuuu

Ku kira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku

Ku kira takkan ada kendala

Ku kira ini ‘kan mudah

Kau aku jadi kita

Ku kira kita akan bersama

Hati-hati di jalan

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE