Viral Pernikahan dengan Mahar Hanya 500 Rupiah, Warganet: “Salut, Nggak Memberatkan Calon Suami!”

Mahar 500 rupiah

Perhatikan deh sekitarmu, pasti ada salah satu saudara, teman, atau tetanggamu yang menikah habis lebaran kemarin. Bulan Syawal diyakini sebagai waktu yang tepat untuk menikah. Ditambah sedang pandemi seperti ini, uang nikah jauh lebih murah dari biasanya. Nggak perlu cetak banyak undangan, orang udah pada tahu kalau protokol kesehatannya nggak memungkinkan untuk menggelar acara pernikahan seperti biasanya.

Advertisement

Pandemi menjadi berkah bagi beberapa orang, termasuk pria yang kisahnya sedang viral ini. Saat orang lain bingung memikirkan mahar yang layak untuk calon istri, pria ini menikahi istrinya dengan mahar yang sangat murah. Kisah ini viral di Facebook. Penasaran? Simak selengkapnya.

Sebuah kisah pernikahan menghebohkan jagat Facebook. Bisa jadi pernikahan dengan mahar termurah nih

Unik mungkin dari jutaan wanita baru dia yg mahar maskawin nya minta 500 rupiah pada pernikahan nya..Dan selama 5…

Posted by Arya Saun Jaya on Tuesday, June 23, 2020

Sebuah acara pernikahan di Bekasi tengah viral di Facebook. Kisah itu diceritakan oleh Arya Saun Jaya yang merupakan seorang penghulu. Dia mengunggah beberapa foto ijab kabul disertai status yang cukup panjang. Dari status tersebut terungkap bahwa pernikahan itu dilakukan dengan mahar yang sungguh murah, yaitu 500 rupiah.

Advertisement

Arya pun mengaku baru sekali mendapati mahar semurah itu di sepanjang kariernya sebagai penghulu yang sudah berjalan 5 tahun. Pernikahannya pun terlihat sederhana yang hanya dilakukan di dalam ruangan rumah. Barangkali juga karena pandemi, makanya nggak ada acara mewah-mewahan. Dari pernyataan Arya juga diketahui bahwa pasangan tersebut bertemu lewat jalur Majelis Ta’aruf. Bisa gitu, ya?

Kabar ini mendapat banyak komentar warganet. Ada yang memuji pihak perempuan, ada juga yang terheran-heran

Pernikahan murah. via www.facebook.com

Buyung Baskoro Jadi inget dulu ane nikah mahar 1.5juta dan mukena aja

Elsaa Lah istrinya sepupu ku malah minta mahar 312 ribu

Advertisement

Status Arya sontak bikin heboh warganet Facebook. Mereka terheran-heran ada pernikahan dengan mahar yang sebegitu murahnya. Ada juga pro kontra yang terselip. Ada yang bilang kalau mahar segitu kemurahan seperti nggak menghargai perempuan. Ada lagi yang bilang, kalau perempuannya segitu ikhlas, ya, nggak masalah.

Lagipula pernikahan nggak selamanya harus dilakukan dengan mahar yang mahal lo. Beberapa warganet berkisah pernah menemui pernikahan dengan mahar yang murah. Ya, meskipun nggak semurah 500 perak juga sih. Hal ini membuktikan kalau nggak semua perempuan itu materialistis. Ada juga yang mau dinikahi dengan mahar berapa pun.

Perempuan seperti ini bikin salut. Di saat banyaknya orang minta mahar mewah, dia rela dinikahi dengan mahar 500 rupiah!

Nggak harus begini-begitu. via vncojewellery.com

Amelia Hidayati Adaaa. Mahar gak minta. Tapi dikasihhh seikhlasnya sm lakinyaaa. Malah lbh baik dikasih drpd mintaa.

Mahar hukumnya memang wajib. Pemberian mahar ini dimaksudkan sebagai kesungguhan niat laki-laki untuk mempersunting calon istrinya. Melansir islam.nu.or.id, nggak ada nilai minimal atau maksimal dari sebuah mahar. Ada sebuah hadis yang mengatakan bahwa Rasulullah pernah menyatakan bahwa sebentuk cincin yang terbuat dari besi pun bisa jadi mahar. Hal ini menunjukan bahwa mahar mesti disesuaikan dengan kondisi masing-masing pihak.

Bicara mahar, bicara soal keikhlasan. Salut banget buat mempelai perempuan yang mau dinikahi dengan mahar 500 rupiah ini. Di saat banyak orang ribet ngurusin mahar, dia ikhlas meski dinikahi dengan mahar yang kecil. Positive thinking aja, mungkin bagi dia harta itu nggak terlalu penting. Yang terpenting tanggung jawab dan cinta suami kepada istri. Bagaimana menurutmu?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE