Mungki ini Alasan yang Bikin Anak Muda Zaman Sekarang Malas Jadi PNS. Ada Benarnya Juga Sih!

PNS! Siapa sih orang yang nggak pengen jadi PNS? Jenjang karier yang sangat gemilang, gaji yang menjanjikan, dan dana pensiun yang menenangkan, adalah orientasi pertama setiap orang tentang PNS. Tapi herannya, anak-anak muda zaman sekarang seolah nggak terlalu minat untuk menjadi PNS. Bahkan, banyak dari generasi saat ini yang lebih memilih untuk membuka usaha sendiri daripada harus menunggu bukaan lowongan pegawai negeri.

Advertisement

Tapi masih cukup banyak juga anak-anak muda yang dengan sabar untuk bisa menjadi PNS. Entah itu karena desakan orang tua atau keinginan mereka sendiri. Tapi setelah melihat beberapa fakta sekaligus alasan berikut ini, mungkin mereka akan berpikir ulang atas harapannya tersebut. Coba deh, simak ulasan dari Hipwee berikut ini!

Seperti PHP, melewati tes CPNS itu nggak mudah. Anak zaman sekarang banyak yang nggak suka dengan proses panjang yang nggak ada kepastiannya

Tesnya bukan main! / Credit: Beritapns

Ah, di-PHP-in melulu kalau daftar CPNS!

Nggak ada alasan yang lebih konkret dari pernyataan di atas. Memang, menjadi PNS sama sekali nggak gampang. Ada beberapa ujian yang harus dilewati. Bahkan, untuk saringan administrasi dan ujian bersama pun sudah cukup ketat dan berat. Inilah yang menjadi alasan utama para generasi muda zaman sekarang putus asa terhadap impian mereka untuk menjadi PNS. Seperti sudah nggak ada harapan. Lagipula, menurut mereka, PNS bukanlah segalanya. Ya, mungkin ada benarnya sih.

Advertisement

Sementara bikin usaha sendiri jauh lebih menjanjikan, meski harus jatuh bangun. Dalihnya, nggak ada usaha yang sia-sia

Usaha sendiri lebih enak / Credit: thedailycity

Generasi muda sekarang lebih suka melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion. Artinya, mereka akan mencari atau membuat sesuatu yang bernilai dengan skill dan minat mereka sendiri. Berwirausaha akan menjadi prioritas mereka setelah lulus. Meski nggak mudah dalam membangun usaha sendiri, tapi ketika hasil sudah didapatkan, mereka akan sangat puas dengan pencapaian mereka sendiri. Sementara untuk menjadi PNS, mereka harus lulus dan mencari lowongan yang sesuai dengan jurusan mereka saat kuliah.

Seperti kontradiktif, jadi PNS itu butuh perjuangan ekstra yang berat bagi anak muda. Apalagi kalau harus mengabdi beberapa tahun sebagai honorer!

Menjadi PNS / Credit: Pajakku

Memang agak naif rasanya ketika menjadi PNS lebih berat daripada menjadi wiraswasta. Padahal, keduanya sama-sama beratnya. Membuka usaha sendiri jelas akan menyita semua waktu dan keringat, sama halnya dengan menjadi PNS. Tapi melewati masa pengabdian dengan gaji yang nggak seberapa, menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang nggak mau jadi PNS. Sementara dengan usaha sendiri, mereka bisa mendapatkan honor sesuai yang mereka harapkan.

Meski PNS menjadi hal mewah di masyarakat, tapi orang tua zaman sekarang sudah nggak terlalu konservatif untuk urusan karier anak-anaknya

Pegawai Negeri Sipil / Credit: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Advertisement

Untungnya, para orang tua zaman sekarang sudah cukup melek akan perkembangan zaman. Mereka nggak akan terlalu menuntut anak-anaknya untuk menjadi PNS. Karena mereka tahu, menjadi PNS itu nggak mudah. Alhasil, para orang tua sedikit longgar terhadap keputusan anak-anaknya dalam memilih pekerjaannya sendiri. Harapan mereka cuma satu, anaknya bias mendapatkan penghasilan sendiri setelah lulus sekolah. Meski, di mata masyarakat, khususnya mereka yang ada di daerah, PNS masihlah barang mewah yang sangat membanggakan.

Memang, PNS adalah impian hampir semua orang. Tapi bukan berarti semua orang bisa dan harus jadi PNS. Setelah melihat kenyataan ini, masih mau jadi PNS, Guys?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Senois.

CLOSE