Berkat kemajuan teknologi seperti internet, tentu hal ini bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Mulai dari menambah wawasan dan informasi, hingga kegiatan jual beli. Oleh karena itulah, nggak heran jika sekarang banyak sekali online shop yang muncul. Entah itu jual beli lewat e-commerce, atau media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Jual beli online ini pun tentu saja banyak ragam ceritanya. Seperti yang dialami oleh salah seorang pemilik online shop ini. Entah mau kesal atau malah ngakak, sang penjual pun mengunggah percakapannya dengan salah seorang pembelinya ke Facebook.

Seorang pemilik online shop yang menjual berbagai macam model tas mendapatkan pembeli yang cukup galak

jualan tas via www.facebook.com

Advertisement

Seorang pengguna Facebook bernama Marlia Firmanty, mengalami kisah yang cukup mengesankan. Ia merupakan pemilik online shop bernama Una Kids. Dilihat dari Facebook dan Instagram-nya, Marlia menjual berbagai macam tas lokal dengan harga yang variatif. Mungkin selama ini ia belum pernah mendapatkan pembeli yang seperti ini. Oleh karena itulah Marlia membagikan percakapannya dengan pembeli yang terlihat galak.

Percakapan ini bermula saat barang yang diinginkan si calon pembeli sudah habis

barangnya habis via www.facebook.com

Percakapan ini berawal dari barang yang diinginkan oleh si calon pembeli sudah habis. Sekitar dua minggu lalu, si pembeli pengen membeli salah satu barang yang dijual oleh Marlia, namun masih belum ditransfer. Setelah beberapa kali menanyakan pada pembeli dan nggak ada respons, akhirnya barang tersebut dijual pada orang lain. Tapi si pembeli nggak terima. Ia nggak membalas pesan Marlia dengan alasan sedang liburan ke luar negeri. Malah, pembeli tersebut mengatakan kalau sebenarnya Marlia nggak punya barangnya.

Padahal si penjual sudah bilang kalau duitnya bakal dikembalikan, tapi malah salah paham

minta kembaliin uang via www.facebook.com

Tanpa mengonfirmasi ketersediaan barang terlebih dahulu, sang pembeli langsung transfer uang kepada pemilik online shop. Sedangkan barangnya sudah nggak ada. Oleh karena itu, Marlia pengen mengembalikan uang yang dikirim tersebut alias refund. Tapi tetap saja si calon pembeli bersikeras uangnya dikembalikan. Nggak sampai di situ, saat Marlia meminta nomor rekening BCA, si calon pembeli kembali nyolot karena ia menyangka kalau pemilik online shop menyuruhnya untuk mem-BACA.

Mungkin karena saking emosinya, si calon pembeli pun mengata-ngatai si penjual bahkan sampai salah tik

emosi banget via www.facebook.com

Advertisement

Sepanjang percakapan tersebut, si calon pembeli terlihat begitu emosi. Sampai-sampai ia salah paham dan salah tik beberapa kali. Pemilik online shop pun harus menjelaskan lebih dari satu kali agar ia mengerti. Tapi yang paling kocak adalah ketika si calon pembeli bersikeras pengen uangnya dikembalikan, ia pun sampai salah tik. Yang seharusnya ia sudah berdiri di depan ATM, jadinya “berdiri di depan Allah”. Dan lebih kocaknya lagi, pemilik online shop membalas dengna “Innalillahi” karena dikira beneran sudah ada di hadapan Yang Maha Kuasa. Meski konteksnya bercanda. 😀

Dari cuplikan percakapan ini tentu saja ada beberapa hal yang bisa kita pelajari. Pertama, pastikan dahulu barang yang kamu inginkan sebelum ditransfer. Karena jarang sekali ada barang yang bisa di-keep lebih dari tiga hari. Kedua, emosi hanya akan membuatmu tambah salah paham karena chat nggak dibaca baik-baik. Dan yang ketiga, jadi pemilik online shop itu nggak gampang. Ada kalanya kita berbahagia karena jualan laris manis, tapi nggak jarang kita dapat calon pembeli yang membuat kita ekstra sabar dan hanya bisa mengurut dada.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya