Sepakbola. Olahraga paling populer di muka bumi ini penuh persaingan dan ego untuk menang. Tapi beberapa orang sadar kalau sepakbola bukan hanya soal menang, seri, atau kalah. Di level tertentu, olahraga ini bukan soal meraih piala di akhir pertandingan. Lebih dari itu, sepakbola menunjukkan kepedulian dan kesadaran antar umat manusia.

Hubungan yang terjalin antara sepakbola dengan fans (semangat utama dari olahraga ini) sangat menarik untuk disimak. Bahkan ada yang sangat menyentuh. Misalnya saja…

1. Mark Bresciano dan Bocah Pengawalnya Ini:

Mark Menuju Lapangan via i.huffpost.com

Salah satu momen yang paling menyentuh di Piala Dunia 2014, sejauh ini. Ketika pemain Australia, Mark Bresciano menyadari kalau tali sepatu bocah pendampingnya menuju lapangan terlepas. Tahu kalau bocah itu akan kesulitan mengikatnya karena dia menggunakan tongkat penyangga, Mark dengan tulus membantu si Bocah.

Aww… Mark mengikatkan tali sepatu si Bocah via i.huffpost.com

Advertisement

Momen ini diabadikan oleh para fotografer sesaat sebelum Australia menghadapi Chil di Arena Pantanal, Barsil yang berakhir dengan skor 3-1 untuk Chili. Well, setidaknya rasa kemanusiaan juga menang di Brasil.

2. Iniesta Mengenang Dani Jarque:

Saat Andreas Iniesta mencetak gol kemenangan Spanyol atas Belanda di Piala Dunia 2010, selebrasi yang ia lakukan benar-benar emosional. Iniesta berlari ke pinggir lapangan, membuka seragam yang ia kenakan untuk memperlihatkan tulisan, “Dani Jarque: siempre con nosotros” yang kalau diterjemahkan secara bebas ke Bahasa Indonesia kira-kira berbunyi, “Dani Jarque: Selalu bersama kita”.

Dani Jarque (1983 – 2009) via www.centrocampista.com

Dani Jarque adalah kapten klub Espanyol, seperti FC Barcelona juga berasal dari Catalunya, yang wafat akibat gagal jantung 3 tahun sebelum Piala Dunia. Penghormatan besar dari Iniesta di panggung yang besar pula.

3. Timnas Brazil Menemukan Maskotnya:

Seorang bocah berlari menerobos masuk ke lapangan yang baru saja menggelar game persahabatan antara Afrika Selatan vs. Brazil. Bocah asli Soweto itu merasa harus bertemu dengan Neymar dkk. walaupun timnya baru saja kalah 0-3 dari Brazil.

Maskot Baru Dari Afrika via i.dailymail.co.uk

Selfie Bareng Neymar Jr. via i.dailymail.co.uk

Pihak keamanan berusaha menghentikan bocah itu namun pemain Brazil berpandangan lain. Mereka dengan senang hati menerima sang Bocah, dengan senyuman dan tanpa beban. Lagi pula, sepakbola juga soal persahabatan, bukan?

4. Southampton FC Berterimakasih Pada Fans Mereka:

Membalas Dukungan Fans via i.imgur.com

Klub asal Inggris ini tahu cara berterimakasih kepada fans. Atas dukungan dan semangat yang diberikan oleh fans kepada tim, Southampton memberikan ‘subsidi’ tiket kepada fans yang rela bertandang ke kandang klub Swansea City. Bukan cuma tiket doang yang disubsidi, Southampton juga akan memotong biaya perjalanan pulang-pergi dari Southampton, Inggris-Swansea, Wales.

Subsidi ini bisa menghemat kantong penggemar sekitar 80-95%.

5. Tukeran Jersey Dengan Fans:

Josefine in action via www2.pictures.zimbio.com

Bertukar kostum yang barusan dipakai dengan tim lawan merupakan hal yang biasa banget dalam sepakbola. Tapi apa yang dilakukan pesepakbola perempuan Swedia, Josefine Oqvist ini patut diucungi jempol. Dia bertukaran jersey dengan penonton yang mendukung tim lawan.

Josefine bersama tim sepakbola perempuan Swedia via www.uefa.com

Awalnya Josefine tampak segan memenuhi permintaan dari fans Jerman tersebut, namun mungkin karena Josefine percaya bahwa sepakbola memiliki semangat persahabatan mereka pun saling bertukar jersey. Everybody wins! Lihat videonya di sini.

Sudah ngerti, ‘kan? Sepakbola itu memang bukan masalah menang atau kalah doang!