Bulan Puasa Sebentar Lagi, Inilah Deretan Hal yang Pasti Dirindukan Saat Momen TPA

Momen TPA bulan puasa

Sebagai umat Muslim, datangnya bulan puasa tentu menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu dalam setahun sekali. Pasalnya di waktu-waktu inilah banyak banget momen yang nggak bisa kita rasakan di bulan-bulan biasa. Salah satu yang paling berkesan dalam bulan puasa adalah agenda TPA (Taman Pendidikan Al-Qurโ€™an) alias mengaji bareng. Biasanya sih agenda yang satu itu selalu diadakan setiap sore menjelang waktu berbuka puasa.

Advertisement

Nggak dimungkiri lagi bahwa agenda TPA ini memang biasanya ditujukan untuk bocah-bocah kecil yang ada di lingkungan setempat. Namun pada kenyataannya, para remaja hingga orang dewasa pun nggak mau ketinggalan, meski hanya ikutan nunggu buka puasa sambil ngajarin-ngerjain anak-anak kecil yang nunggu giliran ngaji. Nggak berasa kita udah mau bertemu lagi dengan momen hangat yang satu ini, walaupun kondisi pandemi nggak kunjung reda. Kamu pasti rindu deretan hal di bawah ini deh~

1. Kumpul bareng bocil-bocil mulai dari yang resek dan kebanyakan tingkah sampai yang anteng banget

Ilustrasi momen TPA / Credit: Tpamuhtadin via tpamuhtadin.wordpress.com

Namanya aja kegiatan anak-anak kecil, udah pasti para bocah dari berbagai tingkatan umur dengan keunikannya masing-masing berkumpul jadi satu. Di situlah letak asyiknya momen TPA setiap bulan puasa. Kangen banget nggak sih, bisa kumpul ramai-ramai bareng sama bocil di masjid mulai dari yang tipikalnya resek, kebanyakan tingkah, sampai yang anteng banget? Terkadang, TPA ini juga jadi ajang untuk latihan menghadapi anak-anak kecil lo. ๐Ÿ˜€

2. Jalan-jalan sore setelah jadwal ngaji sambil nungguin waktu buka puasa

Jalan-jalan sore / Credit: Kampungkb via kampungkb.bkkbn.go.id

Nah, kalau kegiatan yang satu ini sih pasti banyak banget yang kangen dan nggak sabar pengin ketemu bulan puasa lagi. Pokoknya, jalan-jalan sore bareng anak-anak TPA adalah salah satu agenda yang paling menggembirakan. Apalagi agenda yang satu ini nggak selalu dilakukan setelah mengaji, jadi kalau udah ada jadwalnya buat jalan-jalan, pasti bocil yang datang ke masjid langsung ramai banget.

Advertisement

3. Dengerin anak-anak di masjid manggilin temen lainnya buat ikutan TPA lewat toa masjid

Momen bocah TPA / Credit: Karangasem Ponjong via www.karangasem-ponjong.desa.id

Bisa dibilang bahwa hal yang satu ini adalah momen paling absurd setiap kali ada TPA di bulan puasa. Dengerin aja deh di masjid tempat tinggalmu, sekitar jam setengah empat sore, toa masjid bakal dikuasai bocil-bocil yang teriak-teriak heboh manggilin nama teman lainnya, biar segera merapat ke masjid. Siapa nih, yang dulu sering punya kelakuan kayak gini? ๐Ÿ˜€

4. Lagu tepuk anak saleh yang pasti selalu terdengar keras dan menggema setiap sore hari untuk membangkitkan semangat

Kegiatan TPA / Credit: TPAAlhikmah via tpalhikmah.wordpress.com

Bohong sih kalau kamu nggak pernah mendengarkan lagu yang satu setiap bulan puasa tiba ini. Apalagi kalau sering mengikuti kegiatan TPA di masjid setiap sore, pasti paham kalau tepuk anak saleh selalu bergema dan terdengar keras karena dinyanyikan penuh semangat. Pokoknya, kalau anak-anak udah mulai lesu dan nggak bersemangat, biasanya guru mengaji bakal dengan spontan ngajakin tepuk legendaris yang satu ini. ๐Ÿ˜€

5. Terakhir, tentunya adalah buka puasa bareng semua warga kampung di teras masjid

Advertisement

Buka bersama / Credit: Agusnizami via agusnizami.com

Dari semua hal yang bikin rindu ketika TPA di bulan puasa, agenda yang satu ini menjadi salah satu yang paling dinantikan oleh banyak orang. Alasannya sih simpel, karena buka puasa bareng orang satu kampung di teras masjid setiap sore itu rasanya benar-benar beda banget. Padahal makanan dan minumannya mungkin juga cuma begitu-begitu aja, tapi momen kebersamaannya itu yang nggak bisa kita dapatkan di hari-hari biasanya.

Semoga bulan puasa tahun ini udah lebih baik deh, ya, dibandingkan dengan bulan puasa tahun lalu. Setidaknya kita udah nggak perlu merasa waswas untuk kumpul bareng sama keluarga, pulang kampung, temu kangen dengan sanak saudara, dan tentunya buat merasakan momen yang satu ini lagi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE