Seiring dengan berkembangnya dunia digital, platform media sosial pun terus melakukan berbagai macam inovasi untuk menyesuaikan fiturnya dengan perkembangan tersebut. Tak terkecuali Instagram yang lantas melakukan hal serupa agar semakin melebarkan sayapnya. Setelah Instagram Stories terlihat begitu digandrungi oleh para penggunanya, kini Instagram secara resmi meluncurkan fitur Instagram Live Video yang bisa diakses oleh semua penggunanya.

Sebelumnya, fitur yang memungkinkan pengguna Instagram menampilkan konten video secara langsung ini hanya bisa diakses oleh pemilik akun-akun tertentu. Tapi mulai Rabu, 25 Januari 2017 fitur tersebut sudah bisa diakses oleh semua pengguna di beberapa negara, termasuk Indonesia. Rencananya dalam seminggu ke depan fitur ini sudah bisa digunakan secara global.

Kalau kamu penasaran ingin lebih mengetahui serba-serbi Instagram Live Video, lansung saja simak penjelasan Hipwee di bawah ini ya!

Meski tampak mirip dengan fitur video langsung dari aplikasi lain, ternyata Instagram Live Video punya sedikit perbedaan lho!

baru dari Instagram! via techcrunch.com

Instagram Live Video sebenarnya hampir serupa dengan beberapa fitur aplikasi lain seperti Periscope, Facebook Live, ataupun Bigo Live. Namun, bukan Instagram namanya kalau tak memiliki poin yang berbeda. Pembedanya adalah video langsung yang dibagikan tak akan tersimpan di linimasa Instagram-mu. Video itu akan langsung hilang ketika siaran langsung yang dilakukan pun selesai. Jadi aman dari tangan-tangan “jahat” yang suka kepo.

Instagram pun membatasi penggunaan live video kamu hanya sampai 1 jam saja. Biar kamu nggak lupa waktu kali ya~

Advertisement

bisa live chat juga~ via hypebae.com

Tidak hanya soal video yang tidak otomatis tersimpan, Instagram pun membatasi penggunaan siaran langsung tersebut. Pengguna hanya diizinkan untuk melakukan video live selama satu jam saja. Lalu uniknya lagi, Instagram Video Live menyediakan kolom khusus yang bisa digunakan pengguna lain untuk memberikan komentarnya atau sekadar memberikan tanda love saja. Jadi, bisa dibilang ini semacam obrolan langsung dalam dunia maya.

Yuk langsung coba bikin Instagram Live Video sekarang! Begini caranya…

cus! via www.bgr.in

Buat kamu pengguna iOS maupun Android yang mau menajajal fitur terbaru ini, bisa langsung  mencobanya sekarang. Caranya sangat mudah, pertama kamu harus meng-upgrade versi Instagram-mu dulu ke versi yang terbaru. Kalau sudah, begini cara mengakses fitur siaran langsung tersebut.

  • Pertama, kamu masuk ke fitur Instagram Stories, kemudian swipe layar ke kanan.
  • Pada bagian bawah akan terdapat menu baru, bertuliskan “Live“.
  • Lalu, klik saja “Start Live Video” untuk memulai siaran langsung.
  • Jika koneksi internetmu bagus, maka kamu bisa langsung memulai untuk siaran langsung.
  • Dan, kalau kamu sudah ingin mengakhirinya, tinggal klik saja pilihan “End” pada bagian kanan atas.

Setelah siaran langsungmu selesai, jumlah viewer yang melihat live video kamu pun akan terlihat. Seru kan guys?

Fitur terbaru ini bisa jadi peluang besar entah untuk membuat kamu jadi lebih terkenal atau mungkin bahkan mengembangkan bisnis kamu. Semua jadi makin mudah karena kamu bisa melakukan siaran langsung hanya dengan memanfaatkan ponselmu.

Bagaimana, kamu sudah terpikir mau memanfaatkan fitur ini untuk apa dengan mencobanya sekarang? Apapun itu, yang penting jangan lupa untuk menggunakannya dengan bijaksana ya, supaya tak ada pihak-pihak usil yang nantinya menyalahgunakan. Selamat siaran langsung! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya