Instagram bisa dibilang sosial media yang sedang hits beberapa waktu belakangan. Pengguna sosial media mungkin sudah lelah dengan berita hoax yang sering muncul di Facebook maupun Twitter. Di linimasa hanya berisi hujatan dan caci maki. Oleh karena itu, banyak yang memilih Instagram sebagai tempat pelarian. Gambar-gambar yang bagus bisa bikin betah berlama-lama di sana. Hayo siapa yang menghabiskan berjam-jam waktunya buat mainan Instagram? Ngaku deh. Hehehe.

Nah, sayangnya, banyak user tidak terlalu paham mengenai bagaimana mengelola foto di Instagram. Bukan perkara posting fotonya, tapi mendesain feed Instagram-nya agar tampak menarik dan cantik. Kalau cuma asal foto yang di-edit dengan filter Instagram semua juga bisa. Tapi bagaimana mengatur foto-foto agar komposisinya menarik, itu butuh latihan dan referensi. Yuk daripada bingung, mending cek aja deh 7 tips sederhana ini.

1. Paling dasar, perbaiki dulu foto profil dan bio kamu. Jangan alay, dan kalau ada website silakan dicantumkan

Sebelum membahas lebih jauh, satu hal paling fundamental adalah memperbaiki username, foto profil dan bio kamu. Cobalah gunakan username nama yang sebenarnya. Jangan yang sulit dihafalkan. Selain itu, bio adalah cerminan diri kamu yang ditampilkan kepada follower kamu nantinya. Nggak usah berbelit, bikin yang singkat, padat dan mewakili diri kamu. Misal, ‘Full Time Traveler’, ‘A Photographer‘, atau ‘Penikmat Senja.’ Bikinlah sesederhana dan sejelas mungkin. Jangan yang kaya gini.

Follow aja dulu. Untuk selanjutnya kita bicarakan nanti ke depannya. Aku sih optimis kita cocok. *benerin sarung*”

Advertisement

Jangan sesekali dicoba. Itu alay. Please.

2. Buatlah jadwal update foto di Instagram. Misal sehari 3 kali, dari pagi, siang dan malam. Waktu fleksibel tergantung keluangan kamu

dibikin jadwal via hype.my

Jangan random posting foto Instagram. Bikinlah jadwal teratur, entah pagi-siang-sore atau siang-sore-malam. Luangkan waktu untuk posting secara rutin, nggak acak-acakan. Jangan satu hari posting 10 foto, terus vakum sampai 10 hari. Simpan fotomu untuk besok-besok, nggak harus dihabiskan hari ini. Dengan dijadwalkan, feed Instagram kamu akan lebih teratur dan terlihat aktif.

3. Kurangi foto selfie atau swafoto yang diposting di Instagram. Bukan apa-apa, follower tidak suka dengan terlalu banyak swafoto, apalagi pengambilan gambarnya kurang baik. Feed kamu akan terasa membosankan

udah nggak jaman gini via www.youthmanual.com

Nah, tahu ‘kan kenapa follower-mu segitu-gitu aja jumlahnya. Lha gimana, feed kamu cuma berisi foto swafoto dengan berbagai latar belakang yang kurang menarik. Kurangi deh swafoto, banyakin panorama atau gambar-gambar yang indah. Kecuali kamu memang fokus mengambil tema khusus untuk dirimu sendiri, seperti Make Up Artist, atau memang kamu adalah model. Nggak masalah dengan hal itu.

Swafoto boleh asalkan memang kamu sudah siapkan foto itu dengan baik.

4. Hal yang harus kamu lakukan adalah memilih tema khusus untuk dirimu. Apakah temanya traveler, fotografer, make up artist, atau food blogger. Ehm, tema inilah yang bikin kamu terlihat expert di bidangmu. Mau tidak mau, feed Instagram kamu akan berisi foto bertema tertentu

tema : baby and mom via lifewithme.com

Hal ini yang jarang dipikirkan oleh user Instagram. Kebanyakan menggunakan Instagram untuk update foto keseharian saja, makanya cenderung asal. Cobalah cari tema unik, misalnya kamu suka bikin sketsa, jadikan feed Instagram kamu untuk menyajikan hasil sketsamu. Atau kamu baru saja punya bayi, ambillah tema baby and mom. Hal tersebut yang bikin orang tertarik follow kamu, feed kamu rapi dan spesifik.

5. Ambil gambar dengan warna yang senada. Senada bukan berarti sama persis atau malah satu warna. Pilihlah satu warna kunci yang selalu ada dalam komposisi fotomu…

warna coklat via lifewithme.com

Terkait tema yang kamu ambil, sekaligus pilihlah satu warna yang akan merapihkan feed Instagram kamu. Contohnya, kamu yang suka traveling ke pantai atau pulau, akan lebih baik kamu menggunakan warna biru. Atau bila kamu fotografer pakailah warna hitam sebagai intinya. Bukan berarti harus warna itu ya, itu cuma untuk merapikan tema kamu.

6. Nah ini yang paling penting, buatlah 3 foto sebaris dengan tema cerita sama namun dengan angle yang berbeda. Yakin deh banyak yang akan suka dengan feed Instagram kamu

wah jadi pengen via www.dandycahyo.co

Kalau tips yang satu ini banyak yang udah mulai gunain sih. Tiga foto sebaris dengan tema yang sama bakal bikin feed kamu keren. Caranya, kamu harus siapkan minimal 3 foto dengan tema serupa, sebisa mungkin setting-nya sama cuma angle-nya yang berbeda. Agak sulit sih ini kalau nggak biasa. Tapi yakin deh, kalau kamu berhasil, follower bakal datang tanpa henti. Lebay sih ini. Oke lanjut.

7. Bikin foto jadi 3, 6, 9 atau 12 bagian kelihatan keren sih. Bisa ngerapiin feed kamu juga. Tapi ingat, jangan dipakai terus-terusan. Aneh aja jadinya…

Tips yang terakhir ini sering digunakan oleh beberapa user. Satu foto bisa dipecah jadi 3, 6, 9, atau 12 foto biar tampak menarik. Sudah tahu caranya belum? Begini, kamu tinggal unduh aplikasi Instagrid di Google PlayStore. Terus kamu tinggal pilih mau berapa foto yang mau dibikin. Entah 3×2, 3×3 yang populer digunakan, sampai 3×4. Cobain sendiri deh biar Instagram kamu tampak keren. Eh tapi jangan swafoto ya yang kamu grid fotonya. Ntar mukanya kepotong-potong. Hehehe.

Sudah dikasih tips sederhana yang semua bisa pakai, nggak ada alasan lagi dong Instagram kamu nggak naik level. Perbaiki Instagram kamu agar follower datang tanpa henti ya. Keep posting, Guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya