Musim Layang-Layang Kembali Booming, Lakukan 5 Hal ini Biar Kegiatan Gabutmu Makin Seru!

Musim layang-layang

Masa pandemi yang telah berbulan-bulan nggak kunjung selesai ini rupanya memiliki berbagai macam dampak dan efek samping. Selain di sektor ekonomi, pendidikan, dan tentunya kesehatan, di sisi lain pandemi ini membuat publik mendadak jadi melahirkan kebiasaan dan tren-tren unik baru guna membunuh rasa bosan karena aturan yang menganjurkan kita agar di rumah aja.

Advertisement

Seperti misalnya munculnya kembali musim layang-layang yang sudah sekian lama nyaris tak terlihat kembali. Coba aja lihat di berbagai daerah di Indonesia, hampir semuanya saat ini mengisi waktu gabut mereka dengan kegiatan yang satu ini. Nah, buat kamu yang pengen gabutmu lebih berwarna saat mengudarakan layang-layang, lakukan lima hal ini~

1. Cari daerah di mana layang-layang yang mengudara besarnya sepadan dengan punyamu biar nggak malu

Lihat tempat dulu sebelum menerbangkan layang-layang via www.adira.co.id

Hal yang satu ini penting banget buat kamu ingat dan kamu lakukan sebelum mengudarakan layang-layang. Kalau gacoan punyamu bentuknya cuma kotak kecil kayak layang-layang yang biasa dijual di warung-warung seharga 500 rupiah, ya jangan berani-beraninya gabung apalagi sampai ngerecokin daerah kekuasaan layang-layang yang ukurannya jauh sama punyamu. Terlebih jika bentuknya bermacam-macam variasinya. Kecuali kalau kamu memang tipe orang yang pede, nggak peduli sama rasa malu, pokoknya semua diterjang!

2. Jangan pernah mendekati gerombolan layang-layang milik warga setempat

Jangan pernah ngerusuhin layang-layang milik warga setempat via www.blorakab.go.id

Selanjutnya yang perlu kamu ingat adalah jangan pernah mendekati gerombolan layang-layang milik warga lokal. Apalagi jika kamu orang pendatang dari daerah lain yang cuma numpang nerbangin gacoan milikmu. Ibarat kawanan serigala, gerombolan layang-layang milik warga lokal itu haram hukumnya buat dideketin apalagi kalau benang milikmu sampai gesekan sama milik mereka. Jangankan cuma bisa ribut di tempat, keributan ibu-ibu pun niscaya dapat tersaingi jika hal tersebut terjadi. Makanya hati-hati ya!

Advertisement

3. Khusus buat layang-layang besar, bisa tuh dibiarin mengudara sampai malam. Apalagi ditambah pakai lampu kerlap-kerlip

Kebayang cantiknya kalau di atas kan? via www.youtube.com

Mungkin bagi sebagian orang, pemandangan yang satu ini dianggap jadi hal baru. Tapi siapa sangka jika ternyata membiarkan layang-layang tetap mengudara di malam hari sambil dihiasi lampu itu sudah sejak laam dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tentunya menerbangkannya pun juga sejak sore, jadi ketika malam datang, kamu tinggal nungguin aja tuh layang-layangmu di atas sambil ngopi cantik sama tetangga, tiduran di pematang sawah sembari menikmati gemerlap lampu dari layang-layang. Syahdu banget kan?

4. Bikin bentuk layang-layang yang anti mainstream

Bentuk layang-layang antimainstream via id.aliexpress.com

Nah, kalau yang satu ini sih kayaknya memang wajib banget kamu lakukan, apalagi jika daerah tempatmu tinggal banyak angin kencang dan ada lahan terbuka kayak sawah, tanah lapang, dan semacamnya. Rugi banget nggak sih, lagi musim layang-layang begini dan kamu cuma punya layangan yang bentuknya kotak aja? Kan bisa tuh bikin layang-layang yang lagi ngetren kayak misalnya bentuk mbak Kunti, foto muka orang, hingga bentuk-bentuk naga dengan ukuran yang jumbo. Biasanya sih makin nyeleneh bentuk layang-layang yang kamu miliki, semakin banyak juga kesempatan layanganmu bakal dilirik oleh banyak orang dan viral di media sosial.

5. Kalau mau cari gesekan, cari yang banyak bocilnya. Fix pasti menangan!

Advertisement

Biar adu gesek makin seru~ via www.nusabali.com

Salah satu hal yang paling seru kalau udah musim layang-layang adalah saat kita adu gesek sama layang-layang milik orang lain. Kalau menang dan layang-layang milik mereka putus, bisa tuh jadi hak milik kita asal bisa nangkep dan ngejarnya. Masalahnya, sekarang yang mainan layang-layang nggak cuma anak-anak, tapi juga orang dewasa. Kalau kamu pengen menang adu gesek, coba deh cari daerah yang banyak bocilnya, biasanya perlengkapan mereka cuma seadanya. Sekali gesek langsung kelar. Tapi siap-siap aja kamu kena semprot orang tuanya. πŸ˜€

Perlu diingat, mainan layang-layang itu boleh aja kok, tapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan keadaaan sekitar. Jangan main layang-layang di jalan raya, apalagi di tempat yang banyak jaringan kabelnya. Cari tuh sawah atau lapangan yang luas, biar bisa main ramai-ramai dan tentunya aman.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE