5 Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Naik Angkot. Jaga-Jaga Aja, biar Lebih Aman dan Nyaman!

Naik angkot

Angkot memang masih menjadi transportasi umum yang digunakan banyak orang. Tarifnya yang murah menjadi salah satu keunggulan yang susah ditandingi oleh moda transportasi lain. Angkot adalah kendaran favorit emak-emak sepulang belanja dari pasar.

Advertisement

Banyak hal nggak terduga yang bisa terjadi kapan saja ketika kita menggunakan angkot. Ibu-ibu terjungkal dalam video hanya salah satu contoh dari sekian tragedi dalam angkot. Yang namanya angkutan umum, selalu ada kejadian yang nggak mengenakan semacam itu. Nah, agar terhindar dari kejadian yang kurang menyenangkan, baiknya kamu perhatikan 5 hal ini sebelum naik angkot.

1. Hindari duduk di kursi kecil tambahan yang biasanya ada di dekat pintu. Rawan terjungkal seperti ibu-ibu dalam video di atas

Kursi ulang tahun~ via twitter.com

Sopir angkot suka dadakan saat mengerem, makanya kamu perlu menghindari tempat duduk di dekat pintu. Tragedi ibu-ibu terjatuh itu besar kemungkinan karena beliau duduk di kursi terlarang; kursi yang terletak tepat di depan pintu masuk. Posisi depan pintu sangat rawan bikin orang terjungkal, sebab nggak ada penghalang apa pun. Orang yang duduk di sana mesti siaga berpegangan pada segala hal yang bisa dipegang.

2. Kalau kamu termasuk yang gampang mabuk, pilih tempat duduk yang jendelanya terbuka, oksigen penting biar nggak pusing!

Cari yang deket jendela. via republika.co.id

Angkot nggak seperti transportasi lain, kamu mesti siap untuk berdesak-desak karena kapasitas yang terbatas. Angkot juga nggak pakai AC, maka kamu mesti siap untuk kepanasan dan bau nggak sedap. Buat kamu yang gampang mual dalam kondisi berdesakan, maka pilihlah tempat duduk dengan cerdik. Carilah yang jendelanya terbuka agar jika sewaktu penuh kamu bisa merasakan semilir angin. Semoga itu bisa mencegahmu dari mabuk. Masa mau muntah di angkot yang sesempit itu? Selain malu, bikin repot penumpang lain, kan. πŸ™

3. Mending cari angkot lain daripada berdiri di depan pintu. Yang boleh di situ cuma anak STM πŸ˜€

Kecuali kamu anak STM juga~ via www.jawapos.com

Saat diburu waktu, orang suka melakukan hal-hal nekat. Sering banget ada orang yang rela bergelantungan di depan pintu karena di dalam kepenuhan. Posisi ini jelas lebih berbahaya dibanding duduk di depan pintu. Selain rawan jatuh, juga rawan keserempet kendaraan lain. Barangkali yang pantas di situ cuma anak STM. Tahu sendiri, kan, mereka hobi melawan arus. πŸ˜€

4. Perhatikan selalu dompet dan barang penting lainnya. Taruh di tempat yang aman dan selalu perhatikan. Copet ada di mana-mana!

Perhatikan tas. via wartakota.tribunnews.com

Selaiknya angkutan umum lain, angkot juga sarat akan kasus kecopetan. Sempitnya ruang nggak membuat pencopet takut. Mereka justru memanfaatkan kesempitan ini sebagai kesempatan. Untuk itu baiknya kamu menaruh barang-barang penting dalam tas. Dekap erat tasmu, jaga baik-baik agar nggak dirogoh orang. Hindari pakai perhiasan kalau nggak mau diambil orang! Jangan kayak bu Tejo yang pamer perhiasan~ πŸ˜€

Advertisement

5. Untuk melawan tangan-tangan lelaki bejat, disarankan untuk membawa semprotan merica. Semprotin ke matanya!

Selfdefense. via womenonguard.com

Selain pencopetan, kasus pelecehan juga rawan terjadi di angkot. Maka dari itu sebaiknya kamu membawa senjata dari rumah. Senjata yang paling masuk akal adalah semprotan merica. Ketika ada tangan-tangan jahil hendak melakukan aksinya, jangan ragu untuk menyemprot matanya.

Meski rawan terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, nyatanya angkot masih menjadi moda transportasi yang dibutuhkan di beberapa daerah. Masih banyak yang suka naik angkot. Jika kamu termasuk salah satunya, maka 5 hal di atas perlu diperhatikan. Buat jaga-jaga aja biar nggak kenapa-kenapa. Keselamatan mesti dipikirkan pertama kali.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE