Bicara soal hiburan—disadari atau nggak—media sosial turut memengaruhi selera humor para penggunanya. Jokes-jokes receh menempati posisi tertinggi dan yang paling disukai oleh milenial. Media sosial juga telah berhasil menciptakan tren guyonan baru, sebut saja vidgram lucu, meme kocak, status-status jenaka, dan yang saat ini sedang hangat diperbincangkan adalah tren #gantilirik.

Tren #gantilirik adalah guyonan mengganti lirik lagu dengan kata-kata kocak—biasanya disajikan lewat postingan (Instagram) atau Instastory. Sejatinya #gantilirik bukan barang baru di jagat maya, beberapa tahun lalu tren ini sempat ramai di TwitterBedanya, di Instagram format menjadi berubah, nggak lagi sebatas status atau kalimat biasa, melainkan video. Nah, berikut ini adalah 15+ video #gantilirik receh yang berhasil Hipwee rangkum.

1. Yang paling gencar meramaikannya kembali adalah komika asal Jogjakarta yang bernama Chandra Mukti atau lebih dikenal dengan Muktientutz (@muktientutz)

Jamrud – Pelangi di matamu #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

Advertisement

2. Mesti sabar mendengarkan guyonan ini. Buktinya lirik lagu boyband Coboy Junior saja liriknya diubah jadi seperti ini

Kau bidadari jatuh dari … #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

3. Kali ini giliran lagu Dewa 19 berjudul Risalah Hati yang menjadi korbannya. Hmm, memang sih, jatuh cinta bisa di mana dan kapan saja, tapi absurd juga kalau kayak gini~

Lagunya dewa 19 jadi gini liriknya -__- #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

4. Sekarang, kan, lagi musim pelakor. Nah, takutnya kalau dibiarkan terus lagu anak-anak di masa mendatang liriknya jadi berubah jadi begini. Jangan sampai :'(

"Nenek moyangku seorang pe…" #gantilirik versi @muktientutz

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

Advertisement

5. Nggak mau kalah dari koleganya, komika bernama Hernawan Yoga juga mempraktikkannya dalam aksi panggung. Kamu yang tinggal di Jogja pasti tahu yang dimaksud

Welcome to the hotel Cali.. wkwkwk @hernawanyoga #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

6. Nggak cuma stand up comedian saja, warganet pun akhirnya ikut-ikutan juga. Tapi, memangnya Rihana kenal Bude Sumiyati? -__-

Work by Rihana versi kearifan lokal #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

7. Kelihatannya gampang, tapi ternyata nggak sembarang orang bisa posting #gantilirik dengan lucu. Eh, yang ini lucu nggak, sih?

Tanya google map lah bang! Kzl

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

8. Kalau yang ini bagaimana?

Kasihan alfamidi nggak disebut #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

9. Cewek yang nyanyi kayak begini di depan cowok, boleh nggak kalau dibilang cewek matre? 🙂

Cowok matre! #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

10. Anak 90-an pasti ingat ini lagu yang ada di film apa? Tapi perasaan liriknya nggak begini deh!

Sherina Muna @gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

11. Bang Uus juga akhirnya ikutan juga. Mungkin dia lagi kangen openmic lagi kayak dulu, secara dia kan sekarang lebih sering jadi presenter 😀

Beda lagu bang -__- #gantilirik versi @uusbiasaaja

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

12. Bukan “Marhaban ya Ramadan”, bukan pula “tiba-tiba Ramadan”, liriknya dipelintir sedemikian rupa dengan tema sepak bola

CR7 punya lagu.. Tebak siapa yg bikin lagunya? #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

13. Kali ini giliran Gilang Baskara (@gilbhas) nggak mau kalah sama rekan-rekan komika lainnya

Jangan kayak gini ya guys

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

14. Positive thinking saja dia punya peliharaan gajah beneran, mungkin bapaknya kerja di kebun binatang. Tapi tetap saja dengernya kesel -_-

Belai belai belalai #gantilirik versi @gilbhas

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

15. Yang ini paling ngeselin sih. Asli!

Ih itunya OWL #gantilirik versi @muktientutz

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

[BONUS]

Mau bagaimana pun guyonannya, kalau keluar dari bibirnya Desy JKT48, apa pun tetap kelihatan lucu~ <3

Kalo @jkt48desy yg nyanyiin apapun juga lucu ya #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

Buat kamu yang ngikutin konten video-video Hipwee pasti familiar dengan suaranya. Tebak siapa? :3

Pengamat politik nih @aanpapeda #gantilirik

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

Konon, model guyonan menyanyi dengan lirik yang ngaco ini digagas oleh para komika atau stand up comedian, tapi lambat laun setelah dikonsumsi publik, akhirnya siapa saja ikut memainkannya tanpa berpikir profesi apa yang sedang digelutinya.

Media sosial pelan-pelan telah menggeser budaya kita (sebagai pengguna) pelan-pelan. Kita yang tadinya mencari hiburan bercanda di tongkrongan, sekarang segalanya mudah kita dapatkan hanya melihat telepon genggam dan akses internetnya. Ya, selama itu sekadar dimaknai sebagai hiburan, agaknya sah-sah saja. Btw, dari beberapa video #gantilirik di atas, mana yang menurutmu paling kocak? Tulis di kolom komentar, ya! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya