8 Pantangan Orang yang Punya Utang dan Bilang Belum Sanggup Bayar. Jangan Begini, Pakai Etikalah!

pantangan bayar utang

Sebagai orang yang nggak punya uang, sebenarnya utang adalah hal yang sudah susah payah dihindari. Tapi gimana lagi, namanya juga lagi mendesak, ya, kan? Sayangnya nggak semua orang yang pinjam uang itu benar-benar lagi butuh. Sebagian justru menggunakan uang pinjaman buat hal-hal yang sebenarnya nggak penting. Lalu nggak kunjung mengembalikannya pula.

Advertisement

Padahal, orang yang uangnya dipinjami tentu berharap hak miliknya segera kembali. Tapi begitu menagih, justru digalakin. Belum lagi kalau si peminjam uang ini kelakuannya nggak bisa dipegang, misalnya foya-foya saat utangnya belum dibayar. Hmmm, simak uraianĀ Hipwee Hiburan berikut.

1. Nggak usah traveling dan menyempatkan diri liburan mewah. Coba prioritaskan bayar utang, itu duit temen kamu mungkin dia butuhkan buat beli barang-barang pokok

Malah chill di pinggir pantai Maldives, hmmm. via blondeacrossthepond.com

2. Udah tahu belum bayar utang dan bilangnya masih nggak ada uang, tapi sempat dugem dan hura-hura sama teman. Mana diunggah ke Instastory lagi, apa nggak ngeselin tuh?

Mana sambil nyawer penyanyinya lagi, uwh! via www.pmjnews.com

Advertisement

3. Iya sih uangmu adalah hakmu, tapi utangmu kewajibanmu. Jadi jangan biasakan tiba-tiba kredit motor atau mobil baru padahal kewajiban sendiri belum terlaksana, kan, kocak!

Apalagi kalau motornya Harley, kayak dirut GA aja nih. via review.bukalapak.com

4. Tiba-tiba mengunggah kegiatan lagi pesta pora makanĀ all you can eat di hotel mewah. Kamu mungkin bisa berkilah dapat voucer, tapi etikanya dong tolong!

Malah pesta makanan. via www.infobdg.com

5. Katanya belum gajian dan belum bisa bayar utang teman, nyatanya tiap hari abang kurir nganterin belanjaan online-mu. Apa nggak malu?

Rasanya ingin geleng-geleng kepala. via lokermedancity.blogspot.com

Advertisement

6. Paling nggak kalau sudah berkali-kali ditagih, jangan menghindar sampai pakai alasan klasik. Eh, besoknya pergi nonton konser. Kontras dong!

Mana konsernya di Singapore lagi. via hellosehat.com

7. Paling ngehe sih kalau punya teman yang susah banget ditagih utangnya, tapi begitu seri iPhone baru keluar langsung beli

Sempat-sempatnya ikutan antre iPhone X? via www.thenational.ae

8. Masih masuk akal kalau dari awal bilang pinjem uang buat lamaran atau nikah, tapi kalau saat alot ditagih utang malah kasih hadiah ultah barang mewah ke pacar kok agak geli, ya?!

Masa sih hasil ngutang, Mz? via www.kaskyinsurance.com

Utang piutang memang sering kali berdarah-darah dan bikin pertemanan jadi retak. Biar hal tersebut nggak terjadi, harus ada kesepakatan yang mantap antara si peminjam dan pengutangnya. Detail soal waktu pengembalian, konsekuensi dan jaminan kalau nggak bisa mengembalikan tepat waktu, sampai ke nominalnya harus disepakatin. Kalau perlu pakai perjanjian hitam di atas putih biar aman dan profesional.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sonyaruri---

Editor

Senois.

CLOSE