5 Aktor yang Pernah Jadi Pemeran Riddler dalam Film dan Serial Batman

Perjalanan panjang aktor yang memerankan karakter villain dalam serial dan film Batman

Baru-baru ini Warner Bros kembali merilis film berjudul The Batman dan memilih Robert Pattinson sebagai aktor yang memerankan karakter Batman. Kali ini, sutradara sekaligus penulis naskah The Batman, Matt Reeves juga memilih Riddler sebagai villain utama dalam film.

Advertisement

Sebelumnya, Riddler bukan karakter yang populer di semesta komik DC sejak awal debutnya pada Oktober 1948. Ternyata, Riddler telah menjelma menjadi karakter live action sejak tahun 1960-an dan telah diperankan oleh sejumlah aktor selama perilisannya. Kira-kira siapa aja aktor yang pernah memerankan karakter satu ini? Simak sampai habis!

1. Frank Gorshin jadi aktor pertama yang memerankan karakter Riddler

Aktor pemeran karakter Riddler

Frank Gorshin sebagai Riddler | Credit via IMDb

Dalam perayaan 20th Century Fox Television, karakter Riddler hadir sebagai salah satu villain dalam serial berjudul Batman yang tayang selama bulan Januari 1966 hingga Maret 1968. Karakter Riddler diperankan oleh Frank Gorshin yang muncul pada season 1 dan 3.

Selain tampil dalam serial Batman, Gorshin juga kembali memerankan Riddler dalam film Batman yang rilis pada bulan Juli 1966. Penampilannya sebagai seorang villain dalam serial dan film Batman ternyata berhasil mengangkat popularitas Riddler di semesta komik DC hingga menjadi salah satu villain Batman yang paling diperhitungkan. Berkat perannya tersebut, Gorshin juga berhasil masuk ke dalam nominasi Emmy Awards.

Advertisement

2. Peran Gorshin sempat digantikan oleh John Astin dalam serial Batman season 2

Aktor pemeran karakter Riddler

John Austin sebagai Riddler | Credit via IMDb

Peran Frank Gorshin sempat digantikan oleh aktor lain dalam serial Batman season 2 karena agen terbaru pada saat itu meminta bayaran yang lebih tinggi. Oleh karena itu, villain Riddler pada Batman season 2 diperankan oleh John Astin yang tampil dengan kumis dan terlihat sedikit berbeda dengan Riddler versi Gorshin.

3. Villain ini kembali muncul dalam film live action dan diperankan oleh Jim Carrey

Aktor pemeran karakter Riddler

Jim Carrey sebagai Riddler | Credit via IMDb

Setelah perilisan film Batman pertama pada tahun 1966, karakter Riddler kembali hadir dalam live action lewat film Batman Forever yang rilis pada tahun 1995. Di film Batman yang kedua ini, Riddler diperankan oleh seorang aktor yang sedang populer di era 1990-an yaitu, Jim Carrey.

Saat itu Carrey dikenal sebagai aktor komedi dan hal tersebut memengaruhi karakter Riddler yang digambarkan cenderung komedi dan konyol. Carrey menggunakan visual Gorshin sebagai inspirasinya dalam memerankan karakter Riddler dan penampilannya berhasil menarik perhatian penonton.

Advertisement

4. Cory Michael Smith juga turut mengambil peran sebagai karakter Riddler dalam serial Gotham

Aktor pemeran karakter Riddler

Cory Michael Smith sebagai Riddler | Credit via IMDb

Karakter Riddler kembali muncul dalam serial live action berjudul Gotham yang tayang pada bulan September 2014 hingga April 2019. Kali ini, karakter Riddler diperankan oleh Cory Michael Smith yang diceritakan sebagai seorang ilmuwan forensik yang bekerja di Kepolisian Gotham.

Namun, Riddler masih gemar memecahkan teka-teki hingga akhirnya jiwa villain Riddler kembali muncul dan ia terperosok ke dalam dunia kriminal dan meneror Gotham. Serial ini lebih fokus menggambarkan evolusi Riddler sebagai villain.

5. Terbaru, aktor Paul Dano juga muncul sebagai Riddler di film The Batman

Aktor pemeran karakter Riddler

Paul Dano sebagai Riddler | Credit via IMDb

Setelah perilisan film Batman Forever pada tahun 1995, karakter Riddler kembali hadir lewat film berjudul The Batman. Karakter villain satu ini diperankan oleh aktor bernama Paul Dano. Riddler versi Dano tampil dalam visual dan karakter yang paling berbeda karena Dano tampil sangat serius.

Selain itu, Riddler kali ini juga tampil mengenakan kostum yang berbeda. Ia nggak lagi menggunakan setelan hijau, tetapi mengenakan jaket berwarna hijau gelap dan wajahnya menggunakan topeng dari plastik. Ternyata, topeng plastik tersebut juga bagian dari ide Dano sendiri lo.

Ternyata karakter Riddler memiliki perjalanan yang cukup panjang dan telah diperankan oleh banyak aktor berbakat. Aktor mana nih yang jadi favorit kamu saat memerankan karakter Riddler?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE