11 Peringatan Anti Ngutang ini Bikin Siapapun yang Mau Ngutang Jadi Mikir

Zaman semakin susah, keadaan semakin nggak jelas, kondisi ekonomi pun wajar jika berangsur-angsur makin melemah. Jangankan untuk beli-beli benda yang cuma dipengenin, untuk beli kebutuhan dasar kayak makanan aja terkadang masih bikin ngelus dada. Opsi terakhir kalau udah kepepet keadaan banget biasanya langsung mengeluarkan jurus andalan, yaitu ngutang. Entah sama teman, saudara, warung langganan, atau sama siapa aja.

Namun, semakin ke sini kelakuan orang ngutang rupanya juga semakin ada-ada aja, dan nggak jarang malah bikin kesel. Sering banget tuh, orang yang ngutang malah lebih serem dibandingkan dengan yang ngutangin, apalagi kalau ditagih. Makanya, orang-orang di luar sana sampai bikin peringatan kayak gini untuk menghindari tipe-tipe orang ngutang resek begitu.

1. Ini setiap baca peringatan ini mah yang ada makin pusing, kok ternyata hari ini nggak boleh ngutang terus 🙁

Hari ini dilarang ngutang / Credit: 1cak

2. Negara besar dan maju aja bisa hancur cuma gara-gara orang bom, apalagi kalau sekelas konter pulsa. Bom sama bon kan bedanya cuma tipis banget

Tidak menerima bon / Credit: Instagram receh.id

3. Mohon maaf sebelumnya, ini kira-kira jasa apa sih yang nggak boleh ngutang? Kalau warung sembako kayak bukan, konter pulsa apalagi~

No hutang-hutang club / Credit: 1cak

4. Mantap banget sampai dipasangin banner segede baliho di depan warung. Pokoknya biar siapapun yang baca langsung paham sejelas-jelasnya

Sebuah peringatan / credit: 1cak

5. Bener banget lo ini, ngutang itu perkara gampang. Tapi, pas waktu nagih itu yang dramanya nggak nguatin. Udah ngalah-ngalahin sinetron 7 season pokoknya!

Males drama / Credit: Instagram lambeonlen

6. Kayaknya si pemilik warung udah saking capeknya karena terlalu sering dihutangin deh. Pantes aja bikin peringatannya sampai lengkap banget begini

Nagih hutang makan hati / Credit: Instagram receh.id

7. Pada dasarnya, hampir semua orang yang kerjaannya ngutang pasti kayak gini. Ngutangnya seneng, ditagih marah, giliran dibiarin pura-pura lupa

Realita saat ini / Credit: 1cak

8. Lebih baik dibilang pelit daripada ke depannya malah merusak pertemanan atau persaudaraan cuma gara-gara ngutang sih. Nggak banget deh!

Perusak pertemanan / Credit: Instagram receh.id

9. Orang-orang Jawa pasti udah paham banget nih sama sederet kalimat atau jawaban paling ngeselin ini. Pokoknya demi kelancaran pertemanan nggak perlu ada utang-utangan

Demi kelancaran pertemanan / Credit: Instagram receh.id

10. Para penjaga warnet atau game online pasti relate banget sama peringatan yang satu ini. Apalagi kalau pelanggannya kebanyakan bocil. Pusing bener!

Bayar dulu baru main / credit: 1cak

11. Buat yang mau ngutang tetap dipersilahkan, hanya dengan satu syarat yaitu ninggalin suami atau istrinya di warung buat jaminan. Rasain!

Jaminan hutang / Credit: 1cak

Ngutang sama siapapun itu nggak ada salahnya kok, asal kamu punya komitmen yang jelas dan benar-benar mau mengembalikannya. Selain itu, kalau mau ngutang alangkah baiknya lihat-lihat juga kondisi temanmu yang mau diutangin. Jangan dianya pas lagi susah malah dimintain duit, itu temen nggak ada akhlak namanya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE