Anak Jalanan adalah salah satu sinetron yang berhasil merajai puncak rating televisi selama satu tahun terakhir. Sejak tayang pada 2015 lalu, Anak Jalanan memang berhasil merebut hati para penonton televisi dan menggiring mereka jadi penggemar setia. Salah satu sosok yang menjadi daya tarik sinetron ini adalah karakter Boy yang diperankan Stefan William. Seorang anak geng motor yang baik hati dan bersahaja lagi tampan.
Kepiawaian sinetron produksi SinemArt ini sempat membuat heboh para penggemar lantaran karakter Boy dimatikan. Respon masyarakat sangat luar biasa, bahkan ada yang sampai menangis sambil berteriak dan sakit karena tidak mau makan akibat karakter kesayangannya meninggal. Kali ini mungkin fans Anak Jalanan semakin sedih, pasalnya sinetron ini akan segera tamat dan sudah menyelesaikan syuting episode terakhir.
Tapi ada satu kabar yang mungkin akan sedikit mengobati rasa sedih mereka. Sinetron yang sudah berumur sekitar satu tahunan ini kabarnya akan go international, wow! Coba kita kilas balik dulu yuk perjalanan Anak Jalanan sampai bisa setenar sekarang.

Ide cerita yang segar dan dekat dengan penggemar jadi langkah awal Anak Jalanan meraih kesuksesan

Ide cerita segar via dailymotion.com

Sinetron yang disutradarai Akbar Bhakti ini berkisah tentang sekumpulan anak-anak muda yang hobi mengendarai motor. Salah satu pemeran utamanya yaitu Boy (Stefan William), digambarkan sebagai sosok yang cuek tapi saleh serta tampan. Boy terlibat cinta dengan Adriana (Cut Meyriska) dan Reva (Natasha Wilona). Tak hanya berbau romansa, sinetron ini juga memperlihatkan adegan-adegan aksi, sesuai dengan karakter tokoh-tokohnya yang kebanyakan menjadi anggota geng.
Advertisement
Kenapa ide sinetron ini bisa dianggap segar? Anak Jalanan telah berhasil membidik pasar penonton yang memang sedang menggandrungi sosok-sosok keren. Cerdasnya, Hilman sebagai penulis skenario, memilih anak motor sebagai karakter untuk tokoh utamanya. Ide ini belum banyak dieksekusi oleh sinetron lain.  Dan terbukti, Anak Jalanan berhasil meraih sukses besar dengan image motor besarnya.

Meski dipenuhi beragam penghargaan, sinetron Anak Jalanan juga tak luput dari berbagai macam kontroversi

Penghargaan via instagram.com

Sinetron Anak Jalanan berhasil meraih sejumlah penghargaan dari ajang Indonesia Kids Choice Awards 2016, Indonesian Television Awards 2016, Panasonic Gobel Awards 2016, dan Silet Awards 2016. Puluhan penghargaan yang mereka raih tentu sebuah prestasi besar yang menunjukkan bahwa Anak Jalanan bukan hanya memenangkan hati pemirsa, tapi juga layak diganjar label berkualitas.
Namun sayangnya, sinetron ini pun banyak menimbulkan kontroversi, baik kehidupan pribadi para pemainnya maupun adegan-adegan yang ada di dalam sinetronnya. Beberapa kali, Anak Jalanan mendapatkan teguran dari KPI akibat adegan-adegan yang dianggap tidak mencerminkan kebaikan dan tidak layak tonton. Kehidupan pribadi para pemainnya juga tak luput dari sorotan. Seperti ditangkapnya Dylan Carr karena menggunakan narkoba dan pernikahan Stefan William dengan Celine Evangelista yang mengharuskannya keluar dari sinetron tersebut.

Permasalahan pelik membuat Anak Jalanan harus tamat dan digantikan sinetron reinkarnasinya: “Anak Langit”

Usai ditinggal Stefan William, sinetron ini mendapat masalah baru. SinemArt, rumah produksi sinetron Anak Jalanan dan sejumlah sinetron lainnya akan pindah dari RCTI  ke SCTV. Hal tersebut membuat sinetron yang ada di RCTI harus mengubah jalan cerita atau cepat-cepat tamat. Setelah beberapa waktu lalu Anugerah Cinta menayangkan episode terakhirnya, Anak Jalanan akan segera menyusul.
Natasha Wilona sudah memberikan aba-aba ini melalui unggahan fotonya di Instagram. Ia menulis pesan sedih usai perpisahan yang digelar segenap kru Anak Jalanan. Hingga saat ini belum diketahui ending-nya akan seperti apa. Tapi sinetron penggantinya yaitu Anak Langit, sudah memunculkan teaser-nya.

Gue AL. Segera di SCTV!

A video posted by ammar zoni (@ammarzoni) on

Meski tamat, ternyata penggemar tak terlalu kecewa, karena sinetron kesayangan mereka akan segera membawa nama Indonesia di luar negeri

Bagi anda penggemar serial #AnakJalanan di Malaysia, saksikan tayangan perdananya mulai 1 Februari 2017 di BINTANG

A photo posted by INDOTVTrends™ (@indotvtrends) on

Sukses di tanah air, sinetron yang tayang di RCTI ini akan memulai langkah kecil untuk go international dengan tayang di  negeri tetangga, Malaysia. Hal ini diungkap akun Instagram @indotvtrends yang merupakan akun fanbase. Akun ini terlihat mengunggah sebuah poster yang cukup menarik dan berbeda dengan poster Anak Jalanan yang beredar di Indonesia sebelumnya. Tercatat pula tanggal tayang perdana sinetron tersebut di negeri tetangga.
Anak Jalanan mungkin bukanlah sinetron pertama yang tayang di Malaysia, sebelumnya sinetron seperti Cinta Fitri juga laris manis di negeri Jiran. Menurutmu, apakah Anak Jalanan yang sedang membawa nama Indonesia ke kancah pertelevisian negeri sebelah akan cukup membuat kita bangga? Dan apakah penayangan Anak Jalanan di Malaysia benar-benar bisa jadi langkah awal untuk go international?
Semua kembali pada kamu sebagai bagian dari masyarakat untuk menilai kelayakannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya