Kalau kamu termasuk pencinta sinetron Tanah Air, apalagi keluaran era 90-an, tentu sudah nggak asing lagi dengan artis ini. Yana Zein merupakan salah satu artis Indonesia yang telah berkiprah di kancah hiburan semenjak tahun 1987 silam. Wanita kelahiran 27 Agustus 1972 ini memang terkenal dengan peran antagonisnya. Nama Yana Zein pun semakin populer setelah ikut menjadi pemeran dalam sebuah sinetron berjudul Tersanjung yang tayang pada tahun 2001 lalu. Dan selama aktif di dunia hiburan, Yana sudah berperan di tiga film dan sembilan sinetron.

Sempat tak terdengar kabarnya beberapa lama, nama Yana kembali menjadi sorotan publik pada akhir tahun 2016 kemarin. Ia diketahui telah mengidap kanker payudara stadium 4. Perjuangannya melawan kanker ini pun akhirnya menjadi perhatian masyarakat, khususnya para sahabat dan teman-temannya di dunia hiburan.

Pada akhir tahun lalu, nama Yana Zain kembali hangat diperbincangkan setelah Nafa Urbanch mengunggah kondisinya saat itu

Yana Zein menderita kanker payudara stadium 4 via liputan6.com

Advertisement

Kondisi Yana yang tengah berjuang melawan kanker payudara stadium 4 muncul ke permukaan setelah rekan sesama artisnya, Nafa Urbach, melaporkan keadaan Yana pada Desember tahun lalu di media sosial. Melalui akun Instagramnya, Nafa menceritakan kalau Yana sekarang tengah berjuang melawan kanker. Bahkan ia mengatakan penyakit itu telah menguras tenaga dan keuangan Yana. Bahkan dua putrinya harus putus sekolah karena ketiadaan biaya. Nafa pun membantu penggalangan dana untuk Yana. Hingga akhirnya, dana untuk pengobatannya pun terkumpul dan Yana diterbangkan ke Cina untuk melakukan pengobatan yang lebih intensif.

Setelah melakukan pengobatan di Cina, Yana kembali ke tanah air beberapa hari lalu

Yana Zein pulang dari pengobatannya di Cina via www.dream.co.id

Hari Minggu lalu, Yana kembali ke Indonesia setelah 4 bulan melakukan pengobatan di Cina. Saat sampai di Indonesia, Yana terlihat lebih sehat dari sebelumnya. Ia pun mengaku kalau kondisi kesehatannya semakin membaik setelah melakukan pengobatan. Bahkan ia juga kembali bersemangat untuk kembali ke dunia hiburan.

Namun baru dua hari di Indonesia, kondisi kesehatan Yana menurun drastis sampai akhirnya ia tutup usia

Yana Zein berobat di Cina via liputan6.com

Tapi takdir berkata lain. Sekembalinya Yana dari Cina, kondisi kesehatannya tiba-tiba mengalami penurunan. Dilansir dari laman Bintang.com, Yana enggan makan dan terus tertidur selama dua hari terakhir hingga akhirnya ia dilarikan ke rumah sakit Mayapada, Jakarta Selatan. Sebelum menghembuskan napas terakhir, Yana sempat mengalami koma. Dan kabar hoax kalau ia meninggal pada pukul 21.00 tadi malam tiba-tiba saja beredar. Setelah sempat diklarifikasi kalau itu berita tidak benar, Yana akhirnya berpulang pada Kamis, 1 Juni 2017 sekitar pukul 01.05 dini hari.

Kepergian sang ibunda tentu saja menjadi duka terdalam bagi kedua anaknya yang juga telah ditinggal oleh sang ayah

Yana Zein meninggalkan dua orang putri via www.dream.co.id

Advertisement

Kepergian Yana jelas meninggalkan duka bagi kedua putrinya. Aurelia Callista Carilla dan Alika Pandora Salvine yang kini menjadi yatim piatu. Ayah mereka telah dahulu berpulang pada Juni tahun lalu setelah menderita penyakit Parkinson. Sejak saat itu, kedua anak Yana ini bahkan harus putus sekolah karena kendala biaya. Baru pada Januari lalu kedua anaknya ini bisa kembali mengenyam pendidikan usai kabar Yana yang menderita kanker payudara stadium empat muncul ke permukaan. Dan kini mereka harus merelakan kepergian sang ibunda, meski baru beberapa hari lalu mereka begitu bahagia karena Yana mengaku sudah hampir pulih.

Selamat jalan Yana Zein, terima kasih atas kiprahmu di dunia hiburan Tanah Air selama ini. Semoga mendapatkan tempat di sisi-Nya yang layak, dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan. Amin.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya