Dapat Teguran Berulang Kali, Tayangan Pesbukers Dihentikan Hingga Waktu yang Tak Ditentukan

Pesbukers dihentikan

Program variety show Pesbukers telah resmi berhenti tayang terhitung sejak 9 Desember 2019 silam. Pesbukers merupakan program komedi bergenre slapstick yang pertama tayang pada tahun 2011. Komedi slapstick adalah jenis komedi yang hanya mengandalkan masalah fisik. Sejak kali pertama kemunculannya, acara yang dicanangkan oleh Otis Hahijairi ini sering menuai kontroversi.

Advertisement

Telah banyak lembaga yang mengecam program ini. Dari mulai MUI yang memprotes sampai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang sering memberi teguran karena program ini sering melewati kode etik penyiaran. Pemberhentian Pesbukers diumumkan langsung oleh lewat akun resmi Instagram Komisi Penyiaran Indonesia.

Kerap membuat masalah, Pesbukers telah berulang-ulang mendapatkan teguran dan pengawasan langsung KPI

View this post on Instagram

Acara “Pesbukers” ANTV Berhenti Tayang Stasiun Televisi ANTV menyatakan telah menghentikan penayangan Program Siaran “Pesbukers”untuk waktu yang tidak ditentukan. Informasi tentang penghentian itu diterima Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat pada saat melakukan kegiatan pembinaan dengan pihak ANTV di Kantor KPI Pusat, beberapa waktu lalu Menurut Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Mimah Susanti, penghentian tayangan acara “Pesbukers” telah dilakukan ANTV sejak tanggal 9 Desember 2019 lalu.  Penghentian tersebut dilakukan atas inisiatif ANTV Sejak tanggal 9 Desember hingga saat ini kami sudah tidak lagi melihat tayangan Pesbukers di layar kaca ANTV. Hal ini telah menjadi catatan tim pemantauan kami, kata Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Mimah Susanti, kepada kpi.go.id, Rabu (8/1/2020) Berdasarkan hasil pemantauan KPI Pusat sebelumnya, tayangan Program Siaran “Pesbukers” ANTV hadir setiap hari dari Pukul 16.30 hingga 18.00 WIB. Program ini juga telah mendapatkan sanksi administratif dari KPI Pusat berupa teguran kedua pada 8 Oktober 2019 karena melakukan pengabaian pada aturan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan pelanggaran terhadap Standar Program Siaran (SPS) KPI tahun 2012 (Selengkapnya: http://bit.ly/39YUPK2 ) #BicaraSiaranBaik

A post shared by KPI Pusat (@kpipusat) on

Normalnya program Pesbukers tayang setiap hari di ANTV pada  jam 16.30-18.00 WIB. Karena jam tayangnya, Pesbukers mendapat pengawasan langsung dari KPI. Jam tersebut adalah jam anak-anak  menonton televisi. Selain alasan tersebut program yang dibintangi Eko Patrio ini kerap mendapat teguran dari KPI.

KPI pernah menegur Pesbukers karena Elly Sugigi kedapatan berkata kasar. Nggak hanya Elly Sugigi, Lucinta Luna pun pernah menjadi biang masalah karena berkata kasar dalam satu adegan. Pesbukers kerap menyalahi pasal perlindungan anak dan remaja.  Bahkan program ini pernah terkena teguran karena perilaku Pamela Safitri yang menggoyang-goyangkan dadanya. Nggak kapok-kapok ya!

Advertisement

Setelah melakukan pembinaan bersama KPI, ANTV menghentikan tayangan Pesbukers dan hendak melakukan evaluasi internal

Pesbukers sering mendapat teguran dari KPI via www.ayobandung.com

ANTV selaku televisi yang menyiarkan program, memberhentikan sementara program Pesbukers. Sebelumnya pihak ANTV telah melakukan pembinaan bersama pihak KPI. Dilansir dari kompas.com, menurut komedian Eko Patrio, program Pesbukers sedang istirahat dan melakukan evaluasi. Evaluasi ini bukan yang pertama kalinya. Istirahat dan evaluasi ini dilakukan untuk memberikan penyegaran demi bisa menghibur masyarakat yang menonton di kemudian hari.

Meski tayangan ini sedang vakum, namun para host-nya tetap menghibur masyarakat lewat program televisi lainnya

Pesbukers siap tayang dalam waktu dekat via media.iyaa.com

Ditutupnya program ini membuat publik bertanya-tanya tentang nasib para host. Pesbukers memiliki nama-nama besar artis yang tergabung. Antara lainnya, Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Eko Patrio, Opie Kumis dan Pamela Safitri. Dilansir dari kompas.com, Eko Patrio yang tergabung dalam keluarga besar Pesbukers mengaku para host lain nggak dibatasi untuk berkreasi di luar program. Banyak artis yang memiliki kegiatan lain seperti Ruben Onsu dan Raffi Ahmad. Menurut Eko, Pesbukers akan tayang kembali pada bulan Februari untuk menghibur masyarakat.

Semoga saja dengan istirahat dan evaluasi, Program Pesbukers dapat memberikan hiburan yang lebih bermutu di kemudian hari. Menurut kamu lebih baik Pesbukers beristirahat dan mengevaluasi atau mending nggak usah tayang lagi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE