Menonton film memang kegiatan yang menyenangkan. Selain menghilangkan stres, menonton film juga bisa ‘membebaskan’ imajinasi kita, apalagi jika kita menonton film animasi. Namun tidak semua film bisa membuat suasana hati kita menjadi cerah, jika kita menonton film-film bernuansa sendu, bisa dipastikan seusai menonton film kita akan banjir air mata.

Nah, daripada nonton film action melulu, kenapa nggak coba nonton film sendu? Kali ini Hipwee punya daftar film-film sendu yang akan menguras airmatamu. Simak ya!

1. Toy Story 3

Advertisement

Adegan yang menguas air mata di film ini adalah ketika Andy menyerahkan semua mainannya kepada Bonny, anak teman ibunya. Potongan adegan ini memberi makna yang dalam:

Bahwa kadang kita memang harus ikhlas merelakan sesuatu untuk pergi meski hati masih ingin memiliki.

2. The Fault In Our Stars

Siapa yang tidak akan menitikkan air mata ketika menyaksikan kisah cinta dua orang muda Hazel Grace dan Augustus Waters. Karena keduanya sama-sama mengidap kanker, kisah cinta mereka layaknya bom waktu yang dapat meledak kapanpun. Bersama-sama berjuang melawan penyakit, potongan adegan peling mengharukan ialah ketika Hazel Grace menyapaikan euologi atau pidato kematian untuk Augustus Waters di sebuah gereja. Penasaran? Langsung klik videonya!

3. UP

Advertisement

20 menit pertama film yang menggambarkan kisah cinta Carl dan Ellie mulai dari kecil sampai kematian Ellie sudah mampu untuk membuatmu tersedu. Bagaimana tidak? Kita diajak menyelami keseharian Carl dan Ellie mulai dari menikah, bekerja, membangun rumah, dan romansa lainnya. Saat kita merasa kisah tersebut akan berakhir bahagia, semua bayangan kita serasa ditampar dengan adegan Ellie sakit. Dari sini, percayalah seorang pria sekalipun terenyuh dengan kesetiaan Carl sampai tua hingga Ellie meninggal.

4. The Lion King

Masih merasa kalau film ini hanya untuk anak-anak? Coba saja nonton dan uji kemampuanmu, apakah kamu mampu menahan perasaan terenyuh saat melihat Simba menyaksikan kematian ayahnya sendiri.

5. Hachiko

Tidak ada yang menyangkal bahwa Hachiko merupakan salah satu film paling menguras air mata yang pernah ada. Kesetiaan Hachiko pada pemiliknya membuat kita terpukau dan juga trenyuh pada saat yang sama. Ketika tuannya meninggal, Hachiko masih tetap menantinya di stasiun adalah adegan yang mampu membuat siapapun menitikkan air mata.

6. Heart

Beralih ke film Indonesia, Heart adalah salah satu film yang bakal membuatmu tersedu. Bagaimana tidak? Membayangkan semua pengorbanan Rachel (Nirina Zubir) pada Farel (Irwansyah) rasanya memang terlalu berharga untuk dilakukan seorang perempuan. Salah satu adegan yang menyentuh adalah ketika Rachel memberikan hatinya untuk Luna yang sedang terkena penyakit Sirosis agar dia bisa diselamatkan. Rachel rela kehilangan hatinya meskipun dengan konsekuensi dia akan kehilangan nyawanya.

7. Surat Kecil Untuk Tuhan

Film yang diadaptasi dari kisah nyata ini mendapatkan berbagai penghargaan dan pujian. Perjuangan Gita melawan kanker jaringan lunak yang penuh air mata mampu membuat kita terhanyut di dalamnya. Coba deh kamu lihat cuplikan filmnya.

8. Habibie & Ainun

Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.

Kisah cinta Habibi dan Ainun mampu membuatmu untuk mengurai air mata, yuk kita simak kembali cuplikannya!

9. Laskar Pelangi

Secara garis bersar, film ini bercerita kehidupan beberapa bocah di Belitung. Film ini dimulai dengan kisah miris dunia pendidikan di Indonesia di mana sebuah sekolah yang kekurangan murid hendak ditutup. Sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah di Gantung Belitung Timur. Namun, karena murid yang terdaftar genap 10, sekolah dengan bangunan seadanya tersebut tetap diijinkan beraktifitas seperti biasanya. Kesepuluh murid tersebut adalah para Laskar Pelangi. Nama yang diberikan guru mereka bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka terhadap pelangi.

Mengapa film ini bakal membuatmu terharu? Coba deh kamu perhatikan perjuangan kesepuluh anak itu untuk tetap bersekolah meskipun banyak rintangan namun mereka tetap mencoba untuk meraih mimpi-mimpi yang dimiliki.

10. My Name Is Khan

“My name is Khan, and I’m not a terrorist.”

Dibalik kutipan yang melegenda itu sebenarnya terdapat sejuta peristiwa yang mampu membuat siapapun yang melihatnya menjadi terharu dan meneteskan air mata. Setelah kematian anak tirinya, Rizwan (Shahrukh Khan) berpisah dengan istrinya Mandira (Kajol). Mandira berkata bahwa ia akan memaafkan Rizwan jika Rizwan berhasil bertemu dengan presiden Amerika.

Perjuangan Rizwan yang mengidap autis dalam bertemu presiden Amerika bukanlah hal yang mudah, dan film ini mampu membuat emosimu terbolak-balik karena alurnya yang menarik!

Perasaan apa ini?

Perasaan apa ini? via epicrapbattlesofhistory.wikia.com

Sesekali menonton film bernuansa melankolis nggak ada salahnya juga lho! Mungkin dengan menonton film-film yang menguras air mata seperti ini, jiwa melankolismu yang lama terpendam akan kembali ke permukaan dan menjadikanmu orang yang lebih peka terhadap sekitar.

Di antara semua film tersebut, mana saja yang pernah kamu tonton? 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya