Siapa tak kenal kopi? Minuman berwarna hitam legam dengan rasa nikmat yang menyegarkan ini sudah amat sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Kalangan tua maupun muda gemar menyeruput minuman yang satu ini. Kopi dapat menyatukan obrolan beberapa pihak yang tadinya gak sepaham menjadi lebih akrab.

Istilah ngopi pun tak hanya berarti sebagai sekedar kegiatan menyeruput kopi di teras rumah. Istilah ini berkembang menjadi sesuatu yang lebih elegan, eksklusif, dan gaya. Orang tak lagi menikmati kopi di teras rumah, namun sudah mulai menjamah ke kedai-kedai kopi berdesain minimalis, futuristik, maupun bergaya sederhana ala art deco.

Dari macam-macam racikan kopi yang ada di kedai kopi, manakah yang menjadi favoritmu? Apakah kepribadianmu sesuai dengan racikan kopi kesukaanmu?

1. Prosesnya yang tak begitu rumit membuat kamu penggemar espresso adalah orang-orang yang simpel, dan punya pendirian kuat

Memiliki idealisme kuat via www.caffeineinformer.com

Espresso adalah kopi tanpa gula, dan biasanya dibuat dengan menggunakan mesin espresso. Mesin espresso berfungsi agar bubuk kopi dapat diekstrak dengan baik, sehingga menghasilkan rasa serta aroma yang kuat tanpa adanya ampas. Dengan teknik dan racikan khusus, secangkir kecil espresso harganya berkisar antara 15 ribu atau lebih, tergantung dari biji kopi yang digunakan.

Advertisement

Rasa pahit, asam, serta manis alami dari kopi murni menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang simpel, tegas, dan lugas serta berpegang teguh pada prinsipmu. Kemudian, kuatnya rasa tanpa adanya ampas menunjukkan kamu orang yang sangat teliti dan serba teratur sebelum, maupun sesudah melakukan pekerjaanmu. Pertanyaan selanjutnya, singledouble, atau triple espresso?

2. Karena prosesnya yang berbelit, bisa dipastikan kamu yang penggemar Latte adalah orang-orang yang (agak) rumit dan menyukai hal berbau seni.

Mau ngopi aja suka ribet via www.beachbody.com

Merupakan perpaduan antara espresso, susu cair panas, dan krim susu kental, dan gula pasir. Prosessnya tidak asal mencampur semua bahan, namun larutkan dahulu espresso yang sebelumnya sudah jadi bersama dengan susu cair panas. Setelah itu krim susu kental dan gula pasir dikocok, kemudian dituangkan keatas larutan espresso dan susu panas tadi.

Karena prosesnya yang berbelit, bisa dipastikan kamu juga merupakan orang yang serba ribet, apalagi kalo kamu suka me-request latte art yang macem-macem (gambar daun, hati, kucing dll.). Mau ini-itu kamu selalu memikirkan matang-matang. Kamu juga kurang tegas, sehingga pendirianmu mudah goyah, karena latte mengandung lebih banyak susu yang bisa mempengaruhi kuatnya kopi. Selain itu kamu juga suka hal-hal manis, dan kemungkinan besar kamu juga memiliki hati yang lembut.

3. Rasanya yang unik membuat kamu penggemar Mocha adalah orang yang kreatif dan menyukai tantangan.

Kopi panas yang make cream ya cuma mocha via insta20.com

Membuat mocha tak kalah ribet dengan latte, namun perpaduan antara kopi, cokelat, susu, gula dan whipped cream memberi rasa yang berbeda dalam menikmati kopi. Seakan-akan kamu ingin sedikit menghilangkan rasa kopi yang kuat dengan menambahkan cokelat, namun tetap ingin bisa merasakan aroma kopi dan mendapatkan efek kafeinnya. Kamu tak suka hal-hal yang terlalu manis, dan lembut, namun kamu juga tak suka terhadap hal-hal ekstrem. Bisa jadi kamu adalah orang yang berpikiran terbuka, sehingga kamu mau menerima hal baru dan mampu mengasah kreatifitasmu.

4. Karena komposisi bahan yang digunakan sama rata, kamu yang doyan Cappuccino adalah orang-orang yang adil, dan mudah ditebak.

Kamu orang yang mudah ditebak via expressioncoffins.com.au

Cappucino merupakan minuman yang hampir sama dengan latte, bedanya komposisi di dalam cappuccino ini seimbang antara espresso, susu cair panas, dan krim susu kental. Kamu teman ngobrol yang hangat namun kadang-kadang suka lupa diri, sehingga kamu harus dikasih tahu kalau ada busa menyisa di bibirmu. Ditambahkan taburan cokelat bubuk di atasnya, membuat kamu gak suka menyembunyikan sesuatu dan doyan main rahasa-rahasiaan, apalagi dengan sahabat sendiri. Ya ‘kan?

5. Kalo kamu penggemar Macchiato, mungkin kamu membutuhkan seorang sahabat yang enak diajak curhat.

Ingin menyembunyikan diri via www.deanes.ro

Macchiato adalah kopi yang dicampur dengan milk foam, rasa kopi yang kuat seakan ingin kamu samarkan hanya dengan memberi milk foam. Seakan-akan kamu ingin menyembunyikan dirimu dari orang lain. Penampilanmu selalu tenang. Apakah jangan-jangan kamu juga orang yang pendiam dan pemalu? Penggemar macchiato juga sepertinya amat susah ditebak. Mereka jarang sekali terbuka, dan jarang banget berkata jujur, dan kamu adalah orang yang tak begitu paham dengan dirimu sendiri.

6. Kamu yang doyan frappuccino adalah anak muda yang aktif dan energik, dan menyukai hal-hal baru.

Panas-panas enaknya minum frappuccino via terbaru.burupromo.com

Frappuccino adalah kopi yang disajikan dalam keadaan dingin dan dicampur dengan es krim. Merupakan varian baru dalam dunia perkopian. Dibuat pertama kali oleh seorang warga di Amrik sana, dan kemudian lisensinya dibeli oleh kedai kopi terkenal.

Kamu ngaku suka minum kopi, namun sebenarnya yang kamu suka adalah es krimnya. Karena disajikan dalam gelas plastik yang mudah dibawa kemana-mana, menunjukkan bahwa kamu adalah anak muda yang aktif serta energik serta menyukai hal yang baru. Buktinya, kamu minum kopi dengan sedotan, bukan diseruput.

7. Penggemar Kopi Susu adalah orang-orang yang tak kalah kreatif, namun sayangnya kamu lebih suka bermain aman.

Kamu orang yang sederhana, namun kreatif via ibupenyu.com

Meski tak sekreatif penggemar mocha, namun kamu tetap memiliki tingkat kreatifitas yang cukup tinggi. Kamu bisa tampil keren tanpa harus mengenakan barang-barang mahal. Cukuplah hanya dengan memanfaatkan barang-barang murah, jika kamu yang dandan akan terasa lebih berkelas. Hal ini ditunjukkan dengan cukup mencampur kopi bubuk dan susu kental manis, maupun sesendok susu bubuk. Namun sayangnya kamu lebih suka bermain aman, dengan kata lain, tak menyukai tantangan.

8. Kamu penggemar Kopi Tubruk adalah pribadi yang sederhana, tradisional dan tak ingin tampil neko-neko, serta suka blak-blakan.

Kamu adalah pribadi yang apa adanya via sukamotoblog.wordpress.com

Rasa kopi hitam yang manis, dengan masih disertai bubuk kopi yang tak disaring menunjukkan bahwa kamu orang yang sederhana, tak ingin tampil neko-neko, dan seringkali cuek dengan penampilanmu sendiri. Kamu suka tampil apa adanya, dan terkesan blak-blakan. Namun meski begitu kamu adalah pribadi yang sangat percaya diri. Bahkan sesekali kamu menyukai tantangan dengan mengunyah-ngunyah bubuk kopi yang matang karena air panas.

9. Americano adalah minuman buat kamu yang kalem dan well-organized.

Americano~~~ via test8www.starbucks.com

Pada dasarnya americano adalah espresso yang ditambah dengan air panas hingga memenuhi cangkir sehingga rasa pahit kopi jadi sedikit ‘gak pahit’. Kamu orangnya tenang dan selalu awas diri, serta selalu berhasrat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Dan kamu menyukai hal-hal yang simple seperti: ngopi sambil baca buku, jalan-jalan di taman atau piknik sama teman-teman.

10. Apapun kopinya, Coffe-to-go adalah pilihan terbaik buat kamu yang sibuk dan jadwalnya padat.

Kopi untuk dibawa via 360niseko.com

Karena kamu gak punya waktu untuk duduk satu-dua jam di kedai kopi tiap pagi, namun membutuhkan kesegaran dari kafein tiap hari. Solusinya? Pesan kopi apa aja sesuai selera (latte, frappucino, americano dll.) tapi untuk dibawa, “Gak minum di sini, mas” bilang ke baristanya.

11. Dan eXpresso adalah minuman buat orang yang gak boleh menyeruput kopi lagi.

No more coffe for you via www.pxleyes.com

Karena kamu, sengaja atau gak sengaja (tapi diulang-ulang terus), menyebut espresso dengan expresso

You are what you drink, jadi apa kopi kamu?