Libur telah usai. Status hari pertama sekolah pun bertebaran di sosial media. Kembali ke sekolah, berarti kembali memakai seragam sekolah. Di minggu-minggu pertama sekolah ini, beredar kabar kalau seragam sekolah SMA bakal mendapat ‘sedikit’ modifikasi.

'Sedikit' modifikasi

‘Sedikit’ modifikasi via www.rumahbelajar.web.id

Memakai seragam putih abu-abu memang selalu memiliki kebanggaannya tersendiri. Tak heran, sewaktu SMA kamu memiliki cara tersendiri untuk memakai seragam keramat tersebut agar tampak lebih nyaman dan pas dengan karaktermu. Sebelum kita bahas lebih jauh soal seragam SMA ‘model terbaru’ ini, ada baiknya kalau kita lihat bernostalgia sedikit soal gaya dan cara pemakaian seragam putih abu-abu dari masa ke masa:

1. Seragam SMA ala anak ’80-an; Ketika Lupus dan Michael Jackson masih jadi idola.

Ada yang masiih ngalamani zaman ini?

Ada yang masiih ngalamani zaman ini? via motorbiru.wordpress.com

Advertisement

Celana seperut dengan sabuk hitam yang terlihat karena kemeja dimasukan ke celana. Yang paling penting, dua sampai tiga kancing baju bagian atas dibiarkan terbuka agar tampak lebih kece. Beginilah gaya berseragam anak ’80-an. Kalau di antara kamu yang ada yang merasa berseragam SMA dengan model seperti ini, selamat berarti mungkin sekarang kamu sudah memiliki anak yang sudah berseragam putih abu-abu.

2. Kalau anak-anak SMA era ’90-an beginilah rupanya…

Pastinya nyanyi lagu Stinky

Kalau gak Sheila on 7, Pasti nyanyi lagu Stinky via www.memobee.com

Kalau kamu merasa ke sekolah dengan seragam sekolah dengan kaos kaki tinggi. Kemeja tampak kebesaran tapi tetap nampak rapi. Tanpa modifikasi seragam yang berlebihan, mungkin kamu termasuk anak SMA tahun ’90-an. Kamu yang masuk dalam kategori ini, sudah merasa bahagia dengan gaya dan lagu-lagu Basejam dan Sheila On 7 yang sederhana makanya kamu tak perlu untuk berdandan macam-macam saat ke sekolah. Eksistensimu bisa ditunjukkan dengan bermain band, skateboard atau sepatu roda jadi nggak perlu memodif seragam dengan bermacam-macam.

3. Seiring dimulainya milenium baru, seragam SMA mulai terinspirasi dari AADC.

Trend center di awal tahun 2000an

Trend center di awal tahun 2000an via showbiz.liputan6.com

Film Ada Apa Dengan Cinta yang muncul di awal tahun 2000-an mendapat tempat tersendiri di hati para penontonnya yang sebagian besar remaja. Dengan latar belakang kehidupan SMA, gaya pemeran film tersebut kerap kali ditiru oleh para remaja pada saat itu, tak terkecuali gaya berseragamnya. Kemeja seragam yang pas badan, rok di atas lutut, kaos kaki panjang, dan sepatu olah raga berwarna-warni. Kalau kamu waktu SMA dulu berseragam seperti ini, sudah ngaku aja deh kalau kamu fans-nya Nicholas Saputra!

4. Sementara mereka yang soleha tetap berada pada jalurnya. Insya Allah.

Remaja soleha

Remaja soleha via www.piyunganonline.org

Advertisement

Berseragam sekolah dengan rok panjang, kemeja lengan panjang, dan berjilbab. Nah, yang begini ini kalau nggak anak madrasah yang seragamnya memang seperti itu, atau mereka yang suka aktif dalam kegiatan remaja masjid. Anak SMA ini biasanya sih tergolong siswa-siswa soleh dan soleha. Pantang umbar aurat. Kamu termasuk yang seperti ini bukan?

5. Selain lintas generasi, seragam SMA juga bergesekan dengan gaya street punk.

Dalam video tersebut tampak seorang anak laki-laki masuk ke kelas dengan menggunakan celana seragam selutut yang amat sangat ketat dengan sepatu hitam dan kaos kaki panjang. Anak yang menjadi bahan tertawaan sekelas itu sekilas penampilannya seperti anak punk. Enggak apa-apa lah, anak punk juga boleh sekolah dong!

6. Ada juga yang masih bimbang antara mau tetap gaul tapi sopan.

Rok panjang tanpa jilbab

Rok panjang tanpa jilbab via daraprayoga.com

Baru-baru ini remaja SMA putri sering terlihat menggunakan rok seragam SMA panjang tetapi tetap berkemeja lengan pendek dan tanpa jilbab. Mungkin beginilah cara mereka agar tetap tampak gaul tapi tetap sopan. Kalau kamu pernah berseragam dengan gaya seperti ini mungkin kamu belum lama lulus dari bangku SMA-mu.

7. Gaya berseragam SMA anak yang selalu menjadi contoh teladan di kelas.

Yang sering dikirim cerdas cermat

Yang sering dikirim cerdas cermat via padmanaba.or.id

Celana rapi, rok minimal selutut, sepatu hitam, kaos kaki panjang. Pokoknya rapi banget deh! Nah, yang begini ini sudah pasti contoh teladan di sekolah. Kamu yang berseragam SMA seperti ini pasti termasuk anak rajin dan berprestasi. Enggak heran kalau kamu sering menjadi wakil sekolah untuk cerdas cermat atau paskibarka. Ciye yang anak berprestasi!

8. Anak SMA yang terinspirasi dari FTV dan sinetron.

Seragam SMA di sinetron

Seragam SMA di sinetron via arelaband.wap.sh

Kebanyakan nonton sinetron yang bertema anak SMA, membuat anak-anak SMA berdandan aneh-aneh saat akan ke sekolah. Selain baju ketat dan rok mini, anak SMA korban sinerton ini juga menggunakan aksesoris yang berlebihan seperti kalung dan gelang saat ke sekolah. Bukan cuma itu, tak jarang juga anak SMA yang menggunakan riasan berlebih saat ke sekolah. Kurang-kurangin deh ya nonton sinetronnya, Dek!

9. Selain itu ada juga seragam anak SMA yang nggak lulus-lulus.

Yakin udah lulus?

Yakin udah lulus? via www.tribunnews.com

Baju tampak sempit bukan karena pengen keliatan gaul, tapi memang karena sudah kekecilan. Warnanya sudah nggak putih lagi dan nampak sangat lusuh sampai-sampai tulisan OSIS-nya sudah hampir nggak kelihatan lagi. Di ujung baju tampak sedikit ada coretan spidol,

“Sabar cuy, tahun depan pasti lulus!” yang dituliskan oleh teman seangkatan terakhir yang sudah lulus duluan.

Mereka yang menggunakan segaram seperti ini tergolong murid SMA yang setia dengan sekolahnya alias nggak lulus-lulus. Kalau kamu melihat anak SMA dengan seragam seperti ini coba disapa siapa tahu seumuran.

10. Dan terakhir, seragam SMA yang bikin kamu bersyukur udah lulus SMA bertahun-tahun lalu…

Seragam SMA di masa depan

Seragam SMA di masa depan via www.rumahbelajar.web.id

Sabar ya yang masih di SMA… Semoga cuma wacana belaka…

Ini dia penampakan seragam anak SMA di masa depan yang sedang ramai dibicarakan. Kabar yang beredar, seragam SMA dengan patch menggelikan ini sudah dikenakan di Makassar.

Dari raut mukanya aja kita udah tahu kalau siswa ini sangat enggan kalau diharuskan pakai seragam tersebut selama tiga tahun ke depan…

“Aku benci narkoba,”

“Aku benci korupsi”

Jangankan siswa, orang tua siswa aja udah sakit mata sehabis melihat seragam ini…

Ide ini kabarnya dicetuskan oleh BNN dan KPK dengan tujuan mencegah narkoba dan korupsi di kalangan remaja. Namun dari yang terlihat dari video dan foto-foto di atas, ide ini kayaknya dibikin oleh orang yang habis korup lalu duitnya dipake buat beli ganja murahan.

Mungkin (cuma mungkin) menurut penggagas ide slogan dalam seragam ini, anak remaja Indonesia secara otomatis akan bebas korupsi dan bebas narkoba dengan menggunakan seragam bertuliskan slogan tersebut. Keren ya cara berpikirnya?

Cara berpakaian konon merupakan citra dari pemakainannya, begitu juga dengan seragam SMA. Kalau kamu dulu gaya berseragamnya seperti apa?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya