Rekomendasi 5 Anime Lawas yang Dianggap Bisa Memprediksi Masa Depan, Canggih Banget!

Kartun Jepang alias anime memang menjadi salah satu tontonan favorit di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan, anime menjadi tontonan berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Nggak hanya gambar yang menarik, anime juga punya cerita yang menghibur dan syarat makna yang kadang sangat relate dengan kehidupan orang dewasa.

Advertisement

Ada anime yang punya cerita-cerita unik seperti meramalkan masa depan, dan kehidupannya. Bahkan, ada anime lawas yang berhasil meramalkan kehidupan yang serba canggih seperti saat ini juga. Nggak heran jika anime ini disebut bisa meramalkan masa depan. Berikut ini Hipwee punya beberapa daftar anime yang bisa meramalkan masa depan yang seru untuk ditonton.

1. Megazone 23, anime yang meramalkan adanya teknologi Artificial Intelligence

Anime yang memprediksi masa depan

| Gambar dari Imdb

Anime lawas yang rilis pada tahun 1985 ini mungkin kurang familiar meski bagi penggemar anime. Namun, Megazone 23 cukup menarik perhatian karena ada bagian adegan yang membahas tentang teknologi Artificial Intelligence (IA). Anime ini menceritakan seorang idol virtual bernama Ave Tokimatsuri yang dibuat menggunakan teknologi IA.

Sementara itu, saat ini idol-idol virtual sudah banyak digunakan, terutama di industri hiburan Korea Selatan dan dikenal di seluruh dunia. Apalagi teknologi IA sudah banyak digunakan. Sehingga Megazone 23 dianggap bisa meramalkan penggunaan IA di masa depan.

Advertisement

2. Akira, cerita berlatar kota Tokyo yang bangkit setelah bencana nuklir

Anime yang memprediksi masa depan

| Gambar dari Imdb

Anime bergenre cyberpunk ini merupakan anime lawas yang dirilis pada tahun 1988, tapi masih eksis hingga sekarang. Hal ini karena cerita hebat yang diangkatnya dianggap bisa meramalkan masa depan. Banyak detail kecil di cerita Akira ini yang ternyata bisa kejadian di tahun-tahun sekarang. Akira sendiri bercerita tentang kota Tokyo yang berubah menjadi Neo-Tokyo setelah berhasil bangkit dari keterpurukan usai bencana nuklir.

Neo-Tokyo menjadi kota yang canggih dengan teknologinya, tapi juga diwarnai dengan banyak kejahatan. Salah satu hal yang diramalkan dalam Akira dan bisa menjadi nyata adalah ketika diceritakan Neo-Tokyo menjadi tuan rumah olimpiade pada 2020. Prediksi ini ternyata menjadi kenyataan, ketika Tokyo benar-benar menjadi tuan rumah Tokyo Olympic 2020.

3. Sailor Moon, memprediksi kecanggihan teknologi informasi saat ini seperti gadget canggih

Anime yang memprediksi masa depan

| Gambar dari Imdb

Advertisement

Bagi generasi 90-an pasti nggak asing lagi dengan anime Sailor Moon ini. Namun, pernahkah kamu menyadari bahwa beberapa gadget canggih yang ditampilkan di Sailor Moon ternyata menjadi gadget yang hype saat ini. Seperti penggunaan laptop, tablet, dan kecanggihan pemindahan file atau data secara nirkabel.

Salah satu adegan yang menampilkan kecanggihan ini seperti saat Ami Mizuno alias Sailor Mercury membawa benda seperti tablet yang terhubung dengan kacamata yang ia kenakan. Jika kita melihat teknologi saat ini tentu menjadi hal yang biasa, ketika suatu aksesori bisa terhubung dengan smartphone, ataupun komputer.

4. Episode 19 anime Cowboy Bebop memprediksi kecelakaan pesawat milik Amerika Serikat

Anime yang memprediksi masa depan

| Gambar dari Imdb

Anime ini juga merupakan anime lawas yang jadi favorit karena dinilai bisa memprediksi masa depan. Di episode 19 Cowboy Bebop yang dirilis pada 1999 ini menceritakan kejadian kelam sebuah kecelakaan pesawat milik Amerika Serikat pada tahun 2003 atau yang dikenal dengan kecelakaan Columbia.

Pada anime Cowboy Bebop diceritakan Miles dan Doohan menyelamatkan pesawat Swordfish di angkasa lepas. Mereka menggunakan pesawat Columbia dalam misi penyelamatan itu, tapi lapisan pesawat itu menemui kendala yang mengancam keselamatan mereka.

Penyebab kecelakaan pesawat Columbia yang sungguhan dengan pesawat Columbia dalam Cowboy Bebop pun nyaris sama. Pesawat ini meledak karena kerusakan di bagian sayap.

5. Ghost in the Shell, menceritakan kehidupan di kota serba maju secara teknologi dengan segala permasalahan di baliknya

Anime yang memprediksi masa depan

| Gambar dari Imdb

Anime ini bergenre fiksi sains dengan topik cyberpunk yang seru. Ghost in the Shell memperlihatkan sebuah kota yang sangat maju secara teknologi, tapi memiliki banyak permasalahan dan kekacauan.

Banyak detail adegan di anime ini yang cukup relate dengan kehidupan saat ini terutama kejahatan siber seperti peretasan data yang saat ini marak terjadi. Bahkan, di anime ini juga menceritakan kejahatan siber lainnya seperti pemalsuan data, manipulasi media, dan berbagai kejahatan di tengah kemajuan teknologi.

Sebenarnya, prediksi kejadian-kejadian masa depan ini hanya kebetulan saja terjadi. Namun, bagi siapa saja yang menontonnya tentu merasa bahwa ini adalah hal luar biasa. Kendati demikian, ide cerita dan anime-anime di atas memang cerdas dengan riset-riset yang mendalam. Buat kamu yang penasaran dengan detail ceritanya, coba deh tonton anime ini di platform streaming online.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan