6 Game Hampir Realistis yang Bisa Kamu Coba Mainkan. Nyata Secara Fisika, Bukan Grafik Belaka

Rekomendasi game realistis

Kegiatan wajib anak muda di waktu luang kalau nggak rebahan, ya, main game—tetep sambil rebahan dong! Sebuah pilihan bijak mengisi kegabutan ketimbang streaming film bajakan. Karena termasuk produk hiburan, selain biar nggak gabut, tujuan main game pasti untuk bersenang-senang, kan? Makanya game yang dimainkan cenderung nggak nguras energi kayak permainan cacing-cacing “WormsZone”.

Advertisement

Tapi selain main cacing-cacing, game alias gim military sandbox kayak “Call of Duty” juga jadi primadona. Salah satu alasannya karena grafik yang ditawarkan gim tersebut cukup nyata. Tapi sayangnya, gim yang banyak penggemarnya tersebut cuma nyata di segi grafik doang, dari segi hukum fisikanya masih kurang. Nah, kalau kamu pengen nguras energi dan ngerasain pengalaman yang 99% mirip dengan kenyataan secara hukum fisika, berikut Hipwee Hiburan rangkum 6 game yang boleh dicoba.

1. Dalam “ARMA 3” kamu mesti lihai dan ngerti taktik bertahan serta menyerang

Seperti disinggung di atas, “Call of Duty” mungkin salah satu game military shooter paling populer. Tapi kalau soal pengalaman perang di dunia nyata, kamu harus coba “ARMA 3”. Singkatnya, dalam gim ini kamu nggak bisa asal nyerobot daerah lawan kalau nggak mau mati konyol. Kamu butuh perencanaan dan kerja sama yang matang untuk mengenali segala bentuk ancaman yang ada.

Selain itu, mau nembak aja kamu mesti pertimbangkan arah angin dan recoil-nya. Nggak bisa asal tembakin peluru. Intinya, di gim ini kamu kayak tentara beneran deh. Kalau perlu kamu harus sembunyi disemak-semak dan merangkak-rangkak. Semangat!

Advertisement

2. Merasakan perang nyaris nyata dalam “Wargame: Red Dragon”

“Wargame: Red Dragon” via store.steampowered.com

Kalau mau gim simulasi perang-perang lain yang sangat realistis, kamu bisa coba “Wargame: Red Dragon”. Dalam gim ini kamu hanya akan diberi briefing daerah mana saja yang ada musuh oleh atasanmu, lalu markas bakal nyiapin kamu armada seadanya.

Sebenarnya, kamu bisa saja nyiapin tank hingga ratusan jumlahnya. Tapi hal tersebut harus kamu imbangi dengan strategi yang tepat kalau nggak mau kewalahan karena pergerakan lawan yang tiba-tiba. Mulai dari jarak tembakan, rintangan pohon, hingga airstrike, semuanya sangat realistis dan harus mempersiapkan timing kalau nggak mau kalah perang begitu saja.

3. “Microsoft Flight Simulator (2020)” adalah jawaban untuk yang pengen jadi pilot, tapi takut ketinggian~

Advertisement

“Microsoft Flight Simulator (2020)” via www.youtube.com

Ini adalah salah satu gim simulasi tertua karena sudah ada sejak empat dekade lalu. “Microsoft Flight Simulator” menggunakan peta asli dari tangkapan satelit Bing Maps. Di sini kamu nggak bisa nerbangin pesawat sembarangan kayak di gim pesawat-pesawatan lain. Perhitungan mesti matang mulai dari cuaca, kecepatan angin, dan ukuran pesawat. Kamu harus punya perhitungan layaknya pilot sungguhan.

Bahkan kalau dalam simulasi ini kamu pilih penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur, maka kamu beneran akan terbang selama 2 jam sesuai dengan waktu tempuh sesungguhnya.

4. Daripada kepo gimana rasanya nyetir truk, coba main “American Truck Simulator” aja~

“American Truck Simulator” via www.plati.market

Kamu pernah kepo nggak sih rasanya nyupir truk kayak yang seliweran di jalur Pantura? Kalau pernah, mending kamu coba main “American Euro Truck Simulator” dulu aja. Soalnya kalau coba bawa truk sungguhan prosesnya panjang banget.

Di gim simulasi ini, kamu benar-benar akan nyetir truk dengan berbagai macam kargo. Beda dengan bawa truk di game GTA, di sini kamu akan merasakan sensasi stir yang berat, dengan perhitungan panjang truk dan kecepatan biar nggak celaka~

5. Bikin roket dan meluncurkannya ke luar angkasa dalam “Kerbal Space Program”

“Kerbal Space Program” via uk.gamesplanet.com

Mohon untuk nggak berharap gambar yang realistis di gim ini. Dalam “Kerbal Space Program” kamu punya misi untuk membuat sebuah pesawat luar angkasa untuk kemudian diluncurkan. Setelah pesawat diluncurkan, kamu harus merakit satelit dan mendarat di bulan. Terdengar menyenangkan, ya?

Meski gambarnya nggak realistis, tapi untuk urusan teknis dan hukum fisika roket dan gravitasi, gim ini cukup akurat. Saking akuratnya hukum fisika gim ini, NASA dan SpaceX bahkan tertarik untuk menjadikannya sebagai bagian dari program edukasi dan simulasi luar angkasa mereka. Wow!

6. Menjadi virus yang harus menyebar memusnahkan manusia dalam “Plague Inc: Evolved”

“Plague Inc: Envolved” via www.eneba.com

Apa jadinya kalau kamu adalah sebuah virus dan tugasmu adalah menyebar ke penjuru dunia dan membuat manusia punah? Terdengar seram sih. Gim ini hanya akan menampilkan peta dunia. Tapi cara penyebaran virus yang harus kamu tuntaskan realistis, kayak cara nyebarnya virus asli. Kamu harus mengetahui regulasi tiap negara, gaya hidup masyarakatnya, dan iklim agar penyebaran virus efektif. Karena gim ini cukup akurat dalam cara penyebaran virus, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sempat nyamperin pengembang gim tersebut untuk membahas bagaiman cara menggunakan gim tersebut sebagai bagian program edukasi masyarakat. Wah!

Gimana, kamu tertarik coba gim yang mana dulu nih, untuk ngisi kegabutan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Senois.

CLOSE