Rekomendasi Novel yang Angkat Isu Kesehatan Mental. Biar Makin Aware!

Deretan novel ini cocok buat kamu yang pengin meningkatkan awareness soal kesehatan mental

Dari waktu ke waktu, isu mengenai kesehatan mental masih menjadi topik yang hangat diperbincangkan bagi banyak orang. Semakin ke sini juga semakin banyak orang yang mengklaim dirinya sendiri mengalami gangguan mental tanpa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan psikolog. Di sisi lain, semakin banyak juga anak muda yang semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental.

Advertisement

Selain berkonsultasi dengan psikolog, kamu juga bisa memperluas wawasan dan meningkatkan awareness mengenai kesehatan mental melalui enam buku ini!

1. Turtles All The Ways Down menceritakan kisah seorang remaja yang mengidap OCD

novel mental health

Novel mental health | Credit via Pinterest

Novel ini menceritakan kisah seorang remaja bernama Aza yang mengidap gangguan OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Aza selalu menggunakan perban atau plester di jarinya. Suatu hari, Aza meminta bantuan temannya yang bernama Daisy untuk mencari keberadaan teman masa kecilnya yang bernama Davis. Selain menceritakan kehidupan Aza dengan penyakit OCD yang dideritanya, novel ini juga menceritakan proses pencarian identitas diri Davis di luar ketenaran dan kekayaan sang ayah.

Baca konten menarik seputar inner child: Belajar Menyembuhkan Luka Masa Kecil Lewat Tokoh K-Drama Our Beloved Summer

Advertisement

2. Lewat novel I Want To Die But To Eat Tteokpokki, pembaca bisa melihat sudut pandang penulis yang ingin memberi semangat lewat pengalamannya saat menjalani masa penyembuhan

novel mental health

Novel mental health | Credit via cosmopolitan.com

Novel best seller di Korea Selatan ini menceritakan perjuangan Baek See Hee yang didiagnosa menderita gangguan Persistent Depressive Disorder atau yang biasa disebut Distimia. Distimia sendiri merupakan gangguan depresi yang terjadi dalam waktu jangka panjang. Dalam novel ini, penulis menyajikan sederet pertanyaan, saran dan evaluasi agar para pembaca dapat menerima dan mencintai dirinya.

Selain itu, penulis juga ingin mengajak para pembaca agar semangat untuk bangkit dari keterpurukan melalui dialog-dialog yang dilakukan oleh penulis dan psikiaternya.

3. Novel berjudul All The Bright Places menceritakan tentang sebuah kehilangan dan kondisi kesehatan mental yang dialami tokoh remaja

novel mental health

Novel mental health | Credit via Pinterest

All The Bright Places menggambarkan kisah dua remaja yang merasa dalam kondisi terpuruk dan kehilangan. Tokoh Theodore Finch selalu terobsesi dengan kematian dan tokoh Violet Markey yang selalu sedih pasca meninggalnya sang kakak. Penulis ingin menyampaikan pesan mengenai kondisi kesehatan mental remaja melalui perasaan remaja yang mengalami hal tersebut. Novel ini juga telah diadaptasi menjadi film yang tayang di Netflix pada bulan Februari 2020.

Advertisement

4. Eksplorasi gejala gangguan mental yang umumnya terjadi karena trauma di masa lalu digambarkan dalam novel Eleanor Oliphant is Completely Fine

novel mental health

Novel mental health | Credit via Pinterest

Novel ini menceritakan kisah Eleanor yang merupakan seorang perempuan mandiri dan mapan dari segi pekerjaan. Kehidupannya terasa normal sampai akhirnya ia sadar dan terbiasa dengan pembicaan rekan kerja yang membicarakannya dari belakang. Novel ini menggali dan mengeksplor mengenai gejala gangguan mental yang biasanya disebabkan oleh trauma di masa lalu. Dibalut dengan dialog kocak, novel ini sangat ringan untuk dibaca hingga halaman terakhir.

5. Mengambil latar tentang konflik agama di Malaysia, novel The Weight of Our Sky juga menggambarkan tentang kisah pengidap penyakit mental

novel mental health

Novel mental health | Credit via Pinterest

Novel ini berlatar mengenai kerusuhan yang terjadi antara warga muslim dan warga keturunan Tionghoa di Malaysia pada tahun 1969. Konflik tersebut diceritakan lewat karakter bernama Melati yang mengidap gangguan OCD dan memiliki ketertarikan dengan musik. Melati selalu merasa ada makhluk lain yang berbisik mengenai bagaimana nanti ibunya meninggal.

Bisikan tersebut membuat Melati ingin selalu menjaga sang ibu, termasuk saat terjadi kerusuhan. Namun, Melati dan ibunya justru berpisah. Melati pun berusaha mencari sang ibu bersama teman yang baru ia temui pasca kerusuhan.

6. Novel berjudul A List of Cages ini menceritakan kisah seorang anak SMA yang didiagnosa mengidap penyakit ADHD

novel mental health

Novel mental health | Credit via bukukita.com

Novel ini bercerita mengenai seorang anak SMA bernama Adam yang didiagnosa mengidap penyakit Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Adam memiliki saudara tiri bernama Julian yang sempat hilang selama lima tahun. Setelah kembali muncul, Adam menyadari ada banyak rahasia yang disimpan oleh Julian dan rahasia tersebut membuat mereka berisiko kehilangan nyawa.

Nah itu lah beberapa rekomendasi novel yang mengangkat isu seputar kesehatan mental. Buku ini cocok bagi kamu yang ingin memperluas wawasan dan meningkatkan awareness tentang kesehatan mental. Selamat membaca!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE