8 Rumah Ikonis yang Ada dalam Film dan Sinetron Indonesia. Ada yang Jadi Tempat Wisata~

Rumah ikonis film Indonesia

Salah satu dari sekian banyak bentuk hiburan yang menyenangkan adalah menonton film. Apalagi saat kondisi pandemi seperti ini, menonton film bisa jadi pilihan paling tepat. Daripada keluyuran di luar rumah dan membahayakan diri sendiri, lebih baik diam di depan televisi atau laptop dan menonton film seharian.

Advertisement

Nah buat kamu para penggemar film Indonesia, pasti udah nggak asing dengan latar-latar tempat yang sering dijadikan tempat syuting. Bahkan ada beberapa tempat seperti rumah dan gedung sekolah yang ikonik banget di dunia perfilman Indonesia. Nah, buat kamu yang belum tahu, Hipwee Hiburan udah merangkum 8 rumah paling ikonis yang muncul di film Indonesia. Bahkan ada beberapa tempat yang kini jadi destinasi wisata lo. Daripada penasaran, yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Rumah Si Doel adalah rumah adat khas Betawi yang muncul dalam sinetron si “Doel Anak Sekolahan” dan film layar lebar “Si Doel The Movie”

Rumah si Doel yang ikonik. via www.99.co

Rumah si Doel adalah salah satu rumah ikonik yang ada di dunia perfilman Indonesia. Rumah khas Betawi ini terletak di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rumah ini digunakan dalam sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” dan film layar lebar “Si Doel The Movie“. Seiring waktu berlalu rumah ini mendapatkan banyak perbaikan namun nggak menghilangkan keotentikan rumah ini.

2. Rumah Milea adalah saksi bisu jalinan cinta Dilan dan Milea dalam filmnya. Rumah yang terletak di kota Bandung ini masih bergaya Belanda dan tetap otentik

Rumah Milea via www.cnnindonesia.com

Rumah Milea yang terletak di kota Bandung adalah salah satu rumah ikonik dalam perfilman Indonesia. Hal ini dikarenakan rumah ini jadi saksi bisu terjalinnya cinta Dilan dan Milea dalam film layar lebarnya. Bahkan sampai hari ini masih banyak orang yang datang ke rumah ini untuk berfoto-foto.

Advertisement

3. Rumah mewah Lala yang sering dijadikan latar utama dalam sinetron-sinetron Indonesia

Rumah Lala jadi andalan latar mewah sinetron Indonesia. via www.liputan6.com

Rumah Lala adalah salah satu rumah ikonik karena sering digunakan sebagai latar rumah mewah dalam sinetron. Awalnya rumah ini digunakan dalam sinetron “Bidadari”. Ternyata rumah ini memang disewakan untuk pembuatan film. Buat kamu yang penasaran melihat rumah ini, kamu bisa pergi ke kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan dan bertanya pada warga tentang rumah bernama Puri Bagas Nauli atau Rumah Lala.

4. Rumah Nyi Iteung jadi salah satu rumah khas Jawa Barat yang terkenal berkat film “Si Kabayan Saba Kota”

Rumah Nyi Iteung Rumah khas Jawa Barat via jabar.tribunnews.com

Pada tahun 1989, film “Si Kabayan Saba Kota” dirilis. Film tersebut laku keras dan meninggalkan kenangan pada sebuah rumah khas Jawa Barat dalam film tersebut. Rumah itu dikenal dengan Rumah Nyi Iteung. Tempat di mana Kabayan jatuh cinta pada karakter perempuan, Iteung. Rumah ini telah berdiri lebih dari 100 tahun karena dibangun pada tahun 1923. Sampai saat ini pemilik rumah masih mempertahankan suasana ‘kampung’ di rumah ini.

5. Selanjutnya ada rumah khas Jawa yang jadi latar rumah Abah dalam sinetron “Keluarga Cemara”. Rumah ini sangat terkenal di kalangan penggemar sinetron maupun film tersebut

Rumah Keluarga Cemara via www.dekoruma.com

Bagi mereka penggemar Rumah Cemara, pasti udah nggak asing lagi dengan rumah ini. Rumah klasik bergaya jawa ini jadi tempat berkumpulnya keluarga abah dan suka duka para karakter yang ada di dalamnya. Hayo siapa yang kangen sama sinetron “Keluarga Cemara?”

Advertisement

6. Selanjutnya adalah bangunan sekolah. Siapa sih yang nggak tahu dengan bangunan sekolah yang ada dalam film “Laskar Pelangi” ini? kini bangunan sekolah ini sering didatangi para wisatawan yang berkunjung ke Belitung

Sekolah Laskar Pelangi. via travel.detik.com

Salah satu bangunan sekolah ikonik dalam film Indonesia adalah bangunan sekolah dasar di film “Laskar Pelangi”. Sekolah yang bangunannya usang ini adalah tempat di mana anak-anak bercita-cita tinggi menimba ilmu. Kareka film tersebut sukses, sekolah ini sering didatangi wisatawan yang pergi ke pulau Belitung

7. Rumah Kang Mus dalam sinetron “Preman Pensiun” mendadak ramai didatangi oleh para penggemar karena keunikan arsitekturnya

Rumah Kang Mus via kurio.id

Selanjutnya ada rumah Kang Mus yang ada dalam sinetron “Preman Pensiun“. Rumah bergaya jadul ini sering didatangi oleh para penggemar untuk dijadikan latar berfoto. Banyak yang menganggap rumah ini begitu ikonik karena keunikan artsitekturnya.

8. Terakhir ada Rumah Ibu yang terletak di daerah Pangalengan Jawa Barat. Rumah ini mendadak ramai didatangi karena suksesnya film remake “Pengabdi Setan”

Rumah Pengabdi Setan. via wartakota.tribunnews.com

Terakhir ada rumah ibu yang terletak di daerah Pangalengan, Jawa Barat. Rumah ini kembali terkenal dan diperbincangkan karena film remake “Pengabdi Setan”. Bahkan rumah ini banyak didatangi oleh wisatawan dan YouTuber horor yang penasaran dengan misteriusnya rumah ini.

Nah, itu dia 8 rumah ikonik yang terkenal karena film dan sinetron Indonesia. Gimana menurutmu, apakah kamu berminat untuk main ke tempat-tempat ini?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE