Indonesia terkenal dengan orang-orangnya yang berkulit sawo matang. Otomatis, kamu yang lahir dengan kulit putih atau cerah jadi menonjol di antara kerumunan. “Eh, Nisa yang mana sih?” “Itu lho, yang putih banget…” Mungkin adalah percakapan yang sering orang lontarkan tentang kamu.

Dianugerahi kulit putih, kamu mungkin bersyukur. Seenggaknya, warna kulit cerah ini bikin kamu nggak gampang terlihat kucel. Tapi ada juga dari kamu yang sedikit “kecewa”. “Yah, nggak bisa punya suami bule dong…” katamu bercanda.

Punya kulit putih di Indonesia memang memberi banyak konsekuensi. Dari yang sudah Hipwee tulis di bawah ini, yang mana nih yang benar-benar terjadi ke kamu? :))

1. Saat masih kecil dulu, kamu bayi yang imut nan lucu.

Putih lucu kayak Gempi Marten! (credit: @gisel_la) via www.instagram.com

Siapa yang nggak seneng kalau sering dipuji? Waktu masih kecil pasti orang-orang di sekeliling sering bilang kamu itu cantik dan lucu, dan itu nggak terlepas dari kulitmu.

Advertisement

Eh, sekarang masih imut dan lucu nggak? Masih dongg… ;pp

2. Tapi seiring kamu dewasa, banyak yang juga bilang: “Dia gak cantik ah, putih doang.” Hati pun lumer kayak remah-remah dikasih air.

Nggak cantik, putih doang via youtube.com

“Oooh, Mulan yang cantik itu kan?”

“Nggak cantik sih… Putih doang.”

Kok jahat sih bilang kamu cuma putih doang? Kalau memang menurut mereka kamu nggak cantik, ya nggak usah bilang… *senyumin aja deh*

3. Ada juga yang gak percaya kalau kulitmu putih dari sananya. Dikiranya ini hasil perawatan.

Biar putih~~ via satelitnews.co

“Perawatan di mana sih, kok kulitnya bisa mulus gini?”

Padahal, kulitmu memang sudah putih dari sananya. Kamu memang kadang-kadang ke salon, tapi nggak pernah khusus supaya lebih putih juga.

“Ooh… keturunan ya? Tapi kamu pernah nggak nyoba perawatan apa gitu biar kulit tambah putih?”

#teteup

Ada juga lho yang justru merasa aneh ketika kamu bilang kamu mau ke salon.

“Ih, ngapain ke salon? Kamu kan udah putih!”

Lho, emangnya ke salon cuma buat mutihin kulit aja?

“Mau potong rambut kok, hehehe…”

4. Mungkin kamu anomali. Di antara anggota keluargamu yang lain, nggak ada yang kulitnya seputih ini

mereka bilang aku anak pungut maa via nandaalysiadewi.blogspot.co.id

Ayah, ibu, kakak, adik, semuanya nggak ada yang berkulit seputih kamu. Ayah sawo matang, kakak dan ibu kulitnya kecokelatan, kamulah yang berkulit putih sendiri.

“Kamu anak adopsi yaaa…”

Kata orang setelah ngelihat kakak, adik, atau orangtuamu. Sabar aja, sudah biasaa~

5. Repotnya punya kulit putih itu kalau udah jerawatan.

berkulit putih juga jerawatan kok. malah lebih terlihat! via www.swaraunib.com

Kulit putih identik dengan kata cerah dan mulus, padahal sih nggak gitu juga. Cewek-cewek berkulit putih juga bisa jerawatan lho, layaknya cewek-cewek biasa. Misalnya aja kalau lagi datang bulan, ugh. Dan yang lebih ngeselin lagi, bintik jerawatmu pasti bakal langsung kelihatan karena kulitmu cerah. Nggak cuma jerawat aja, komedo dan bekas luka bisa jadi terlihat jelas banget. Jadi, siapa bilang punya kulit putih itu gampang dan nggak perlu perawatan?

6. Kalau ke pantai, kulitmu cepat merahnya. Teman-teman pun langsung menggoda

Bhay via tumblr.com

“Coba lihat mukamu, deh. Udah kayak kepiting gitu!”

“Haha sial!”

Ini yang kadang dikhawatirkan kalau lagi beraktivitas outdoor, apalagi saat terik matahari berada di tengah-tengah langit. Bisa aja kan kamu lagi asik-asiknya jalan ke pantai terus lupa bawa tabir surya atau topi. Eh, pas pulang kulit putihmu jadi kayak bule-bule yang abis berjemur di pantai. Selanjutnya kamu menjadi bulan-bulanan teman-temanmu deh. Yang sabar yah.

7. Gara-gara kulit yang terang, kadang kamu dikira orang Jepang, Arab, atau bule nyasar

Dengan berkulit putih, kamu sering dibilang ada keturunan dari negara lain. Padahal belum tentu juga, hehehe.

“Lho, kamu bukan keturunan Arab ya? Kirain ada darah Arabnya…”

“Haha nggaak, aku Medan asli!”

8. Penasaran juga sih kadang, gimana ya penampakanmu kalau kulitmu lebih hitam?

namanya juga pilihan via voguenist.blogspot.co.id

Kamu juga penasaran sih, gimana ya penampakanmu kalau kulitmu lebih hitam? Yang pengen punya pacar bule, kadang sampai niat banget buat tanning. Maklum, banyak bule yang tertarik sama cewek Indonesia karena kulit eksotisnya. Nggak hitam banget dan nggak putih banget, alias sawo matang. Di negara mereka pun cewek berkulit sawo matang langka. Nah, karena kulit putih yang menurutmu nggak mendukung untuk bersanding dengan bule ke pelaminan, melakukan tanning adalah salah satu caranya. Apalagi tanning sekarang lagi menjamur banget, jadi mau nggak mau kamu keikut arus deh.

9. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, mungkin lebih baik kayak gini. Pantas pakai baju warna apa aja, dan gampang terlihat segar ke mana-mana 😀

Lebih enak begini aja! via www.facebook.com

Enaknya berkulit putih itu kamu ngga usah pusing mikirin mau pakai baju dan warna apa. Mau yang berwarna gelap, terang, atau lembut semuanya cocok. Tinggal kamunya yang harus pintar memadupadankan agar penampilan terlihat menarik. Nah yang terburu-buru oleh waktu, kamu bisa pergi beraktivitas tanpa mandi nih karena dijamin nggak bakal keliatan kok. Kamu tinggal cuci muka biar seger, ganti baju, dan pakai parfum untuk menyamarkan aroma tubuh yang nggak mandi itu. (Itu sih kalau memang beneran udah nggak sempet mandi lagi ya, jangan jadi kebiasaan ;p) Hihi, tapi banyak keuntungannya, ‘kan?

Kadang kamu penasaran juga gimana rasanya punya kulit yang nggak seputih ini. Tapi di balik suka-dukanya punya kulit putih, “anugerah” ini toh juga kamu nikmati. Iya nggak? 🙂