Lagi-lagi Indonesia bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh anak bangsa. Kali ini penghargaan tersebut datang dari salah satu kompetisi kecantikan yang bergengsi di tingkat internasional, Miss Grand International 2016. Ajang tersebut diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 25 Oktober 2016 kemarin.

Ariska Putri Pertiwi, gadis asal Sumatera Utara ini mewakili Indonesia untuk bersaing dengan 75 perwakilan dari berbagai negara yang ada di dunia. Hasilnya? Bukan main! Gelar Miss Grand International 2016 itupun berhasil diboyong olehnya. Cakep!

Ariska berhasil menjadi wanita Asia pertama yang merebut mahkota Miss Grand International 2016

Menjadi wanita Asia pertama yang memenangkan kontes ini via sidomi.com

Masuknya Ariska atau yang akrab disapa Ika ke babak penyisihan lima besar pada ajang tersebut emang nggak disangka-sangka. Inilah kali pertama Indonesia masuk ke dalam lima besar. Sebelumnya, perwakilan Indonesia yang mengikuti kontes kecantikan internasional lainnya, yaitu Miss Universe baru berhasil masuk dalam sepuluh besar.

Dalam babak lima besar, Ika bersaing dengan perwakilan empat negara lain yaitu, Filipina, Puerto Rico, Thailand, dan Amerika Serikat. Ajang yang diadakan sejak tahun 2013 ini akhirnya menyisihkan dua finalis, Indonesia dan Filipina. Dan perwakilan yang disematkan mahkota Miss Grand International 2016 pun akhirnya jatuh kepada Indonesia. Keberhasilan Ika ini sekaligus menorehkan sejarah sebagai wanita Asia pertama yang merebut gelar Miss Grand International 2016 dan menjadi wanita Indonesia pertama yang berhasil memenangkan kontes kecantikan bertaraf internasional.

Nggak cuma itu, Indonesia juga meraih gelar Kostum Nasional Terbaik dalam kompetisi bergengsi ini

Advertisement

Kostum Nasional Terbaik di Ajang Miss Grand International 2016 via www.jejamo.com

Tak hanya itu, Indonesia juga dibuat bangga dalam kategori lain yang dikompetisikan ajang ini. Kostum Nasional Terbaik merupakan salah satu kategori dalam perhelatan Miss Grand International 2016 yang digelar kali ini. Dan kamu tahu siapa yang memenangkan kategori ini? Indonesia! Dengan mengusung konsep Royal Sigokh yang merupakan pakaian adat pengantin wanita khas Lampung, karya dari desainer  Dynand Fariz ini berhasil merebut poin tertinggi dan akhirnya dinobatkan sebagai Best National Costume! Meski beratnya mencapai 15 kg, ternyata hasilnya nggak sia-sia. Selamat!

Ariska diresmikan menjadi duta perdamaian dunia yang nantinya akan menyebarkan motto “stop the war

Ika bersama finalis yang masuk ke dalam babak 5 besar via style.tribunnews.com

Setelah dinobatkan sebagai Miss Grand International 2016, berarti akan ada tanggung jawab besar yang harus dipikul oleh gadis cantik ini. Dia didapuk sebagai duta perdamaian dunia yang nantinya bertugas untuk menyebarkan misi perdamaian di seluruh pelosok negeri. Dengan motto “stop the war“, Miss Grand International 2016 ini tentu diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam upaya mengurangi kekerasan serta menghentikan peperangan yang sedang terjadi di beberapa negara.

Ternyata nggak cuma kali ini aja, Ika sebelumnya udah malang melintang di kompetisi tingkat daerah dan nasional

Finalis terbaik ke 3 Puteri Indonesia 2016 via scontent-sin6-1.cdninstagram.com

Terpilihnya Ika menjadi perwakilan Miss Grand International 2016 nggak cuma kebetulan lho. Ika sebenarnya sudah sejak lama menekuni berbagai kontes kecantikan nasional. Prestasinya juga nggak bisa diremehkan. Sebelumnya wakil dari Sumatera Utara ini berhasil menyabet gelar Terbaik ke-3 dalam ajang Putri Indonesia 2016. Gadis kelahiran Lhoksumawe yang berusia 21 tahun ini juga tercatat sebagai Duta Palang Merah Indonesia untuk Sumatera Utara, Putri Pariwisata Pematang Siantar 2010, dan lain sebagainya.

Kamu pasti nggak nyangka kalau pendidikannya bertolak belakang dengan profesi sekaligus hobi yang sedang dia jalani saat ini

Ariska bersama keluarga via indonesianpageants.com

Meski aktif di dunia modelling, ternyata gadis berusia 21 tahun ini nggak mengabaikan pendidikannya begitu saja lho. Kamu pasti nggak bisa menebak pendidikan apa yang tengah ditempuh oleh Ariska saat ini. Penasaran? Anak pertama dari dua bersaudari ini merupakan mahasiswi kedokteran di Universitas Islam Sumatera Utara. Saat ini Ariska terdaftar sebagai mahasiswi yang sedang menempuh semester tujuh. Nggak nyangka ‘kan? Di tengah kesibukannya dalam menuntut ilmu kedokteran, nyatanya Ariska masih bisa berkarya dan menjalankan hobinya di dunia model. Salut deh sama gadis yang satu ini.

Detik-detik Kemenangan Indonesia dalam Ajang Miss Grand International 2016

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!