Kamu yang sudah dewasa, pernah nggak mengalami momen kangen dengan masa kanak-kanak? Terutama saat melihat anak SD melintas di depan mata, dengan seragam merah putihnya. Yang membuat rindu, pastinya karena di momen itu beban pikiranmu tak banyak seperti sekarang. Kalaupun ada masalah, paling hanya soal berantem dengan teman.

Masa SD bukan hanya momen-momennya saja yang berkesan dan bisa dikenang sampai sekarang. Ada barang-barang yang hanya kamu temukan di masa SDmu. Bukannya sekarang sudah nggak ada, tapi kalaupun ada, kamu nggak bisa lagi menggunakannya. Apa aja? Ini dia barang-barang yang berasal dari masa SDmu, kalau sekarang masih ada, kira-kira mau buat apa ya?

1. Rautan bulat yang sampai sekarang belum diketahui fungsi kacanya.

Rautan bulat berkaca via www.keepo.me

Rautan bulat dengan kaca di salah satu sisinya ini adalah benda paling penting yang harus kamu punya. Karena sampai kelas 3 SD, kamu hanya boleh pakai pensil, dan belum diperbolehkan memakai bolpoin untuk pelajaran sehari-hari. Pertimbangannya mungin karena waktu itu kamu masih dalam tahap belajar nulis. Kalau pakai bolpoin, capek dong, harus pakai tipe-x melulu. Nah, untuk membuat pensil yang tajam nan runcing siap untuk dipakai, kamu biasanya pakai rautan. Belum boleh pakai cutter atau silet. Mungkin karena takut kamu bakal memotong tanganmu sendiri kalau pakai cutter. Tapi kalau dipikir-pikir, kaca di rautan itu fungsinya apa ya? Apa supaya kita bisa meraut pensil sambil ngaca? Nggak jarang dulu kaca ini malah dipakai buat mengintip celana dalam anak perempuan 🙁

2. Aneka jenis penghapus yang khas. Selain buat menghapus tulisan, bisa buat belajar juga

aneka penghapus masa SD via putrifaradiannotes.blogspot.co.id

Advertisement

Karena alat tulismu hanya pensil, penghapus jadi barang wajib selanjutnya. Waktu kamu SD dulu penghapus berbagai macam rupanya. Ada yang berwarna putih dengan gambar berbagai bendera Negara di dunia. Ada juga penghapus yang lebih kecil. Berwarna-warni dan bergambar jenis hewan dan tumbuhan. Ada lagi penghapus warna putih dengan ujung berwarna hijau, gambarnya huruf abjad dari A-Z. Di antara semua itu, ada penghapus yang paling unik. Berbentuk jajar genjang yang sedikit pipih di ujungnya. Berwarna merah dan biru. Konon katanya yang biru bisa dipakai untuk menghapus tinta. Benar atau nggak, Hipwee belum pernah mencoba sih. Menjadi anak gaul saat SD juga begitu mudahnya. Kalau kamu sudah memakai penghapus Staedtler, tandanya kamu sudah gaul abis.

3. Berbagai macam pensil, mulai dari pensil yang ujungnya ada penghapus, sampai pensil isi buat kamu yang malas meraut

pensil isi, lengkap dengan isi ulangnya via www.jurnalrozak.web.id

Bukan cuma penghapus, pensil pun banyak macamnya. Kalau saat ini mungkin kamu hanya tahu pensil 2B yang dulu dipakai buat ujian nasional. Masih ingat nggak dulu kamu pakai pensil yang ujungnya ada penghapusnya? Iya, waktu SD dulu hidup lebih sederhana. Nggak perlu ribet lagi nyari penghapus, karena pensilmu sudah ada penghapusnya. Meski kalau dihapus pakai itu, kertasnya jadi rusak dan bahkan bolong. Dipakai untuk menulis juga pensilnya kurang bisa dibaca. Karena itu kamu beralih ke pensil isi. Memudahkan kamu yang nggak suka meraut, atau sering kehilangan rautan yang nggak pernah kembali setelah dipinjam teman. Kalau pakai pensil isi, kegaulanmu juga meningkat.

4. Bolpoin wangi. Katanya mengandung narkoba 😐

bolpoin wangi via www.kaskus.co.id

Memasuki kelas 3 atau 4, baru kamu mengenal bolpoin atau pulpen. Saat itu kamu sudah boleh memakai bolpoin untuk pelajaran sehari-hari, dan memakai tipe-x untuk menghapus kalau kamu typo. Bolpoin yang paling standar kamu gunakan adalah bolpoin pilot warna hitam. Nggak boleh warna lainnya, karena yang boleh pakai tinta merah atau biru cuma Bapak dan Ibu guru. Zaman dulu ada bolpoin yang tintanya beraroma wangi. Kadang sampai bikin pusing kalau kamu nulis banyak. Konon katanya bolpoin ini ada narkobanya. Benar atau tidaknya, hanya Tuhan dan pabrik bolpoinnya yang tahu.

5. Masih sama-sama pulpen, tapi pulpen bertinta glitter ini khusus penggunaannya. Buat ngisi biodata di diari teman

bolpoin berglitter via id.aliexpress.com

Setelah kamu beranjak dewasa, bolpoin yang kamu kenal nggak cuma bolpoin pilot dan bolpoin wangi saja. Ada juga bolpoin warna yang tinta cair dan berkerlap-kerlip. Yang paling hits pastinya yang berwarna emas dengan glitter yang bikin tulisan jadi megah. Dipakai untuk pelajaran sehari-hari? Yang ada kamu disetrap seharian. Bolpoin ber-glitter ini hanya kamu pakai saat mengisi biodata di diari temanmu.

6. Diari! Di sinilah kekhasan masa SDmu terangkum semua. Nggak perlu ngepoin media sosial buat tahu kepribadian temanmu.

buku diari via kosmo.com.my

Yang paling hits, tentu saja, Diari! Zaman sekarang, kamu kalau kepo harus buka semua akun media sosialnya. Di sana kamu bisa mengetahui dia orangnya seperti apa, hobinya apa, cita-citanya apa, sampai motto hidupnya tanpa perlu menebak-nebak. Zaman dulu, lebih simpel lagi. Ada ritual saling mengisi biodata di diari teman yang sering kamu lakukan. Di sana kamu juga akan tahu hal-hal tentang temanmu, mulai dari tanggal lahirnya sampai makanan dan minuman kesukaannya. Lebih jujur dan bebas dari pencitraan.

7. Bongkar pasang alias bepe. Cewek pasti paham banget sama benda ini.

Bepe yang bukang Bambang Pamungkas via ask.fm

Apalah masa SD tanpa kenangan dengan abang-abang yang suka jualan di depan sekolah. Mulai dari jualan jajanan SD, sampai mainan. Kalau kamu cewek, langgananmu pastilah bongkar pasang alias bepe. Di permainan kertas ini, kamu boleh memasangkan baju apa saja pada tokoh yang kamu punya. Selain asyik aja untuk dimainkan bersama teman, mungkin bongkar pasang juga mengajakmu menjadi desainer seperti Ivan Gunawan. Meski bajunya nggak bikin sendiri, tapi tetap aja kamu harus memikirkan baju mana yang paling cocok dengan model rambut dan warna kulit tokohmu.