Viral Video Remaja Main-Main Saat Tarawih, ini 5 Adab Bawa Ponsel ke Masjid yang Perlu Diperhatikan!

tarawih main ponsel

Ibadah Tarawih yang dilakukan di masjid sudah seharusnya dibarengi kekhusyukan dan keseriusan, bukan malah main ponsel dan update status di medsos. Namun setiap Ramadan, ada saja oknum-oknum jamaah salat Tarawih yang cenderung main-main sama ibadahnya dan mengganggu orang di sekitarnya.

Advertisement

Seperti video viral remaja yang bercanda saat di masjid ini. Diduga video ini bertempat di Limboto, Gorontalo di mana sekelompok remaja malah bergaya peace, metal, hingga menjulurkan lidah saat imam membaca surat Al Fatihah. Video ini sempat jadi keprihatinan banyak pihak karena justru apa yang mereka lakukan bisa mengganggu kekhusyukan jamaah lain.

Sebenarnya, bawa ponsel ke masjid itu sah-sah aja. Tapi ada adabnya lo, biar nggak merusak dan mengganggu ibadah yang lain. Yuk, simak uraian Hipwee Hiburan berikut biar kita bisa sama-sama belajar.

Advertisement

1. Sebaiknya silent ponselmu, kalau perlu nonaktifkan sekalian. Kamu nggak mau, kan, tiba-tiba alarm bunyi, atau ada yang telepon sembari kamu sedang salat?

Bisa pada kaget kalau mendadak ponsel bunyi! via inafeed.com

Paling baik memang nggak usah bawa ponsel kalau mau beribadah. Biar kamu tenang dan nggak waswas untuk buka ponsel terus. Tapi sebagian mungkin butuh karena masjidnya cukup jauh, jadi buat pesan ojol saat pulang, its okay! Tapi jangan lupa bisukan dering ponselmu bahkan kalau perlu matikan sekalian. Biar nggak menganggu jalannya peribadatan.

2. Nggak perlu scrolling medsos waktu yang lain zikir. Bukannya apa-apa nih, yang lain jadi nggak fokus juga karena keki lihat kelakuanmu yang nggak pada tempatnya

Mending baca Al Quran Mbak, daripada baca timeline. via www.merdeka.com

Akan lebih baik kalau kamu berdoa dan berzikir seusai salat. Atau sekadar membaca bacaan niat puasa yang dipandu oleh imam. Scrolling medsos bisa dilakukan nanti seusai salat kok!

3. Kita semua sepakat kalau ibadah adaah urusan manusia dengan Tuhannya. Jadi nggak perlu update story atau foto-foto selama di masjid, kan? Nanti ibadahnya malah ria lo!

Tolong-tolong senyumnya yang simetris. via lamandala.net

Kayaknya nggak perlu banget bikin story, unggah status, sampai check in biar seluruh follower kamu tahu kamu sedang tarawih di masjid. Takutnya ibadahmu justru buat pamer doang, sia-sia dong jalan jauh ke masjid kalau ujung-ujungnya cuma buat pemenuhan eksistensi diri di dunia maya! Betapa semunya~

Advertisement
4. Simpan ponsel di tempat yang aman, di tas atau di bawah sajadah aja deh. Kalau diletakkan di kantong, takutnya menghambat gerakan salatmu saat rukuk dan duduk

Biar aman dan nggak mengganggu. via smpmanhik.sch.id

Simpan ponselmu di tas atau setidaknya di bawah sajadah dalam jangkauan pandanganmu. Selain lebih aman, ponsel juga nggak akan mengganggu pergerakanmu saat salat. Kalau pas rukuk tiba-tiba jatuh dan ponselmu pecah kan sedih juga tuh!

5. Nggak perlu deh rekam-rekam kegiatan orang saat salat. Nggak lucu juga kalau ada yang langsung action karena latah lihat kamera 😀

Hmmm aja deh~ via ummatpos.com

Sama seperti video viral di atas, kayaknya merekam kegiatan orang saat salat tarawih seperti ini justru nggak ada faedahnya selain mengganggu jamaah lain. Saat imam membacakan surat, alangkah baiknya kalau kita turut mendengarkan dan menghayati. Setidaknya kita diam, agar yang lain bisa berkonsentrasi. Kalau kayak gini caranya yang rugi pahala bukan kamu aja, tapi yang lainnya.

Saat sudah ada media sosial, godaan buat memberitahukan pada dunia kalau kita sedang sibuk beribadah memang luar biasa dahsyatnya. Tentu kamu masih ingat bocah yang justru main Tik Tok saat tarawih dan berakhir dengan permohonan maaf. Yuk, kita sama-sama tau batasan buat pakai ponsel dan medsosnya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sonyaruri---

Editor

Senois.

CLOSE