Perhelatan akbar ajang kecantikan bergengsi taraf internasional, Miss Universe 2016, telah berakhir. Acara yang diadakan untuk ke-65 kalinya itu diadakan di Mall of Asia Arena, Pasay, Metro Manila, Filipina pada 30 Januari. Pada malam grand final tersebut, Iris Mittenaere terpilih sebagai pemenang gelar Miss Universe 2016 dan mahkota kebesaran pun akhirnya disematkan oleh Miss Universe sebelumnya.

Pada kontes kali ini, sebanyak 86 perwakilan wanita cantik dari berbagai belahan dunia ikut berjuang memperebutkan mahkota dan gelar Miss Universe 2016, termasuk Indonesia. Tahun ini, Kezia Warouw, wanita yang mewakili Sulawesi Utara pada Putri Indonesia 2016 lalu berkesempatan untuk mengharumkan nama Indonesia. Seperti apa kira-kira cerita dara cantik satu ini?

Ini dia Kezia Roslin Cikita Warouw, perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe tahun ini

Kezia Warouw memakai kostum nasional via www.instagram.com

Kezia Roslin Cikita Warouw merupakan perwakilan Sulawesi Utara sekaligus pemenang yang berhasil meraih gelar Putri Indonesia pada 2016 lalu. Artinya dia berhak menjadi perwakilan Indonesia untuk maju dan bertanding di ajang kecantikan bertaraf internasional, Miss Universe 2016. Tentu nggak cuma gelarnya sebagai Putri Indonesia yang ia jadikan modal dan diboyong ke ajang tersebut. Kezia juga sudah mempersiapkan berbagai hal agar bisa bersaing dengan 85 kontestannya. Harapannya tentu sama dengan rakyat Indonesia, bisa mengharumkan nama ibu pertiwi dan membawa pulang mahkota Miss Universe 2016.

Meski sempat bermasalah dengan gaun yang dipakainya, Kezia tetap mampu tampil menawan

Advertisement

Dan seperti yang kita ketahui, Kezia benar-benar menjalankan perannya secara total. Meskipun sempat ada sebuah insiden pada saat preminilary Miss Universe beberapa hari lalu. Kezia yang sedang mengenakan gaun Kejora rancangan desainer kondang, Ivan Gunawan, awalnya terlihat begitu memesona. Gaun warna hitam ini benar-benar pas saat dikenakan oleh gadis berusia 25 tahun tersebut. Namun pada saat Kezia mulai berjalan di atas panggung, tanpa sengaja, bagian belakang gaunnya tersangkut paku yang ada di panggung. Bayangkan jika hal ini terjadi padamu, tentu rasa cemas dan gugup nggak bisa kamu sembunyikan bukan? Namun hal tersebut tak berlaku bagi Kezia. Meski nyaris kehilangan keseimbangan, Kezia tetap bisa berdiri dengan mantap dan tersenyum lebar. Salut!

Hebatnya lagi, Kezia berhasil memecahkan rekor Indonesia sepanjang sejarah Miss Universe dengan masuk babak 13 besar, selamat!

Masuk babak 13 besar via www.instagram.com

Meski nggak masuk final, tapi tahun ini adalah pencapaian terbaik sepanjang sejarah Indonesia dalam nominasi  Miss Universe. Pasalnya, selama ini Indonesia hanya tertahan di 15 besar. Beberapa pendahulu Kezia seperti Artika Sari Devi tertahan di babak 15 besar pada tahun 2005 silam. Whulandari Herman juga hanya mampu bertahan hingga 16 besar pada tahun 2013. Elvira Deminavira yang juga berhasil masuk hingga 15 besar pada tahun 2014 juga bernasib sama dengan Anindya Kusuma Puteri yang juga berakhir di 15 besar pada 2015 lalu. Dan sekarang, Kezia berhasil meneruskan perjuangan para pendahulunya dengan masuk ke dalam babak penyisihan 13 besar. Prestasi yang mengagumkan!

Ini bukti bahwa perlahan tapi pasti, perwakilan Indonesia terus maju dan membuktikan kalau mereka mampu

Kezia berhasil melenggang ke babak 13 besar via www.instagram.com

Ini adalah bukti bahwa perlahan tapi pasti, para perwakilan Indonesia dalam ajang Miss Universe semakin unggul dan menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing dalam kancah internasional seperti ajang Miss Universe ini. Mungkin bagi sebagian orang, babak 13 besar ini tidaklah terlalu berarti. Namun bagi mereka yang sedang atau telah merasakan bagaimana memperjuangkan nama Indonesia di mata dunia bukanlah sesuatu yang mudah.

Mereka dituntut untuk cantik luar dalam. Nggak cuma jasmani tapi juga pemikiran mereka. Selain itu, membawa nama Indonesia ke ajang internasional tentu sudah menjadi beban tersendiri. Karena bagaimanapun ini adalah tanggung jawab besar untuk  memperjuangkan dan membuktikan kemampuan Indonesia di mata dunia. Jadi sudah sepantasnya kita memberikan apresiasi kepada Kezia yang tahun ini berhasil menjalankan mandat yang Indonesia berikan dengan hasil luar biasa di ajang Miss Universe 2016.

Dan walaupun belum bisa memboyong mahkota Miss Universe, Kezia berhasil memenangkan penghargaan Miss Phoenix Smile 2016 lho!

Miss Phoenix Smile 2016 via newscentral.ph

Dan meskipun tahun ini Indonesia masih belum berkesempatan memboyong mahkota dan gelar Miss Universe, namun Kezia berhasil mendapatkan penghargaan lainnya . Dari beberapa penghargaan yang juga dipertandingkan dalam perhelatan kontes kecantikan internasional ini, Kezia telah membuktikan bahwa dia benar-benar berjuang dan bersungguh-sungguh mengikuti rangkaian acaranya. Buktinya, salah satu penghargaan dalam ajang ini berhasil disabetnya, yaitu Miss Phoenix Smile 2016. Hmm, sepertinya senyuman Kezia benar-benar mampu membius para penonton nih,  Selamat ya!

BTW, kamu masih ingat MC Miss Universe tahun lalu, Steve Harvey, yang melakukan kesalahan fatal karena salah menyebutkan nama pemenang? Ternyata, tahun ini ia masih dipercaya jadi pembawa acara puncak lho! Untung kali ini Harvey nggak salah baca lagi. Hihi.

Sekali lagi, apresiasi yang sebesar-besarnya memang patut kita anugerahkan kepada Kezia Warouw. Ia telah membuktikan kalau Indonesia mampu selangkah lebih maju dengan masuk ke dalam baba 13 besar. Semoga pada tahun-tahun selanjutnya, Indonesia mampu masuk ke dalam babak yang lebih jauh lagi hingga mampu meneriakkan nama Indonesia sebagai Miss Universe ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya