7 Tipe Orang Indonesia Kalau Lagi Nawar Barang. Skill Dewa Milik Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Kuasai nih

Tipe orang menawar

Tawar menawar merupakan hal yang biasa terjadi saat transaksi jual beli. Sebagai pembeli, biasanya kamu pasti pengin mendapatkan harga yang murah. Terkadang, bahkan ada aja tipe pembeli yang saking penginnya mendapatkan barang murah, sampai menawar keterlaluan. Kebiasaan seperti ini yang membuat penjual sampai geleng-geleng kepala sambil ngelus dada. Pernah ngerasain jualan nggak sih?

Advertisement

Hal seperti ini biasanya lebih sering terjadi di pasar tradisional. Karena pemiliknya langsung yang berperan sebagai penjual. Berbeda kalau kamu berbelanja di mal. Kamu nggak akan menemukan orang menawar barang karena harga yang dipasang udah ditetapkan. Meski ibarat kata pepatah pembeli adalah raja, tapi nggak nawar sampai kebanget gitu juga sih. Yuk, simak tipe-tipe orang Indonesia kalau lagi nawar di bawah ini.

1. Tipe orang paling banyak nih, pura-pura pergi biar dipanggil lagi. Hah, genit banget sih!

Tipe pembeli pura-pura pergi. via www.pexels.com

Tipe orang yang pertama adalah yang pura-pura pergi supaya dipanggil lagi. Biasanya orang ini akan melakukan penawaran harga sekali sesuai dengan keinginannya. Karena penjual nggak mau sepakat, tipe orang ini berlagak nggak tertarik lagi dengan barang tersebut atau jual mahal. Padahal tipe ini pergi, tapi sambil deg-degan berharap bakal dipanggil lagi. Penjual yang kukuh dengan harganya pun bisa jadi nggak peduli. Bahkan ada juga pembeli yang sudah pergi, tetapi nggak dipanggil sampai balik sendiri. Yah, gagal deh~

2. Pembeli yang suka eksplorasi membandingkan harga dengan toko sebelah. Pasti tipe ini juga suka bandingin anak sendiri dengan anak tetangga~ 🙂

Pembeli membandingkan harga. via www.pexels.com

Hampir semua orang kalau dibanding-bandingkan sama orang lain jelas banget bakalan bete. Hal ini juga berlaku buat penjual lo. Meski barang dagangan mereka sama-sama satu blok toko, mereka nggak suka kalau harga mereka dibanding-bandingkan. Apalagi kalau sampai ada kalimat, “Yaelah, Pak. Di toko sebelah lebih murah 10 ribu!” Coba deh, bayangkan gimana perasaanmu kalau jadi penjual? Emosi, kan?!

Advertisement

3. Padahal iseng aja nawar, eh, kok dikasih beneran. Terpaksa deh beli karena nggak enak~

Nggak enakan. via www.pexels.com

Kadang jadi orang yang nggak enakan itu emang susah. Tipe pembeli seperti ini juga ada lo di Indonesia. Biasanya pembeli tipe ini suka banget lihat-lihat barang dan iseng nawar-nawar barang. Tapi, begitu dikasih potongan harga jadi bingung dan berakhir dengan membeli dengan terpaksa karena nggak enak. Hayo, siapa nih?

4. Motonya adalah ‘nggak kenal, maka nggak ada potongan’. Mendadak akrab dengan penjualnya!

Tipe pembeli sok akrab. via www.pexels.com

Kamu pasti sering mendengar kata-kata ‘harga teman’. Teman yang di maksud di sini cukup dengan berbicara akrab dengan penjual. Tipe pembeli ini juga biasanya tiba-tiba berbicara menggunakan bahasa daerah agar terlihat lebih akrab. Dengan begitu, harapannya akan mendapatkan potongan harga. Harus jadi poliglot nih~

5. Udah nawar, dikasih sama penjualnya, eh, tahunya nggak jadi. Nggak usah nawar kalau gitu deh!

Pembeli iseng nawar. via www.pexels.com

Selain ada yang iseng dan berujung terpaksa membeli, ada juga tipe orang yang iseng nawar, tapi nggak jadi beli. Pembeli tipe ini bakalan menyebutkan beberapa alasan pembatalan tersebut. Dari yang bilang sudah punya warna yang sama atau ternyata nggak ada ukuran yang pas. Yang jelas, penjualnya pasti kesel banget deh.

Advertisement

6. Si pembeli yang kalau nawar tanpa ampun. Jangan kebangetan deh!

Pembeli nawar. via www.pexels.com

Menawar dengan harga yang paling minim adalah ciri-ciri dari tipe pembeli yang satu ini. Nggak heran kalau banyak penjual bakalan kaget. Biasanya tipe pembeli ini bakalan beralasan kalau tahu harga pembuatan barang tersebut. Terus penjualnya dapat untung dari mana dong?

7. Orang yang nggak bisa nawar sama sekali. Udah beli aja langsung, kasihan penjualnya~

Tipe pembeli nggak bisa nawar. via www.pexels.com

Dari sekian banyak jenis pembeli, jenis pembeli yang satu ini merupakan idola semua penjual. Nggak banyak tanya dan langsung melakukan transaksi, membuat penjual tersenyum bahagia. Tipe yang satu ini biasanya orangnya nggak tegaan banget. Atau bisa jadi dia juga pernah ngerasain jualan kali, ya?

Nah, itulah 7 tipe pembeli kalau lagi melakukan tawar menawar barang. Bisa di pasar tradisional bahan makanan dan juga di pusat oleh-oleh. Memang sih sebagai pembeli kita bakalan lebih suka kalau mendapat harga yang murah. Tapi jangan kebangetan juga, ya. Hayo, kamu termasuk pembeli yang mana nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE