Menebak Tipikal Orang dari Lomba yang Diikuti Saat Momen Agustusan. Kocak Juga Ternyata!

Tipikal orang Agustusan

Masyarakat Indonesia memiliki kegiatan setiap bulan Agustus berupa perlombaan unik. Budaya yang satu ini dilakukan guna merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Uniknya lagi, rupanya kita bisa menebak tipikal orang dari perlombaan yang diikutinya lo. Nggak percaya? Coba dicermati sekali lagi deh, setiap jenis perlombaan yang diadakan oleh para panitia Agustusan, biasanya akan diikuti pula oleh orang-orang yang punya tipikal berbeda. Baik anak-anak hingga orang dewasa, semua punya keunikannya sendiri-sendiri.

Advertisement

Misalnya, jenis perlombaan yang penuh dengan keseruan receh biasanya kerap diikuti oleh para bocil hingga remaja. Sedangkan, jenis lomba yang punya tantangan lebih biasanya diikuti oleh orang-orang dewasa. Intinya, setiap perlombaan bakalan diikuti oleh berbagai macam tipikal orang yang nggak akan sama. Nah, coba kita tebak tipikal para pesertanya, yuk!

1. Kita mulai dari lomba yang paling ikonik, yaitu panjat pinang. Lomba satu ini paling sering diikuti geng bapak-bapak

Tipikal peserta lomba panjat pinang

Jika diperhatikan lebih lanjut, jenis perlombaan yang satu ini memang jarang atau mungkin malah hampir nggak pernah diikuti oleh anak-anak. Biasanya, para pesertanya datang dari orang-orang dewasa, pemuda, hingga kaum bapak-bapak. Dari sini aja sebenarnya kita udah bisa melihat keunikan mereka sih. Lomba panjat pinang paling sering diikuti oleh para pemuda atau bapak-bapak yang punya geng sendiri-sendiri. Mereka sering ditemukan nongkrong bareng di pos ronda sampai dicari sama istrinya karena udah pagi tapi belum pulang. Fix, intinya yang ikut ini paling sering adalah para laki-laki bandel!

2. Selanjutnya, lomba cerdas cermat dan juga karnaval yang pesertanya paling banyak berasal dari kaum bocil hingga remaja

Tipikal peserta cerdas cermat dan karnaval

Lomba Agustusan itu nggak cuma cepet-cepetan makan kerupuk yang digantung, memasukkan pensil dalam botol, atau mungkin pindah kelereng. Cerdas cermat adalah salah satu yang lumayan sering diadakan saat momen Agustusan. Pesertanya pun biasanya juga berasal dari bocil-bocil yang disuruh sama orang tuanya buat ikut biar kelihatan lebih pintar dari anak tetangganya. Pada perlombaan ini sering ditemukan raut muka bocah yang terpaksa untuk ikut. Begitu pula dengan karnaval, meski kelihatan seru, nggak jarang juga banyak yang dipaksa sama emaknya untuk totalitas dalam merias diri. Tapi, biasanya bocah-bocah tersebut juga memang anak pintar-pintar dan kreatif sih.

Advertisement

3. Ada juga lomba memasak dan merangkai bunga. Pesertanya berasal dari kaum ibu-ibu yang kalau belanja sayuran di depan rumah ngobrolnya bisa sampai 2 jam lebih

Tipikal peserta lomba memasak

Jenis perlombaan yang satu ini juga nggak kalah ngetren di kalangan masyarakat Indonesia. Peserta lomba memasak dan merangkai bunga saat momen Agustusan jarang diikuti oleh orang-orang selain dari geng ibu-ibu. Meski terkadang ada pula para cowok yang mengikuti dua jenis lomba ini, tapi jumlahnya nggak sebanding. Mereka yang ikut pun biasanya bukan tipikal ibu-ibu pendiam dan rumahan. Beda jauh dengan itu, pokoknya yang kalau belanja sayuran di tukang sayur keliling ngobrolnya bisa sampai berjam-jam. Kalau nggak percaya, coba perhatikan saat mereka bertanding bersama. Dijamin hebohnya ngalah-ngalahin pasar malam!

4. Nggak kalah seru dengan lomba lainnya, kali ini ada lomba pecah air dan gebuk bantal. Pesertanya adalah bocah-bocah yang isengnya minta ampun!

Tipikal peserta lomba gebuk bantal

Dari sekian banyak perlombaan saat momen Agustusan, bisa dibilang bahwa dua jenis lomba ini merupakan jenis lomba yang paling seru. Walaupun pesertanya beragam dari berbagai kalangan umur, tapi nggak dimungkiri jika paling banyak diikuti oleh bocil-bocil dan remaja. Bukan sembarang bocah, para bocil yang ikut dua jenis perlombaan ini biasanya adalah bocah-bocah bandel yang isengnya nggak ketulungan. Dijamin, mereka ikut lomba ini bukan karena ngejar hadiahnya, tapi biar bisa ngisengin teman lain sambil membalaskan dendam secara nggak langsung. Hmmmm~

5. Terakhir, lomba makan pisang dengan mata tertutup dan juga makan kerupuk yang digantung. Udah ketebak kan, gimana tipikal para peserta lomba ini?

Advertisement

Tipikal peserta lomba makan kerupuk

Namanya juga lomba makan, udah pasti jenis lomba ini didominasi oleh peserta yang memang doyan makan. Nggak heran jika nanti orang-orang yang keluar sebagai juara pun adalah orang-orang yang nggak perlu diragukan lagi urusan makannya. Perhatikan baik-baik, bocah-bocah yang berbadan gempal dan gendut, meski pergerakannya nggak lincah, biasanya mereka malah jadi juaranya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis-jenis perlombaan saat momen Agustusan yang pesertanya juga punya berbagai macam tipikal. Tapi, dari sekian banyak perlombaan yang biasa diselenggarakan, memang sederet jenis lomba di atas tadi menjadi yang paling sering ditemukan dari tahun ke tahun sih.

TAG

Agustusan, kemerdekaan, rakyat indonesia, bocil, bapak-bapak

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE