4 Alasan Logis Kenapa Ruang UKS Sekolah Kesannya Selalu Horor. Auto Sembuh Sebelum Masuk Sini~

UKS horor

Setiap sekolah punya cerita horor yang selalu dikenang oleh murid. Cerita yang menyebar dari mulut ke mulut hingga akhirnya jadi legenda. Sebut saja kelas bekas kuburan, hantu noni Belanda penunggu perpustakaan, setan murid gantung diri, dan lain sebagainya.

Advertisement

Dari semua tempat di sekolah, ruangan UKS yang sering dianggap sebagai tempat paling angker. UKS yang diperuntukkan sebagai ruang beristirahat bagi murid yang sakit justru malah ditakuti karena cerita-cerita mistis itu. Dilematis banget, kan? Nah, maka dari itu, Hipwee Hiburan kali ini akan mengajakmu berpikir logis tentang alasan di balik ruang UKS yang kesannya selalu horor.

1. Ruang UKS yang angker ini nggak bisa dilepaskan dari letaknya yang terpencil (biasanya di pojokan) dan jauh dari keramaian

Di pojokan. via jambiekspres.co.id

Ruang UKS biasanya terletak terpencil dan (biasanya) di pojokan yang jauh dari keramaian. Kondisi itu menciptakan efek tenang bagi siapa saja yang berada di sana. Ada yang bisa langsung beristirahat karena keheningan yang tercipta, ada pula yang malah bengong. Orang sakit, bengong, inilah kondisi rentan~ 🙂

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga diri, yaitu dengan minta ditemani. Jangan biarkan orang sakit sendirian istirahat di UKS. Apalagi yang punya riwayat gampang kemasukan. Bahaya.

Advertisement

2. Unsur bebauan juga memengaruhi kesan mistis ruang UKS. Bau obat bikin suasana seperti sedang di rumah sakit

Lihat ruangan ini aja langsung kebayang bau obat. via www.sman18surabaya.sch.id

Bau obat selalu jadi momok banyak orang. Sekalinya cium bau obat, bawaannya jadi ingat rumah sakit. Sialnya, karena keseringan nonton film horor kesan kita saat ingat rumah sakit adalah kamar mayat. Bau obat yang seharusnya netral jadi punya sifat mistis. Barangkali di UKS juga begitu. Karena bau P3k, kesan berada di ruangan itu jadi horor. Inilah alasan mengapa kontrol pikiran di ruang UKS itu penting banget. Harus positif!

3. Konon hantu suka berada di tempat yang jarang dijamah orang, ruang UKS banget nggak sih? Ramainya kalau pada bolos pura-pura sakit doang

Ramainya kalau ada yang bolos doang. via www.smpn5bogor.sch.id

Fungsi ruang UKS adalah sebagai ruang jaga-jaga kalau ada orang sakit. Ketika nggak ada yang sakit, ruang itu kosong nggak ditempati. Banyak orang percaya kalau kondisi ruang seperti inilah yang disukai para hantu. Apalagi kalau penjaga sekolahnya jarang bersihin ruangan ini, kotor, dan lembap, selamat datang hantu~

Makanya seharusnya guru berterima kasih kepada murid-murid yang suka bolos ke Ruang UKS. Meski mereka pura-pura sakit, setidaknya mereka ada gunanya untuk membuat hantu nggak betah. 😀

Advertisement

4. Mesti kita akui bahwa beberapa sekolah masih menyepelekan fungsi ruang UKS. Makanya kadang ada ruang UKS yang desainnya kurang layak huni

Kayak kosan baru huni, kosongan doang. via www.sman18surabaya.sch.id

Meski jarang digunakan, ruang UKS memiliki fungsi yang nggak kalah penting bagi ruang kelas. Ruang inilah yang jadi tempat menampung murid sakit. Sayangnya masih banyak sekolah di Indonesia yang terkesan menyepelekan peran ruang UKS. Ruang UKS diambil dari ruangan yang nggak terpakai, misalnya di sebelah gudang. Kesan jadi kayak diada-adain.

Mirisnya di Indonesia ini masih banyak sekolah di nggak sehat secara finansial, terutama di daerah-daerah. Jangankan ruang UKS, bangunan kelasnya aja kadang nggak layak; sirkulasi udara jelek, berdebu, minim cahaya.. horor banget. Hmm, ironi negeri yang katanya sudah merdeka ini.

Ruang UKS menyimpan kenangan sendiri bagi kita semua. Percaya atau nggak dengan hantu, nyatanya banyak kasus kesurupan yang terjadi di ruang UKS. Ngomongin horor, ngomongin kesan yang kita rasakan saat berada di dalamnya. Jadi masalah ini sangat berkaitan langsung dengan tata letak dan desain ruang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

CLOSE