Janji itu punya kenikmatan tersendiri saat terpenuhi, tapi jadi sesal saat gagal. Sementara dalam urusan percintaan, hal-hal kecil berbau janji sering jadi masalah yang menggoyahkan hubungan. Dan entah kenapa cowok yang dianggap lebih sering jadi pihak yang lupa dengan janjinya itu. Membuat ceweknya kecewa, merasa dikhianati, sampai akhirnya jatuh pada kemarahan atau kesedihan. Kalau cowokmu selalu saja berbuat hal seperti ini, sudah pasti kamu lelah dan rasanya ingin menumpahkan semua uneg-uneg.

Tapi sebelum itu terjadi, cowok sendiri patutnya sadar, sekecil-kecilnya janji harus ditepati, sesederhana apapun itu. Pemenuhan janji memang harus diperjuangkan oleh para cowok mau sesibuk apapun dirinya. Tapi dasar cowok kadang terlalu cuek, secakap-cakapnya dia menghindari kemarahan cewek karena janji yang tak terpenuhi, pasti ada saja alasannya. Cewek boleh curiga, mungkin beberapa alasan ini yang bikin cowok gagal fokus dalam menepati janjinya.

1. Kadang ada hal lain yang menyita perhatiannya lebih banyak, sampai membuatnya lupa dengan janjinya

Kebutuhan dan kepentingan mendadak pasti bisa diselesaikan tanpa harus ingkar janji via unsplash.com

Advertisement

Kalau dipikir dengan nalar dan cukup masuk akal, memang ada saja kebutuhan atau kepentingan yang tak disangka datang terkait dengan hubungan. Kalau sudah begini, kadang cowok sering kehilangan fokusnya dalam menepati janji. Tapi, kalau memang sudah dipersiapkan pasti bisa dipenuhi terlepas adanya kebutuhan spontan itu. Jangan banyak alasan, kalau tulus dan berusaha nggak mungkin terlupa begitu saja.

2. Cowok pun ingin ceweknya belajar sabar dan menghargai usahanya, saat janji itu tak bisa ditepati sesuai ekspektasi

“kamu yakin sudah berusaha?” via unsplash.com

Cowok berpikir bahwa perjuangan itu lebih penting, dengan alibi semacam ini kadang saat janji nggak terpenuhi dia bilang “aku udah berusaha”. Banyak hal yang mungkin dilakukan seorang cowok untuk memenuhi janji, apa iya cewek perlu tahu segala perjuangan cowok. Baiknya cowok jangan berlindung dari nama baik sebuah perjuangan dan usaha, karena janji dan perjuangan itu satu hal yang nggak bisa dipisahkan, cowok harus tetap memenuhi janji. Bilang saja lupa!

3. Kadang demi membuat tenang pasangan, cowok pun mengabil jalan pintas dengan memberi janji, meski belum tentu bisa ditepati

Senang bikin janji doang via unsplash.com

Kebahagiaan cowok kadang sesederhana, asalkan ceweknya tenang, santai dan bisa tersenyum sudah cukup. Tapi dari sana pula berawal malapetaka, karena demi membuat cewek baik-baik saja, segala janji diumbar-umbar. Sebab cowok seringkali tak melakukan janjinya dengan serius, bahkan kadang terlupakan begitu saja. Dengan kata lain, janjinya ini ibarat jalan pitas, biar nggak repot merayu ini itu, mengingat cewek kalau sudah ngambek itu ditakhlukannya sulit setengah mati.

4. Bukan menggampangkan, tapi cowokmu kadang pasrah saat usahanya menepati janji tak maksimal atau gagal, dan berkilah “belum rezeki….”

Makanya cari jalan rezeki yang banyak lagi via unsplash.com

Advertisement

Ada saja alasan cowok, dari alasan kesibukkan sampai bawa-bawa takdir demi menghindari omelan darimu. Dia yang lupa dan nggak bisa memenuhi janji akan marah jika ditagih, dengan bijak dan bangga dia berkata “mungkin belum rejekinya, belum takdirnya”. Kamu cuma bisa kesal, ingin berkata kasar tapi percuma juga karena semua sudah terlanjur pahit. Omong kosong!

5. Keasyikan kumpul bersama teman pun sering membuat cowok lupa dengan janji yang sudah disepakati

Keseringan main, jadi lupa sama janji via unsplash.com

Nggak habis pikir, pertemanan dan semua hal yang memberi kebahagian secara personal sering kali melumpuhkan perhatiannya untuk memenuhi janji. Teman dan sahabatnya yang memang asyik sering kali bikin dia lupa dirimu, termasuk janji-janjinya. Apa iya perlu diingatkan berulang kali? Percuma.

6. Karena cowok seringkali menggampangkan sesuatu dan merasa kalau ceweknya pasti akan memaklumi, jadi janji-janji itu tak diseriusi

Semuanya dipandang sebelah mata, kelewatan! via unsplash.com

Ada juga cowok yang saking parahnya menggampangkan segala sesuatu hal tentangmu, termasuk janji yang terlanjur berakhir pahit. Kamu jangan pernah memaklumi jikalau janji berulang kali tak terpenuhi, dia malah jadi terbiasa dan sakitmu akan berulang juga. Baiknya kamu ungkapkan segala penyesalanmu, kemarahanmu itu tak ada salahnya, ungkapkan dan biarkan dia sadar bahwa dia sudah kelewatan.

Ada baiknya janji yang dibangun bersama pasangan dijiwai dengan sepenuh hati dan tenaga. Sekali menyepelekkan dan malah dimaklumi bukan nggak mungkin bahkan sebuah komitmen akan hancur begitu saja. Janji dan komitmen memang tak jauh berbeda, tapi kedua-duanya sama-sama menuntut perjuangan kalian. Jika satu sama lain nggak kompak, jangan harap ada janji manis yang terpenuhi dengan penuh kasih. Semoga kamu dan pasangan diberkahi sesuatu yang membahagiakan perihal janji-janji manis nan lucu itu deh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya