Memiliki hubungan yang langgeng hingga pelaminan adalah impian setiap pasangan. Namun kenyataannya menjaga hubungan agar terus berdampingan nggak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu adanya usaha dari masing-masing untuk tetap mengutuhkan cinta seperti di awal jadian.

Sayangnya semakin lama hubungan terjalin, godaan atau masalah yang datang semakin pelik. Bahkan terkadang bukan dari luar hubungan, melainkan datang dari dalam pasangan. Yap, ada suatu masa di mana tabiat cowokmu berubah. Gelagat cowokmu dalam menyikapi hubungan nggak secair dan sehangat dulu. Pada fase ini kamu mesti hati-hati kalau kamu nggak ingin nyesek sendirian pada akhirnya.

1. Mula-mula chatmu yang biasanya gercep dibalas, pelan-pelan mulai melambat dan bahkan kadang nggak dibalas sama sekali olehnya

Udah mulai jarang balas chat via www.unsplash.com

Advertisement

Gelagat utama yang mesti kamu waspadai sejak dini adalah perubahan kebiasaannya dalam membalas chat darimu. Dulu ia selalu tangkas membalas setiap pesan yang kamu kirim, namun kian hari terjadi perubahan padanya. Sekarang ia nggak lagi cepat dalam menanggapi kabar darimu, bahkan terkadang pesan itu nggak dibalas sama sekali oleh cowokmu. Saat itu terjadi kamu patut mempertanyakannya, apa yang sebenarnya terjadi padanya.

2. Ia sudah mulai jarang mengajakmu jalan. Bahkan ketika kamu ajak jalan pun dirinya banyak beralasan

Jarang ngajak jalan via www.unsplash.com

Okay, kalau chat mungkin kamu bisa memaklumi cowokmu sebab boleh jadi ia sedang nggak ada paketan atau gawainya sedang bermasalah. Namun ketika ia sudah jarang mengajakmu jalan maka kamu mesti khawatir. Terlebih saat ia selalu menolak inisiatifmu untuk mengajaknya jalan tanpa alasan yang masuk akal. Di fase itu kamu mestinya mencari tahu apa penyebabnya, jangan hanya dibiarkan begitu saja.

3. Ia lupa mengenai hal-hal penting dalam hubungan, mulai dari tanggal lahirmu, tanggal jadian, tempat berkesan kalian bahkan kebiasaan pasangan

Lupa hal-hal penting via www.pexels.com

Gelagat lain yang patut kamu waspadai adalah perubahan sikap pada cowokmu. Salah satunya saat ia mulai lupa hal-hal penting terkait hubungan kalian. Sebut saja tanggal jadian, hari ulang tahunmu, makanan favoritmu, dan lain sebagainya. Entah hanya sekadar cuek atau memang benar-benar lupa, keduanya tetap sama saja perlu kamu perhatikan sebab barangkali ini merupakan perubahan yang disebabkan perasaannya yang sudah nggak seperti dulu lagi.

4. Saat jalan denganmu ia lebih banyak diam dan saat ditanya kenapa nggak memberkan jawaban yang jelas, seringnya cuma ‘nggak apa-apa’

Diam saja via www.unsplash.com

Advertisement

Gelagat lain indikasi cinta cowokmu mulai luntur adalah ketika ia nggak lagi terbuka saat sedang bersamamu. Mungkin ia masih meladenimu bertukar kabar, juga masih mau diajak jalan, tapi ketika ia sikapnya berubah kepadamu; dari yang periang menjadi pendiam. Perubahan gelagat ini patut dicurigai, barangkali ia sedang ada masalah. Maka sudah sepatutnya kamu menanyakan semuanya ‘ada masalah apa?’. Kamu harus tahu penyebabnya, salah-salah nanti justru kamulah yang jadi alasannya nggak nyaman saat sedang bersama.

5. Saat ia berbuat salah dan kamu menegurnya, bukannya berterima kasih tapi justru balik marah kepadamu

Mudah marah via www.pexels.com

Di awal hubungan mungkin setiap pasangan kerap berterima kasih kepada satu sama lain apabila diingatkan sesuatu yang salah. Namun semakin lama hubungan terjalin biasanya ego seseorang semakin tinggi, ada perubahan sikap dari yang tadinya berterima kasih beralih sensi. Nah apabila hal ini terjadi pada cowokmu, kamu mesti berbuat sesuatu. Jangan sampai ia berbuat semaunya.

6. Keberadaanmu di sisinya seperti nggak membuatnya bahagia, sementara kamu rasanya selalu serba salah

Buat apa? via www.pexels.com

Perubahan gelagat yang terlihat dari cowokmu pasti membuatmu resah dan nggak nyaman. Untuk menyelamatkan hubunganmu kamu mesti bersikap tegas, mengajaknya bicara terkait perubahan darinya. Kalau memang beneran dia telah berubah dan nggak mencintaimu lagi, maka buat apa hubunganmu dipertahankan lagi. Ia nggak bahagia, kamu pun sesak dibuatnya. Bukankah lebih baik disudahi saja?!

Itulah beberapa gelagat cowok saat cintanya mulai luntur. Perubahan gelagat ini sudah sepatutnya kamu kenali sejak dini agar bisa menyiasatinya untuk mencegah hal yang lebih buruk terjadi. Tapi kalau segala usaha sudah kamu lakukan namun tetap nggak berhasil, mungkin memang dia bukan jodoh yang dikirimkan Tuhan untukmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya