Kebanyakan dari kamu pasti setuju, jika hubungan jarak jauh butuh usaha ekstra untuk mempertahankan serta membawanya terus maju ke depan. Sehari-hari saja urusan berkomunikasi harus lebih rutin, paling tidak kalian tak lupa membagi cerita soal keseharian. Belum lagi saat salah paham atau rindu sedang tak tertahankan, kalian tak bisa menyegerakan pertemuan.

Jangankan dadakan, pertemuan yang kadang sudah direncanakan saja bisa gagal total dan memaksamu bersabar lagi. Tapi kalau diingat-ingat, sebenarnya apa saja sih yang sering jadi penghalang kalian untuk berjumpa? Apa iya beberapa penyebab yang Hipwee uraikan di sini salah satu yang pernah kalian alami.

Kalian memang punya rencana untuk bertemu, tapi kalau Tuhan belum menghendaki ya akhirnya harus tunggu dulu.

1. Siapa yang bilang cinta nggak butuh modal uang? buat pejuang LDR nggak ada uang artinya ya nggak bisa ketemuan. Hiks 🙁

tabungannya belum cukup buat nyamperin dia via Woman-counting-coins-from-jar

Cinta dan uang seringnya jadi hal yang bertolak belakang. Tapi kamu tak bisa memungkiri kalau hubungan kalian butuh keduanya. Hubungan bermodal cinta, kelak akan kalian bawa pakai apa untuk menghalalkannya? Bagaimana juga dengan kamu yang satu kota, yang setiap kali bertemu atau jalan bareng tetap, bukannya harus dibayar dengan uang?

Advertisement

Terlebih untuk kamu yang menjalani hubungan jarak jauh. Pulsa untuk chatting atau telepon setiap harinya saja tak ada yang gratis. Apalagi demi sebuah pertemuan? Tiket perjalanan yang harus dibayar pastinya cukup banyak. Mengingat sekarang ini tak ada sesuatu yang murah. Jadi halangan yang sering sekali kamu rasa, ya udah pasti persoalan uang dan uang.

Bagaimana bisa bertemu, kalau uang untuk beli tiket saja belum terkumpul? 

2. Kesibukan kamu atau dia seringnya jadi biang keladi atas kegagalan pertemuan. Mau tak mau rindu pun tertahan

Dia ada kerjaan dadakan dan kamu menagguhkan rindu lagi via www.logancoleblog.com

Sedari awal kamu dan dia tahu, kalian di kota masing-masing saling sibuk dengan kegiatan serta tanggung jawab. Nggak heran kalau kadang berbagi kabar atau ngobrol tiap harinya saja hanya di jam-jam tertentu. Wajar juga kalau kesibukan akhirnya jadi salah satu penghalang kamu dan dia bertemu. Entah dia yang tiba-tiba ada pekerjaan tambahan. Atau entah kamu yang justru sibuk dan akhirnya membatalkan liburan ke kotanya.

Di saat-saat gagal jumpa seperti ini, jarak rasanya benar-benar jadi wadah untuk rindu tumbuh merayap dengan cepat. Dan kalian berjuang sekali menahan dorongan rindu agar tak jatuh lantas resah.

3. Nggak ada yang bikin sedih, saat semangat pertemuan terpasaksa surut karena kondisi tubuhnya yang tak bersahabat

tiba-tiba sakit via www.chobirdokan.com

Detik-detik pertemuan akan selalu jadi momen mendebarkan sekaligus membahagiakan. Kamu atau dia saling membayangkan bagaimana rupa pasangan kalian selama beberapa bulan tak jumpa? Obrolan apa juga yang akan kalian perbincangkan? Atau hal seru apa yang akan kalian lakukan untuk menikmati kebersamaan?

Tapi sayangnya, harapan harus kembali ditunda untuk diwujudkan. Dia yang kamu harapkan pulang ke kampung halamannya ternyata jatuh sakit. Kamu memintanya untuk membantalkan kepulangan meski tiket sudah di tangan. Sebab rasa sayangmu masih jauh lebih besar dari rindu yang dipunya.

4. Punya uang, ada waktu luang, tapi semesta tak mendukung dengan situasi dan kondisi cuaca yang baik untuk pulang

Badai pasti berlalu, tapi entah kapannya via id.pinterest.com

Cobaan memang akan selalu ada dan datangnya tak terduga pula. Seperti saat kalian sudah sama-sama punya waktu luang, modal untuk membeli tiket pulang pun tak kurang-kurang. Tapi sayang ternyata semesta tak mengamini alias mendukung kamu dan dia untuk berjumpa. Situasi dan kondisi cuaca buruk membuat dia menunda kepulangannya. Kalian menungu lagi beberapa waktu sampai semuanya benar-benar memungkinkan.

Cobaan pejuang LDR memang lebih beragam daripada kalian yang satu kota.

5. Rindu sih, tapi kadang malas gerak juga jadi penghalang yang nggak jarang bikin pasangan bete sendiri

Nggak jadi pulang dan bertemu, karena dia mager via www.logancoleblog.com

Nggak ada yang lebih menyebalkan untuk kamu, di mana saat sedang rindu-rindunya dan sudah berharap bisa bertemu, tapi ternyata dia memilih untuk tak pulang. Alasannya pun bukan karena dia tak cukup punya uang, ada kerjaan dadakan, atau cuaca yang kurang bersahabat. Melainkan dirinya sendiri yang enggan untuk pulang, karena rasa malas ingin berpergian dan memilih istirahat saja.

Nggak heran juga penghalang pertemuan yang seperti ini yang seringnya buat perasaan kamu campur aduk. Antara sedih, kesal, tapi di sisi lain pun mencoba untuk pengertian. Lagi-lagi rind mengharuskan kamu atau dia lebih bersabar lagi.

6. Kesalahpahaman yang tiba-tiba pun bikin salah satu dari kalian mengurungkan niat berjumpa, meski rindu tak tertahan

Berantem dan gagal ketemuan, cobaan via www.logancoleblog.com

Sudah beli tiket pulang, sudah mulai mengepak beberapa barang yang akan dibawa, sebab tanggal pun sudah menunjukkan H-3 keberangkatan. Tapi siapa yang kira kalau ternyata kesalahpahaman muncul dan akhirnya mengacaukan rencana kamu untuk pergi ke kotanya. Entah bermula karena apa, tapi yang pasti pertengakaran kalian kali ini membuatmu mengurungkan niat untuk berjumpa. Kamu memilih untuk menenangkan diri sendiri dulu. Rindu sih, tapi mau bagiamana lagi kalau hatimu sedang tak bisa berdamai dengan kekesalan ini.

Lika-liku perjuangan kamu yang menjalani hubungan jarak jauh ini sungguh tak ada habisnya. Dibilang agak sedikit drama pun, ya tak masalah juga. Sebab memang kalian berbeda dengan mereka yang satu kota, yang kalau ingin bertemu ya tinggal bertemu saja. Tak dipusingkan dengan tiket pulang, kerjaan atau kegiatan dadakan, bahkan cuaca yang kini tak menentu.

Tapi sebenarnya kamu tetap yakin, hubungan kalian lebih kuat daripada semua cobaan yang datang. Kalau tak bisa bertemu sekarang, toh masih ada lain waktu untuk bisa saling menuntaskan rindu. Jadi ya santai aja lagi….