Apa kamu pernah masih teringat mantan saat sudah menjalin hubungan dengan orang lain? Kalau pun pernah, nyatanya kamu tak sendirian, karena pasti ada orang lain yang mengalami hal yang sama. Ya, move on bukan lah perkara mudah, tapi bukan juga masalah rumit yang sukar diselesaikan.

Mengingat mantan ketika kamu sudah memiliki kekasih baru rasanya tidak mengenakan. Seperti ada rasa bersalah dalam hati karena seakan mengkhianati cinta kekasihmu yang baru ini. Meskipun sudah ditahan-tahan namun ingatan itu terus muncul seperti mimpi buruk yang tidak pernah usai. Tapi jangan khawatir, tiap masalah pasti ada penyelesaiannya. Begitu pula ingatan mantan yang masih kerap terkenang dalam ingatan ini. Agar hubunganmu dengan yang terkasih nyaman ke depannya, ada baiknya kamu menyimak ulasan yang satu ini

1. Jauhkan ingatan manis tentang kebersamaan dengan mantan di masa lalu

Jangan mengingat-ingat yang indah via unsplash.com

Advertisement

Kita sama-sama tahu, bahwa melupakan dia yang pernah ada di masa lalu memang sulit. Terlebih untuk dia yang meninggalkanmu ketika kamu sedang sayang-sayangnya. Namun cara terbaik agar tidak terus terkenang dengan sosok mantan, jelas dengan tidak mengingat-ingat kenangan indah mengenai hubunganmu dengannya dulu. Entah itu perlakuan romantisnya, kata-kata puitis atau pengorbanan. Karena dengan mengingat itu, rasa cinta yang telah kamu leburkan dulu perlahan akan terkumpul kembali. Dan jangan sampai perasaan itu utuh lagi.

2. Ganti kenangan manis itu dengan mengenang hal meyakitkan yang pernah kamu alami bersamanya

Ingat-ingat kenangan buruk bersamanya ketika kamu teringat mantanmu via unsplash.com

Nah sebagai ganti atas kenangan indah yang mesti dikubur dalam-dalam, kamu sebaiknya mengingat-ingat kenangan buruk ihwal mantanmu. Mulai dari perlakuan kasarnya, kebohongan-kebohongan yang pernah dia lakukan, sampai pengkhiatan yang membuat kamu memutuskan untuk tidak bersamanya kembali.

Yang mesti dipahami di sini ialah tindakan ini bukan bermaksud untuk membuatmu sedih melinkan sebagai pengingat bahwa kamu pernah disakiti olehnya. Dan kalau pun merasa sedih, toh kamu juga telah memiliki penggantinya, yang lebih baik dan lebih mengerti dan menerima kamu apa adanya.

3. Ingat hati kamu pernah patah olehnya dan untuk menyembuhkannya adalah tugas kekasihmu yang baru

Kekasih penyembuh luka via unsplash.com

Advertisement

Untuk kamu yang belum sembuh benar akan luka yang telah dibuat oleh mantanmu. Sejatinya kamu tidak perlu bersedih lagi, karena kamu sudah memiliki kekasih baru yang lebih segalanya dari mantanmu. Saat kamu masih terngiang akan sosok mantan, yang perlu kamu lakukan adalah mengalihkan pikiranmu kepada kekasihmu yang baru. Kalau ia sedang todak berada di sampingmu, hubungi dia. Kalau kesedihannya belum juga mereda, temui kekasihmu agar tdak lagi teringat akan sosok mantanmu.

4. Jangan ragu untuk menceritakan kenangan burukmu di masa lalu kepada kekasihmu yang baru

Ceritakan keluh kesahmu via unsplash.com

Namanya juga ingatan, kerap tegenang kenangan pada waktu atau momen-momen tertentu. Jangan risau, hal itu wajar kok dan bukan kamu saja yang mengalaminya. Setiap insan barangkali juga mengalaminya. Ya, terkadang memang ada waktu dimana ingatan buruk muncul sepaket dengan air mata kesedihan. Dan ketika kamu sudah tidak bisa menghadapinya sendiri, ada baiknya kamu menceritakannya kepada orang-orang terdekatmu. Yang paling baik adalah kepada kekasihmu sendiri. Ia yang mengerti kamu tentu dapat memahami bahwa kamu butuh teman yang bisa mendengarkan dan memberi saran terbaik untukmu.

5. Buat keseruan baru dengan kekasihmu yang baru agar momen indah di masa lalu tergantikan

Buat momen-momen indah bersamanya via unsplash.com

Salah satu obat yang mujarab mengatasi kenangan akan sosok mantan yang masih gentayangan dalam ingatan adalah buat momen indah baru bersama kekasih. Habiskan banyak waktu dengan yang terkasih, cari keseruan bersama, lakukan kegilaan-kegilaan yang milik berdua, jalin koneksi yang membuat satu sama lain terikat. Kalau kamu sudah menemukan ritme yang asik bersama kekasihmu yang baru, niscaya ingatan akan mantanmu akan sirna.

6. Maafkan mantanmu, berdamailah dengan masa lalu, dan jadikan pelajaran

Berdamai dengan masa lalu via unsplash.com

Sejatinya, mantan tidak bisa sepenuhnya dihilangkan atau dilupakan dari ingatan. Siasat yang paling ampuh kamu lakukan adalah dengan memaafkan masa lalumu, memaafkan kesalahan yang dibuat oleh mantanmu, berdamai dengannya. Jadikan setiap kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu sebagai pelajaran yang bisa kamu terapkan di masa sekarang dan mendatang bersama kekasihmu yang baru.

Itulah tadi beberapa cara ampuh yang bisa kamu coba untuk meredakan ingatan masa lalumu yang acapkali masih menghantui. Sejatinya kenangan tidak bisa terhapuskan, hanya bisa diredakan dengan berdamai pada diri sendiri dan yang bersangkutan (red: mantan).

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya