Menangis itu manusiawi, terlebih cewek perasaannya dikenal lebih sensitif. Sementara dalam hubungan, cewek kadang menggunakan tangisan untuk mengukur perhatian dan rasa cinta cowoknya. Cowok pun sepantasnya mengerti, bahwa cewek menangis bukan sekadar hobi. Melainkan imbas dari perilaku cowoknya yang menyakitkan atau kurang menyenangkan.

Setidaknya dengan mengerti penyebabnya, cowok tahu apa yang harus dilakukan. Karena gestur seperti membelai kepala, mengusap pipi atau memegang tangannya kadang tak cukup ampuh menenangkan hati yang sedang karut-marut. Perlu sikap yang lebih dewasa dan mengayomi, sebab cewek memang punya harapan kalau cowoknya bisa jadi teman, sahabat, bahkan kakak bagi dirinya. Lalu sikap itu apa saja, yang merasa cowok dan peduli dengan pasangannya, wajib baca uraian ini dengan seksama.

1. Nggak cukup cuma kasih tisu, tanyakan penyebab dari sedihnya dan bantu dia pecahkan masalah

Bantu dia via unsplash.com

Advertisement

Kalau selama ini kamu hanya memberi tisu saat dia menangis. Apakah kamu benar pasangan yang baik untuknya? Kamu perlu bersikap lebih dari sekadar memberinya tisu atau pundak sebagai sandaran tangisnya. Kamu perlu bantu dia memecahkan masalah yang membelenggunya, entah dengan memberi solusi atau bertindak langsung.

2. Bukan menggurui tapi memberi sedikit wejangan dengan cara yang lebih santai mungkin saja sedihnya bisa berkurang

Beri dia nasihat biar adem hatinya via unsplash.com

Romantis bukan seperti yang ada di film-film. Sebab sikap romantis tak menjaminan cewekmu berpikir lebih dewasa dan bijaksana. Jadi kamu memang harusnya mengerti, bahwa nasihat jauh lebih baik, daripada tangis-tangisan tanpa konklusi yang jelas.

3. Saat dia menangis karena masalah keluarga atau merasa dijauhi teman. Yakinkan dia kalau kamu ada disampingnya selalu

Meyakinkan dirinya kalau kamu akan ada di sampingnya selalu via unsplash.com

Kepastian selalu dibutuhkan setiap cewek maka saat dia merasa sedih dan menangis yakinkan bahwa setiap masalah pasti berhasil dilewati. Cewek selalu butuh sandaran hati saat merasa sedih, kamu perlu memberikan dia kepercayaan lain, bisikkan kepadanya bahwa kamu akan tetap di sampingnya walau kesedihan membelenggu kekasihmu itu. Dengan ini, kamu telah mengucap janji dan baiknya jangan diingkari.

4. Dia menangis karena kesalahanmu, sudah pasti selain permohonan maaf, kamu pun perlu mengubah sikap lebih baik lagi

Berjanjilah buat jadi cowok yang lebih mengerti hati ceweknya. via unsplash.com

Advertisement

Kalau dia menangis karena imbas dari perilaku burukmu maka nggak cukup kalau sekadar permohonan maaf. Permintaan maafmu jangan jadi solusi, hal itu malah bikin sakit dan kesedihan cewekmu bertambah. Kamu baiknya nyatakan dengan sikap, perbaiki yang rusak dan berjanjilah untuk menjadi lebih baik. Cewek kalau sampai menangis, berarti perilakumu sudah kebangetan.

5. Kesedihannya nggak akan hilang kalau hanya bermodal selembar tisu. Hibur dia dengan hal yang lucu

Gendong dia biar nggak sedih lagiā€¦ mungkin dia kecapean. via unsplash.com

Menghapus air matanya bukan hanya dengan selembar tisu. Ada baiknya lakukan hal yang bisa membahagiaakan dia saat itu. Banyak cewek yang lebih memilih melupakan masalah daripada mencari solusi saat menangis. Kalau tipikal cewekmu nggak jauh beda dengan cewek semacam ini, kamu perlu menghiburnya dengan hal-hal yang membuatnya merasa senang. Berikan hal-hal yang menjadi kesukaannya.

6. Kalau kamu tak bisa memberi solusi terbaik, cukup dengarkan semua curahan hatinya dengan saksama

Tatap matanya biar dia merasa kamu mendengarkannya dengan baik. via unsplash.com

Kalau kamu memang belum beruntung karena nggak bisa kasih solusi pastikan kamu jadi pendengar yang baik. Karena saat menangis cewek cenderung ingin diperhatikan dan didengarkan keluh kesahnya. Kamu perlu memperhatikannya baik-baik, tatap matanya dan pastikan kalau dia percaya bahwa kamu orang yang tepat untuk diajaknya bercerita.

Cewek perlu didengarkan, cowok pun sama tetapi kadang cowok terlalu egois dan malas mendengarkan keluhan cewek. Cewek pun kadang terlalu egois memaksakan curhatannya didengarkan oleh si cowok. Nasihat cowok sudah berulang kali disampaikan tetapi sering kali nggak diacuhkan. Sebaliknya, cowok pun kadang terlalu egois dengan kemalasan dan kesibukannya sendiri sehingga hubungan semakin menyakitkan. Kalau ada hal begini seriusnya sudah pasti ada yang tak beres, baiknya soal tangis menangis satu sama lain harus mendengar dan memberi perhatian. Nggak cukup kalau cuma tisu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya