Pacaran yang serius, dewasa dan sehat harusnya memang bukan soal kamu dan dia saja. Di satu sisi kalian harus mengenal keluarga bahkan lingkungan masing-masing. Mengingat keluarga ataupun lingkungan bagian terpenting yang membentuk pribadi kalian. Tapi sayangnya, saat kamu ingin mencoba mengenal keluarganya, dia sendiri belum juga punya niat membawamu ke rumahnya.

Membuat dia terkesan tak benar-benar serius. Tapi kadang kamu sendiri mencoba berprasangka baik, mungkin dia berpikiran kalau dirimu belum siap untuk bertemu keluarganya. Tapi, alih-alih cemas berlebih, kamu bisa kok menyampaikan keinginanmu untuk berkenalan keluarganya dengan cara yang halus seperti kode-kode yang Hipwee uraikan di bawah ini. Siapa tahu kali ini kodemu berhasil dan dia segera mengenalkanmu ke orangtuanya.

1. Menanyakan beberapa hal tentang orangtuanya, entah hobi, makanan kesuakaan, sifat, atau silsilah keluarganya

Gimana kabarnya mama papa? via www.benjhasch.com

Ayahmu kan orang Bali, berarti suka banget sama yang berbau seni-seni gitu ya?

Di keluarga ayahmu masih pakai sistem kasta gitu nggak?

Saat sedang jalan atau nongkrong berdua dengan dia, kamu bisa menyisipkan kode di obrolan kalian. Kode yang terkesan bagian dari obrolan random kalian, seperti bertanya soal makanan kesukaan ayahmu, hobi ibumu atau silsilah keluarga keduanya. Bukankah dari obrolan ini kamu bisa punya bayangan, kira-kira orangtuanya seperti apa dan bagaimana mendekati mereka.

2. Kamu sengaja bilang dia mirip ibu atau ayahnya, dan penasaran melihat mereka berdampingan

Advertisement

Perhatikan lagi wajah pacar via www.benjhaisch.com

Kayaknya kamu lebih mirip sama ibuk ya?

Iya banyak yang bilang begitu sih. Emang menurut kamu apa yang buat aku lebih mirip ibu?

Hmmm, bentuk matanya, terus sama ekspresi kamu pas lagi senyum. Jadi penasaran deh liat kamu sebelahan sama ibuk.

Padahal aslinya kamu nggak cuma penasaran lihat cowokmu sebelahan dengan ibunya. Tapi kamu inginnya ya kenalan dengan ibu juga ayahnya, sama adik atau kakaknya juga dengan senang hati. Tinggal sekarang kamu berdoa supaya cowokmu cepat paham maksud dari kata “penasaranmu”.

3. Memberikan sesuatu untuk keluarganya. Tak perlu muluk-muluk, seperti satu loyang kue buatan tanganmu

Masakin sesuatu untuk calon mertua~ via www.eater.com

Meskipun belum pernah bertemu, nggak ada salahnya kamu memberikan perhatian ke orangtua pacarmu. Salah satu caranya dengan memberikan sesuatu seperti masakan yang kamu buat khusus untuk mereka. Pastinya makanan yang benar-benar bisa kamu andalkan dari kualitas rasa. Tapi bisa juga makanan yang mereka suka. Toh kalau pun rasanya kurang, siapa tahu ibunya mengundang langsung kamu untuk belajar memasak.

4. Bertanya soal hubungan kalian di mata orangtuanya. Dilihat juga seberapa jauh dia terbuka tentang kamu ke keluarganya

Apa sih pandangan mama papa kamu, Yang? via www.dylanmhowell.com

Kalau momennya pas, kamu bisa menanyakan tentang hubungan kalian di mata orangtuanya. Apa kata orangtuanya tentang anaknya yang telah menjalin hubungan denganmu atau mungkin ada pesan serta harapan dari mereka. Dan beruntung kalau ternyata dia sudah pernah cerita tentang kamu sekalipun cuma ke ibunya. Kalau sudah seperti itu, rasanya tinggal tunggu waktu saja.

5. Sering titip salam buat orangtuanya, sebagai tanda kalau kamu peduli dengan sosok mereka

Titip salam buat mama papa kamu ya~ via www.dylanmhowell.com

Eh, besok mama ulang tahun ya? Salam ya buat mama, semoga sehat dan bahagia selalu.

Biarpun belum pernah bertemu, nggak ada salahnya kalau kamu tetap menunjukkan rasa hormat dan perhatian ke orangtuanya. Salah satunya dengan cara menitipkan salammu kepada dia untuk disampaikan ke ayah atau ibunya. Perkara dia akan menyampaikan atau tidak memang tak bisa ditebak. Tapi kalau benar dia sampaikan, bukankah salammu ini bisa jadi nilai tambah sosokmu di mata orangtuanya.

6. Saat tahu orangtuanya sakit, kamu tak hanya bertanya keadaannya, tapi ikut mendoakan juga

Semoga cepet sembuh ya~ via www.dylanmhowell.com

Jangan cuma bertanya kabar orangtuanya, tapi saat tau ayah atau ibunya sakit kamu pun harus bisa menunjukkan sikap peduli. Tak harus datang menjenguk, karena memang dia saja belum ada inisiatif untuk mengajakmu bertemu keluarganya. Kamu bisa kok mendoakan supaya orangtuanya lekas sembuh. Tinggal kamu lihat reaksi cowokmu seperti apa.

7. Atau kamu bisa berinisiatif dengan memperkenalkan dia ke keluargamu terlebih dulu

Yuk, bapak ibu ingin ketemu kamu via www.dylanmhowell.com

Kalaupun semua cara di atas belum membuat cowokmu terbuka hatinya dan mengenalkanmu ke keluarganya. Kamu bisa berinisiatif lebih dulu dengan mengajaknya berkunjung dan menemui ayah ibumu terlebih dulu. Semoga saja dia bisa berpikir lebih dewasa, kalau kamu saja sudah berani mengajaknya bertemu orangtuamu, masa iya dia belum ada niatan ke sana.

Toh keinginanmu bertemu orang tuanya bukan untuk memburu-buru dia segera menikahkanmu. Kamu murni ingin mengenal keluarganya sebagai upaya mendalami karakter atau pribadimu yang sesungguhnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya