“Bim, lu sama si Nisa masih pacaran?”
“Masih kok. Kenapa, Ji?”
“Nggak papa. Kirain udah bubar. Hehe”
“Kurang ajar, lu!”
“Lha abisnya nggak jelas sih kalian”

Pada dasarnya, menjalin hubungan memang bukan perkara mudah. Akan ada banyak masalah mendera sepanjang perjalanan hubungan kalian. Itu pasti. Kalian tak akan pernah bisa mengelak dari masalah. Alasannya sederhana. Kamu dan pasanganmu adalah dua pribadi yang berbeda. Menyatukan dua pola pikir dalam satu ikatan tak mungkin tanpa prahara dan hambatan. Masalah dalam hubungan akan mendewasakan kalian. Menguatkan hubungan dengan belajar saling memaafkan.

Advertisement

Hanya saja, tak semua hubungan akan berjalan seperti angan. Masalah yang datang kadang memaksamu untuk berpikir ulang. Bertahan atau melepaskan. Dua pilihan penting yang akan menentukan masa depan tak hanya kamu, namun juga pasanganmu. Jika tanda-tanda hilangnya cinta dalam hubungan sudah kalian rasa, bisa jadi hubungan kalian memang sudah tak punya masa depan. Kalau tak ada timbal balik atas usaha yang kamu lakukan, lebih baik lepaskan!

1. Jangan paksakan hubungan yang sudah tak memiliki ketertarikan. Saat dia lebih tertarik pada pesona pihak ketiga, dia tak layak kamu cinta

Sudah tak ada ketertarikan antara kalian

Sudah tak ada ketertarikan antara kalian via %20imgkid.com

Yang menjadi awal pemantik percikan api asmara dalam hubungan kalian jelas rasa ketertarikan satu sama lain yang dulu muncul di antara kalian. Pun demikian dengan yang bakal menjaga api itu agar tak padam adalah rasa ketertarikan yang ada antara kalian. Saat rasa ketertarikannya kepadamu sudah teralih kepada pihak ketiga yang menurutnya lebih menggoda, tak bisa dielakkan lagi bahwa ketertarikan kalian perlahan akan luntur. Kalau pasanganmu mudah tergoda dengan pesona pihak ketiga, dia bukan orang yang tepat untuk kamu perjuangkan.

2. Semua orang tau, kepercayaan pada pasangan itu penting dalam hubungan. Kalau pasanganmu sudah mulai membuat larangan-larangan tak masuk akal, kalian lebih baik bubar

dilarang kerja lembur

dilarang kerja lembur

Rasa saling percaya satu sama lain adalah pondasi dasar kuatnya hubunganmu. Semakin kuat rasa percaya antara kalian, semakin kuat pula dasar hubungan kalian. Ketika dia mulai membuat larangan dan batasan untukmu yang tak masuk akal, itu tandanya dia sudah tak percaya lagi kepadamu. Kehidupan pribadimu akan terganggu. Jangan melakukan ini dan jangan melakukan itu akan selalu keluar dari mulutnya. Kalau dia sudah seperti itu, daripada hidupmu sendiri yang berantakan karena batasan dan larangannya, lebih baik kamu melepaskan dia!

3. Cinta sejati akan menerimamu apa adanya. Dia yang memaksamu untuk berubah demi kepentingannya saja jelas bukan orang yang tepat untuk dipertahankan

57

memaksamu berubah hanya karena keinginannya

Advertisement

Setiap manusia akan berubah pada waktunya. Hidup sendiri juga merupakan proses menuju kedewasaan dimana setiap fasenya pasti akan mengubah sudut pandang kita pada dunia. Hanya saja, perubahan yang dia paksakan padamu adalah perubahan menjadi pribadi yang nurut sama dia. Urusan perubahan itu mengganggumu dan membuatmu rugi, dia tak peduli. Kalau memang semakin kesini dia semakin banyak menuntutmu untuk berubah sesuai keinginannya dia saja, itu tandanya hubungan kalian sudah tak lagi punya nyawa. Daripada memaksa bertahan, lebih baik putuskan saja.

4. Apapun masalahnya dan siapapun yang memulai, harus kamu yang minta maaf dulu. Kalau sudah seperti itu, yakin kalau dia layak mendapat cintamu?

aku nggak mau minta maaf via unsplash.com

Ketika berbicara soal hubungan, sudah pasti masalah akan datang. Dengan membicarakannya baik-baik dan berani mengucap maaf ketika memang salah, masalah pasti akan bisa terselesaikan. Hanya saja jika pasanganmu melakukan kesalahan namun tak mau mengakui kalau dia yang salah dan malah menuntutmu minta maaf, maka dia wajib kamu putuskan!

Bertahan dan melanjutkan hubungan dengan orang seperti itu tak akan memberimu manfaat. Alih-alih bikin bahagia, yang ada malah dia akan membuat hidupmu sengsara. Lebih baik putusin aja daripada bertahan di hubungan yang tak punya masa depan seperti itu.

5. Hubungan akan bertahan jika kalian saling menguatkan. Namun jika jarak antara kalian semakin melebar, yakin kamu memutuskan untuk bertahan?

Jarak antara kalian sudah terlampau jauh

Jarak antara kalian sudah terlampau jauh via %20howdoidate.com

Kedekatan tak melulu soal fisik yang jadi acuan. Kedekatan dengan pasangan yang lebih penting sebenarnya adalah kedekatan perasaan antara kalian. Boleh saja kalian menjalani hubungan jarak jauh dimana raga tak bisa leluasa bertemu, namun hati tetap dekat, hubungan kalian juga tak akan terganggu.

Saat hati pasanganmu sudah mulai terasa jauh, itu tanda tak terelakkan bahwa hubungan kalian akan memudar. Jika kamu sudah membicarakannya dengan dia namun hasilnya jarak antara kalian tetap ada, mempertahankannya hanya akan membuatmu merasa sakit hati saja.

6. Bertemu dengan orangtuamu bukan prioritas bagi dirinya. Itu tanda hubungan kalian tak akan kemana-mana

Sama teman dong~

Sama teman dong~ via tumblr.com

Kata orang, keberanian untuk bertemu dengan orangtua pasangan adalah patokan menuju keseriusan dalam hubungan. Mereka yang berani bertemu dan bisa meyakinkan orangtua pasangannya adalah pribadi yang layak kamu pertahankan. Tapi jika pasanganmu saat ini jauh lebih memilih untuk pergi dengan teman-temannya daripada bertemu dan berkenalan dengan orangtuamu, itu artinya hubungan kalian tak punya masa depan. Dia lebih memilih dunianya daripada mengenal keluargamu. Pasangan seperti itu akan lebih sering membuatmu sakit hati daripada membahagiakanmu.

7. Masalah ada untuk diselesaikan. Dia yang memilih menghilang daripada berbicara soal masalah kalian jelas bukan orang yang bisa menemanimu di masa depan

Lebih memilih untuk pergi

Lebih memilih untuk pergi via %20splatter.com

Setiap hubungan pasti akan menghadapi masalah cepat atau lambat. Meski demikian, dengan mau berbicara empat mata dan menjelaskan duduk perkaranya, semua masalah pasti akan bisa diselesaikan dengan cepat tanpa memperkeruh masalah. Tapi jika pasanganmu malah lebih suka menjauh dan menghilang saat kalian sedang ada masalah, itu tandanya dia belum dewasa dalam menjalani hubungan. Dia yang lebih memilih untuk pergi daripada membicarakan masalah kalian jelas bukan pasangan yang layak untuk kamu pertahankan. Bersama dia, hubunganmu tak akan punya masa depan yang menjanjikan.

Jika hubunganmu dengannya memilki mayoritas tanda-tanda diatas, kamu wajib memikirkan lagi masa depan hubungan kalian. Memang sih hubungan kalian masih bisa berakhir bahagia selama kalian bisa menyelesaikannya dengan bicara dari hati ke hati. Namun jika segala usaha tetap tak membuahkan hasil, yakinkan hatimu untuk pergi. Bertahan di hubungan yang tak punya masa depan seperti itu hanya akan membuatmu terjatuh dalam lubang luka yang lebih dalam.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya