Sebagai pasangan, saling berbagi jadi salah satu faedah dari hubungan. Berbagi tak hanya soal cerita, tapi juga segala hal yang kalian rasakan. Seperti saat pasanganmu sedang merasa sedih, kamu ada usaha untuk menghiburnya. Atau saat dia kesulitan, lelah dan hampir putus asa, kamu ada untuk memberinya semangat. Semangat ini pun bukan sekadar ucapan yang seperti angin lewat yang menyejukkannya hanya sesaat. Melainkan dalam bentuk tindakan langsung.

Nggak harus muluk-muluk, tapi bisa sesederhana beberapa perlakuan yang Hipwee Hubungan uraikan kali ini. Sebab rasa kepedulian tak cukup disampaikan dengan kata, “Semangat ya sayang.”

1. Nggak cuma mengingatkan saja, tapi langsung mengajak ke tempat makan favoritnya

Makan berdua

Makan berdua via www.seventeen.com

Advertisement

Alih-alih mengatakan, “Semangat ya, Yang. Jangan lupa makannya,”, kamu justru tiba-tiba menawarinya untuk makan bareng di tempat favoritnya. Ajakanmu ini tak cuma jadi pemicu selera makannya datang kembali. Tapi ada rasa tenang dan senang yang perlahan membuat dirinya kembali semangat. Bagaimana tak semangat saat perutnya kenyang, dan di hadapannya ada pacar yang kepeduliannya tak sekadar ucapan?

Rasanya tak perlu menyuapi pun dia sudah cukup terhibur. Apalagi saat kamu bantu meletakkan pesanan makananmu dan membuat obrolan sederhana selama makan berdua.

2. Mengajak menabung bersama. Tak berlebihan, justru ini bisa memotivasi dia untuk rajin bekerja

Menabung buat modal nantinya

Menabung buat modal nantinya via www.bounceenergy.com

Ada yang bilang semasa pacaran nggak perlulah bikin rencana menabung bersama. Sebab siapa yang tahu bagaimana masa depan hubungan kalian. Kalau langgeng ya bagus, tapi kalau putus di tengah jalan bisa jadi tabungan bersama ini jadi permasalahan baru. Tapi nggak ada salahnya juga kalau rencana menabung ini dijadikan motivasi agar dia lebih giat bekerja. Toh kalau kalian sama-sama dewasa, materi nggak akan pernah jadi persoalan yang terlalu rumit untuk dihadapi.

3. Kamu tahu dia pasti bisa menyelesaikannya, tapi tak ada salahnya juga menawarkan bantuan kepadanya

Membantu dia

Membantu dia via www.nessakphotography.com

Advertisement

Kamu udah hampir seharian di depan laptop, istirahat dulu Yang. Sini aku bantu periksa naskahnya.

Tak hanya menyuruhnya istirahat sejenak, tapi kamu dengan ringan tangan menawarkannya bantuan. Kamu membatu karena memang ingin dia bisa sedikit lebih santai, supaya dirinya kembali fit dan akhirnya semangat saat mengerjakan lagi tugasnya. Sebab kamu percaya dia pasti selalu bisa menyelesaikannya dengan baik. Bahkan lebih baik dari yang kamu bantu kerjakan.

4. Mau mendengarkan segala keluh kesahnya, meski tak harus memberi nasehat juga

menguatkan dia

menguatkan dia via www.nessakphotography.com

Mendengarkan keluh kesah dari A sampai Z memang tak mudah. Perlu banyak kesabaran, tapi usahamu ini tak akan pernah sia-sia. Sebab perasaan lega yang dirasa pasangan saat segala uneg-unegnya ditumpahkan dan di dengarkan ini yang membangkitkan kembali semangatnya. Toh urusan memberi nasehat atau tidak sebenarnya juga tak terlalu kamu pikirkan. Ada kalanya merasa didengar saja sudah cukup. Kecuali kalau memang dia meminta pendapatmu. Kamu perlu memilah-milah kata yang sekiranya bisa diterima oleh dia.

5. Memberikan kejutan kecil sekalipun tak ada momen yang spesial

kue ala-ala ulang tahun

Kue ala-ala ulang tahun via unsplash.com

Sikap romantis itu hadir bukan karena bawaan, tapi justru dari kepedulian. Mau secuek apapun kamu kalau memang kamu peduli dengan pasanganmu. Kamu tak akan hanya menyemangatinya lewat ucapan. Kamu akan tiba-tiba datang di hadapannya dengan sebuah kejutan manis. Sesederhana datang dengan membawakan makan favoritnya lengkap dengan segala hiasan, atau dengan sesuatu barang yang memang dia butuhkan. ‘Kan kejutan tak harus selalu di hari ulang tahun, anniversary, atau hari spesial lainnya.

Setidaknya kejutanmu ini membuatnya melupakan sejenak lelah, kesulitan, atau kesibukan yang tengah dia hadapi. Melepaskan segala benih-benih stres di dalam dirinya, dan mengubahkan jadi gairah yang baru.

6. Sesekali menemaninya seharian penuh, berbincang dan bercanda sampai dia kembali ceria

ngobrol dan bercanda bareng seharian

Ngobrol dan bercanda bareng seharian via www.nessakphotography.com

Setelah satu pekan harinya diisi dengan deadline, deadline dan deadline. Kamu sebagai pasangan sudah seharusnya ada di sampingnya untuk membantunya rileks. Tak perlu mengajaknya liburan ke luar kota atau ke tempat-tempat yang sedang hits, tapi kamu cukup menemaninya saja seharian penuh. Untuk sekadar berbincang dan bercanda, entah di kafe favorit kalian berdua, entah jalan-jalan keliling dari mulai taman kota hingga toko buku. Setidaknya buat pikirannya seharian itu lupa dengan segala rutinitasnya dalam sepekan ini.

7. Sesederhana mengelus kepala dan merangkul pundaknya saat dia lelah atau kesal dengan kegiatannya

Energimu membuatnya merasa semangat

Energimu membuatnya merasa semangat via unsplash.com

Saat ucapan tak mempan memulihkan semangat di dirinya. Saat itu sentuhan ringan seperti elusan di kepala, atau rengkuhan ringan di pundaknya bisa jadi tempatnya melepas lelah, kepenatan, serta kesal dengan rutinitasnya. Bukankah itu lebih sederhana? Kamu tak perlu berusaha keras atau banyak mengumbar kata-kata. Kamu cuma perlu di sampingnya dan memperlakukannya dengan baik.

Jadi masih mau cuma bilang “Semangat ya sayang” ke pasanganmu? Sementara tindakan justru lebih cepat membuatnya senang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya