Terima Kasih 2017 jadi salah satu tagar yang memenuhi lini masa media sosial beberapa saat yang lalu. Berbeda dengan kebanyakan orang yang bersuka cita, tagarmu justru berisi cuitan ataupun unggahan bernada rindu. Meski kamu sendiri berterima kasih atas tahun 2017 yang berkesan. Sebab di tahun ini banyak hal yang patut kamu syukuri, seperti kejelasan hubunganmu dengan pacar, ayah atau ibu yang naik jabatan, hadirnya keponakan baru di rumah, sahabat yang menikah, sampai hal sepele dalam kehidupan.

Tapi tetap saja saat tahun berganti, kamu belum memiliki kesempatan untuk bertemu orang-orang yang kamu kasihi. Kalau dibayangkan, memang agak menyedihkan. Di tahun yang baru ini seharusnya kamu nikmati bersama orang-orang tersayang. Bukannya terjebak dalam lingkaran pekerjaan yang jahanam. Tapi bagaimana lagi, demi masa depan dan tegaknya tiang perekonomian, mau tak mau kamu harus menunda kepulanganmu.

Advertisement

Rindu? Pasti! Biar di tahun baru ini kamu tak merasa galau akibat rindu yang menggebu, coba deh lakukan hal-hal di bawah ini. Siapa tahu, awal tahunmu tak jadi kelabu gara-gara rindu ingin bertemu orang-orang tersayang.

1. Tak perlu merasa bersalah karena belum bisa bertemu. Sebab meratapi nasib hanya akan buatmu semakin rindu

Tak perlu meratapi nasib via www.unsplash.com

Rasa bersalah terus tumbuh saat kamu belum bisa pulang ke rumah di pergantian tahun baru. Sebab tuntutan pekerjaan atau pendidikan ini benar-benar tak bisa ditinggalkan. Meski aslinya kamu tak perlu merasa bersalah, apalagi sampai berlarut-larut dan meratapi nasibmu ini. Tahukah kamu, jika meratapi nasibmu yang belum bisa bertemu mereka ini, kamu justru semakin tenggelam dalam rindumu. Dan kamu bisa sulit untuk fokus pada pekerjaan atau pendidikan yang tengah dijalani.

2. Daripada galau dan menyalahkan keadaan, lebih baik nikmati momen tahun baru dengan orang-orang yang ada di sekelilingmu

Nikmati momen tahun baru dengan orang-orang di sekelilingmu via www.unsplash.com

Saat rencanamu tak bisa berjalan, menyalahkan keadaan memang hal paling mudah untuk dilakukan. Namun menyalahkan keadaan tak akan memberimu apa-apa, selain penyesalan. Karenanya, daripada semakin rindu dan galau membabi buta, lebih baik nikmati momen tahun baru ini dengan orang-orang di sekelilingmu. Bisa teman kantor, teman satu kontrakan, atau bahkan tetangga sebelah rumah di perantauan. Dengan hal tersebut, selain bisa menenangkan pikiran, hatimu juga akan merasakan hangat dari kebersamaan orang-orang yang ada sekelilingmu.

3. Menyibukkan diri dengan pekerjaan akan bantu mengalihkan pikiranmu dari mereka. Biar rindu tak selalu memenuhi kepala

Menyibukkan diri via www.unsplash.com

Advertisement

Kalau kamu sedang tak ingin menikmati momen tahun baru dengan orang-orang di sekelilingmu, masih ada pilihan lain yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah menyibukkan diri dengan pekerjaan yang kamu miliki. Meskipun deadline masih lama, kerjakan saja. Siapa tahu pikiranmu bisa teralihkan dari rasa rindu akan orang-orang tersayang yang belum bisa ketemu.

4. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk me-time. Buat hati dan pikiranmu tenang dengan hobi atau hal kesukaan yang sudah lama tak dilakukan

Me time dulu via www.unsplash.com

Memanjakan diri juga nggak ada salahnya dilakukan. Pergi ke salon untuk merawat diri atau menekuri hobi, merupakan pilihan yang tepat untuk kamu lakukan. Kegiatan tersebut tak hanya mampu menghalau rindu yang berlebihan. Tapi juga mampu membuat hati dan pikiranmu lebih rileks dan tenang.

5. Menonton atau mendengarkan lagu yang mampu menaikkan mood-mu. Sementara yang memancing galau dan rindu, sebaiknya dikurangi dulu

Kurangi hal-hal yang berbau galau via www.unsplash.com

Kalau sedang rindu, sebaiknya kamu kurangi dulu hal-hal yang berbau berpotensi buatmu sensitif dan galau berlebihan. Seperti film atau lagu yang mampu buatmu menitikkan air mata karena saking rindunya. Kamu sebaiknya menonton film atau mendengarkan lagu-lagu yang mampu bangkitkan kembali mood-mu. Sebab sayang rasanya jika di momen tahun baru ini kamu justru tenggelam dengan rasa rindu yang belum bisa terobati.

6. Walau raga tak bisa bertemu, saling berkirim foto atau video ampuh juga untuk menghalau rasa rindu

Sempatkan berkirim foto atau video via www.unsplash.com

Kamu dan orang-orang tersayangmu ini tak hanya terpisah jarak. Tapi juga terpisah waktu serta kesibukan. Kalaupun kamu memang benar-benar sudah tak tahan, saling berkirim foto atau video bisa jadi pilihan. Tapi ingat, sebaiknya tak terlalu lama. Sebab dikhawatirkan kamu akan keterusan jika terus memandangi foto atau video kiriman mereka. Gunakan kedua hal tersebut sebagai senjata penghalau rindumu. Lalu kembali pada aktivitas dan kesibukan yang telah menantimu.

7. Percaya saja suatu saat nanti waktumu untuk pulang pasti akan tiba. Sekarang selesaikan dulu kewajiban yang ada

Pasti akan ada kesempatan di lain hari via www.unsplash.com

Trik jitu yang terakhir adalah memberikan sugesti pada diri sendiri. Bahwa jika memang sudah saatnya, kamu akan bisa bertemu dan berkumpul kembali dengan orang-orang tersayang. Percaya saja bahwa hidup selalu berbaik hati. Dia akan memberimu kesempatan jika memang waktumu telah tiba. Sekarang, tinggal giliranmu untuk menyelesaikan dulu apa yang menjadi kewajibanmu. Menyelesaikan target pekerjaan, menuntaskan skripsi atau tesis demi sidang, atau berbagai kewajiban yang telah menunggumu. Agar kelak saat waktumu untuk bertemu mereka tiba, tak ada beban pikiran yang menganggu.

Merasa rindu memang tak ada salahnya. Apalagi jika rindu dengan orang-orang tersayang yang sudah lama tak bertemu. Namun, jangan sampai rasa rindumu itu memenuhi semua isi pikiranmu. Halau sejenak rasa rindu itu, agar kewajibanmu sendiri tak berantakan. Masa’ tahun baru baru beberapa hari, kamu udah kalah dan galau sendiri?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya