LDR termasuk salah satu hal yang paling dihindari ketika menjalin suatu hubungan. Banyak orang yang merasa gentar apabila dihadapkan pada keharusan menjalani hubungan jarak jauh bersama pasangannya. Kekhawatiran apabila tak bisa sering bertukar kabar karena terhalang kesibukan, miskomunikasi, hingga cemas apabila tak bisa bertahan di tengah himpitan gelombang rindu.

Padahal sebenarnya LDR tak semenyeramkan itu kok. Hanya 8 hal ini saja yang perlu kamu lakukan supaya hubungan jarak jauhmu bisa tetap bertahan!

Sikap saling percaya harus dijadikan pondasi utama. Inilah modal kalian untuk bisa tetap bertahan dalam jangka waktu lama.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Advertisement

Tak jauh beda dengan menjalani pacaran pada umumnya, landasan utama LDR adalah sikap saling percaya. Ya, kamu dan pasangan sangat memerlukan sikap ini ketika nanti jarak mulai menyusup masuk ke dalam hubungan kalian. Saling percaya merupakan pondasi utama di dalam hubungan yang harus dipunya. Tak perlu merasa cemas berlebihan, kalian hanya harus menaikkan porsi rasa saling percaya dengan menambahkan takarannya.

Kalian memang sedang dihajar kesibukan yang berbeda, namun tetap sempatkan waktu untuk berkomunikasi setiap harinya.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Kesibukanmu dan pasangan memang akan berbeda. Kamu harus berkutat dengan pekerjaan sementara pasangan juga harus menyusun pondasi karirnya di kota seberang. Kesibukan kalian sama pentingnya, namun kamu dan dia harus tetap berkoordinasi supaya hubungan kalian bisa tetap diprioritaskan.

Komunikasi adalah kunci kedua lainnya selain rasa percaya. Jalinan kalian tak bisa dibiarkan bubar di tengah jalan hanya karena kesalahpahaman. Untuk menyiasatinya kamu dan dia bisa mengagendakan waktu pasti untuk bertukar kabar, entah itu chat, telepon, maupun video call. Supaya menghindari rasa bosan, kamu pun bisa memberikan kejutan kecil ketika sedang bervideo call dengannya. Entah itu bermain gitar atau menggunakan kostum karakter favoritnya.

Selalu berpikir positif dan terbuka akan membuatmu mampu melewati hari-hari tanpanya. Alih-alih terus menaruh curiga, kamu justru bisa tetap tenang meski jauh dari dia.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Advertisement

Berpikiran positif dan terbuka juga merupakan bumbu supaya kamu bisa melewati hari-hari jauh dari orang yang disayang. Tak hanya akan meminimalisir konflik yang terjadi karena kesalahpahaman, namun hatimu juga akan jauh lebih tenang. Kamu tak sibuk menduga-duga atau berpikiran buruk tentang pasangan yang belum tentu benar adanya.

Ego yang dimiliki harus sekuat tenaga ditekan. Kehendak yang dipunya pun tak boleh dipaksakan pada pasangan jika kalian ingin terus bertahan.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Memang tak bisa dipungkiri sebagai manusia kita memiliki ego yang menuntut untuk diutamakan. Namun, untuk bisa sukses menjalani hubungan jarak jauh, kamu dan pasangan harus mampu menekan ego ke titik terendah. Unggulkan kepentingan bersama di atas segalanya dan kesampingkan kebutuhan pribadi. Selain itu, kamu juga harus belajar untuk tak memaksakan kehendak pada pasangan.

Sikap saling pengertian juga harus dijunjung tinggi. Hal ini wajib dilakukan untuk meminimalisir konflik yang bisa saja setiap saat terjadi.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Selain menekan ego, kalian juga harus menjunjung tinggi sikap saling pengertian. Misalnya saja, kamu maupun dia tak perlu memaksakan pasangan untuk saling mengunjungi tiap akhir pekan. Kamu pun harus mengerti akan kesibukannya di kota seberang. Kurangi juga kebiasaan ngambek hanya karena kesalahan kecil yang diperbuat pasangan. Karena jika dipelihara, kebiasaan ini justru akan memperparah kelangsungan jalinan kalian.

Mungkin akan ada orang lain yang datang mendekati. Tapi, kamu tak perlu menghiraukannya karena hatimu sudah ada yang mengunci.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Tak bisa dihindari bahwa terbentangnya jarak yang nyata di antara kalian berpotensi membuat orang lain menyelinap masuk ke dalam hubungan. Jika sudah begini, kamu patut menjaga hati. Yakini saja bahwa yang perlu kamu lakukan hanya tak perlu menghiraukannya. Percayai bahwa hatimu terkunci karena sudah ada yang memiliki.

Tak perlu menganggap LDR sebagai beban. Anggap saja hal ini adalah salah satu tantangan yang akan semakin menguatkan hubungan kalian.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Mulai sekarang kamu harus menghilangkan mindset bahwa hubungan jarak jauh itu menyeramkan. Anggap saja LDR bukan beban melainkan suatu tantangan yang bisa membawa hubungan kalian naik ke tingkat berikutnya. Tentu saja akan ada banyak pembelajaran serta penempaan yang kalian dapat ketika menjalani hubungan ini.

Jika mindset kalian mengenai LDR sudah diubah, maka kamu dan pasangan pun bisa makin tenang dan penuh keyakinan saat menjalaninya. Hasilnya, LDR pun akan terasa tak semengerikan seperti apa yang kalian kira selama ini.

Kamu dan pasangan mungkin akan mengalami jatuh bangun dalam hubungan. Namun pada akhirnya kamu akan mengerti, bahwa ujian yang dihadapi sekarang bisa jadi bekal di masa depan.

tips bertahan dalam LDR via dylandsara.com

Sebenarnya menjalani LDR bersama pasangan merupakan penempaan terbaik yang bisa kalian dapatkan. Kamu dan dia jadi benar-benar menyadari seberapa dalam kalian saling mencintai. Bahkan, hubungan jarak jauh bisa dijadikan alat ukur kedalaman hubungan kalian.

Memang ketika nanti sedang tengah menghadapi hubungan jarak jauh, akan ada banyak rasa yang akan kalian cecap. Rindu tapi tak bisa bertemu, cemas, hingga was-was. Namun, toh kalian jadi mengerti bahwa ujian yang sedang dihadapi ini tak ada artinya dibanding masa depan. Jadikan saja LDR sebagai ajang pelatihan sekaligus bekal demi bisa bersisian di masa depan.

Jadi, sudahkah kamu melakukan kiat-kiat di atas dengan pasangan LDR-mu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya