Nggak Akrab dengan Tetangga itu Bahaya, Sesebal Apapun Kamu dengan Omongan Mereka

Akrab dengan tetangga

Akibat terlalu sibuk dengan diri sendiri, terkadang kita lupa untuk menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar. Termasuk dengan para tetangga di dekat tempat tinggal. Padahal penting lo untuk menjaga hubungan baik dengan mereka, terlepas apakah kita tinggal di rumah atau di kos. Sebab sebagai manusia, suatu saat kita pasti saling membutuhkan bantuan.

Advertisement

Namun sebetulnya, gimana sih cara untuk akrab dengan tetangga? Apalagi seringkali usia kita dengan mereka nggak sama. Ada yang sudah tua, ada pula yang jauh lebih muda. Terkadang malu juga kalau tiba-tiba mengakrabkan diri dengan mereka. Supaya nggak bingung, yuk, simak pemaparan berikut.

Anak-anak muda zaman sekarang cenderung malas untuk akrab dengan tetangga sekitar rumah. Apalagi, terkadang omongan tetangga memang bikin hati kesal

Asyik bergosip via www.fourlook.com

Selain sibuk dengan diri sendiri, terkadang kita malas akrab dengan tetangga karena kurang suka dengan kebiasaan mereka. Sebab biasanya ada kumpulan orang yang suka bergosip tentang lingkungan sekitar. Apalagi kalau kita yang jadi bahan gosip mereka, duh, nggak enak banget rasanya! Terkadang ada juga tetangga yang kepo dan suka bertanya, “Kapan lulus kuliah? Udah dapet kerja belum? Mau menikah kapan?” Bikin merasa terbebani dan ujungnya males mengakrabkan diri. Bahkan kalau nggak sengaja ketemu, kalau bisa langsung menghindar.

Walaupun begitu, sebaiknya kita tetap mengakrabkan diri dengan tetangga. Sebab merekalah yang bakal membantu pertama kali kalau keluarga kita kesulitan

Saling menolong via blog.workday.com

Sebagian orang nggak sadar kalau hubungan antar tetangga itu sangat bermanfaat. Misalnya nih, ada anggota keluarga kita yang mendadak sakit parah di rumah. Siapa yang bisa menolong pertama kali? Tentu saja tetangga kita. Sebab merekalah yang berada paling dekat dan bisa segera melakukan tindakan. Barulah setelah itu datang ambulans dari rumah sakit, atau pertolongan dari saudara-saudara yang tinggalnya cukup jauh. Bayangkan bila nggak ada tetangga yang menolongmu, bukankah situasi bisa jadi lebih gawat?

Advertisement

Tetangga juga bisa membantu kalau keluarga kita mau mengadakan acara di rumah. Kalau nggak akrab sama tetangga, bisa-bisa acara kita sepi lo~

Pesta di kebun rumah via thebridedept.com

Mungkin suatu saat kita bakal mengadakan acara di rumah. Misalnya pengajian, syukuran, atau pernikahan. Ada berbagai persiapan yang perlu dilakukan menjelang acara. Misalnya memasang tenda, menyediakan lahan parkir, meminjam banyak kursi, dan lainnya. Persiapan itu bisa lebih mudah dengan bantuan tetangga. Apalagi kalau hubungannya sudah akrab, mereka bakal datang dengan senang hati ke acara kita.

Lantas gimana cara untuk akrab dengan tetangga? Yuk mulai dari yang kecil-kecil dulu, misalnya menyapa mereka kalau kebetulan berpapasan

Banyakin senyum ke tetangga via unsplash.com

Kalau ingin menjalin hubungan dengan tetangga, jangan hanya menunggu didekati mereka. Coba deh berinisiatif duluan. Mulai dari hal kecil dulu, misalnya menyapa dan tersenyum manis saat bertemu mereka. Mungkin tindakan itu bisa berlanjut dengan obrolan singkat yang menyenangkan. Kalau dilakukan berkali-kali, tentu hubungan kalian bakal akrab secara alami.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah membelikan oleh-oleh untuk tetangga saat kamu berlibur. Nggak perlu mahal, pilih saja makanan khas daerah tersebut. Tentu tetanggamu bakal senang menerimanya. Sebab itu menunjukkan kalau kamu perhatian pada mereka. Suatu saat, barangkali giliran mereka yang akan memberi oleh-oleh untukmu.

Advertisement

Cara lain untuk mengakrabkan diri adalah datang ke acara yang diadakan warga sekitar, misalnya arisan atau kerja bakti. Sebetulnya seru juga kok!

Kumpul bersama tetangga via travel.kompas.com

Biasanya warga sekitar mempunyai acara yang rutin diadakan. Bisa berupa arisan, pengajian, kumpul pemuda, atau perayaan saat hari libur tertentu. Yuk, coba datang untuk mengakrabkan diri dengan tetangga. Nggak perlu lama-lama, kok. Tentu mereka senang karena suasananya semakin ramai. Dalam kesempatan itu, kita juga bisa berkenalan dengan orang-orang yang jarang dijumpai. Siapa tahu bisa dapat gebetan dari sana, hehehe…

Itulah berbagai cara untuk akrab dengan tetangga. Semuanya bisa diterapkan sekarang juga, tergantung kita mau atau nggak. Barangkali memang butuh waktu agak lama dan usaha ekstra untuk menjalin hubungan dengan mereka. Namun, yakinlah kita bisa mendapat berbagai manfaat nggak terduga kalau dekat dengan tetangga sekitar.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE