Perasaan suka bisa jadi muncul ketika kamu terbiasa berteman dengan lawan jenis. Hal ini tentu saja sangat lumrah terjadi. Setelah kalian sudah memiliki hubungan yang baik sebagai teman dan sahabat, perasaan sayang dan cinta sering tak bisa ditolak kemunculannya.

Tapi, apa jadinya jika salah satu teman diam-diam menyimpan perasaan spesial padamu? Apakah akan membalas perasaannya atau memilih tegas untuk berteman saja? Nah, sebelum memutuskan, sebaiknya kenali dulu tanda-tanda cowok yang menyukaimu berikut ini. Daripada ke-GR-an dan malu sendiri ‘kan gak enak….

1. Dia Akan Bersikap Aneh Saat Kamu Bercerita Tentang Kehidupan Cintamu

aneh

reaksinya aneh saat kamu cerita tentang kehidupan pribadimu via www.douglaserice.com

Advertisement

Berbagi cerita seputar masalah percintaan dengan teman tentu sudah biasa. Kamu pernah bercerita tentang kisah cintamu di masa lalu, atau tentang mantan pacar yang sampai sekarang membuatmu susah move-on.

Saat mendengar ceritamu, reaksinya aneh. Berusaha mengganti topik pembicaraan, memotong ceritamu, hingga memilih pergi meninggalkanmu dengan alasan yang tidak jelas. Yup, cerita tentang kehidupan cintamu bisa jadi mengganggu perasaannya. Ketika teman cowokmu selalu melakukan hal ini, kamu layak kok mulai curiga.

2. Waktu Kamu Menyebut Nama Cowok Lain yang Kamu Suka, Dia Sering Terlihat Jengkel

alasan

dia sering mencari-cari alasan via www.douglaserice.com

Saat bersamanya, kamu sering menyebut nama cowok lain; Si Ketua OSIS yang selalu membuatmu semangat berangkat ke sekolah, atau Si Atlet Basket yang membuatmu rela berpanas-panas di pinggir lapangan kampus saat melihatnya bertanding.

Advertisement

Mendengar nama-nama cowok lain yang kamu sebutkan membuatnya risih. Dia akan berusaha mencari-cari alasan yang menegaskan bahwa mereka tidak cukup baik untuk mendampingimu. Dia memang belum secara gamblang menyatakan perasaannya, tapi dirinya jelas tidak rela ketika kamu menyukai cowok lain selain dirinya.

3. Lama-Lama Kamu Mulai Melihat Pola Bahwa Dia Selalu Berusaha Untuk Dekat Denganmu

dekat

berusaha dekat denganmu via internal-acceptance-movement.tumblr.com

Walau tidak secara langsung bilang bahwa dia akan selalu ada, tapi dia memang tidak pernah jauh dari kehidupanmu. Di tengah jadwal ujian yang padat hingga deadline tugas-tugas kantor, dia akan menyempatkan diri untuk bertemu denganmu. Bahkan, diam-diam dia menolak ajakan teman-temannya demi bisa sekadar makan atau pergi jalan-jalan bersamamu.

4. Bahkan, Keluarganya Terlihat Begitu Menyukaimu

keluarga

keluarganya menyukaimu via hdw.eweb4.com

Status sebagai teman atau sahabat menjadikanmu punya hubungan baik dengan keluarganya. Sesekali berkunjung ke rumahnya, ibu atau adiknya selalu menyambutmu dengan baik. Namun, ketika ibunya sering-sering mengundangmu di acara-acara keluarga mereka, kamu layak sedikit bertanya-tanya. Temanmu bisa jadi bercerita tentang kedekatan kalian pada ibunya, ‘kan?

5. Dia Sering Ketahuan Curi-Curi Pandang Ke Kamu Sambil Malu-Malu

malu

dia diam-diam mengamatimu via imgarcade.com

Dia pernah beberapa kali ketauan sedang melihatmu. Tatapan matanya tidak biasa, tidak seperti layaknya teman-teman yang lain. Ketika kamu tegas bertanya “ngapain sih liatin aku kayak gitu?”, dia akan salah tingkah sambil menjawab “apa sih, nggak apa-apa kok!”.

6. Dia Adalah Teman yang Paling Intens Menghubungimu Lewat SMS, Telepon, Hingga Media Sosial

bicara

dia tak segan menghubungimu lebih dulu via thepeopleandyou.blogspot.com

Tidak bisa dipungkiri, rasa suka membuatnya selalu mengingatmu. Saat sedang tidak bersama, dia akan mencari-cari cara agar bisa menghubungimu, setidaknya lewat telepon atau SMS. Kadang, tingkahnya ini bikin kamu bingung. Katanya teman, tapi kok perhatiannya mirip sama pacar ya?

Dia juga jadi orang yang rajin mengomentari status-mu di Facebook atau membalas salah satu kicauanmu di Twitter . Bahkan kadang, dia tau kamu lagi ngapain tanpa kamu harus bercerita. Gimana caranya dia bisa tahu? Yup, dari stalking media sosialmu dong!

7.  Kamu Gak Pernah Ingat Semua Detil Kebersamaan Kalian. Tapi Dia Malah Hapal Di Luar Kepala

detail percakapan

mengingat detail percakapan kalian via blog.shoptrailblazer.com

Saat bersamamu jadi momen penting yang akan selalu diingat olehnya. Dulu, kalian pernah mengobrol berdua di halte depan sekolah sambil menunggu bus pulang. Pernah juga duduk bersebelahan menikmati api unggun di malam keakraban saat jadi mahasiswa baru.

Tidak hanya mengingat momen itu, dia bahkan mengingat setiap detail yang kalian lewati bersama. Tentang hal-hal yang kalian bicarakan, baju apa yang saat itu kamu pakai, hingga ekspresi-ekspresi yang tak sadar kamu lakukan. Ketika momen itu sudah lenyap dari ingatanmu, dia masih bisa menceritakannya dengan detail.

8. Saran Atau Pendapat Darimu Akan Selalu Dia Pertimbangkan

pendapatmu

pendapatmu dianggap penting olehnya via www.flickr.com

Dihadapkan pada masalah atau pilihan-pilihan penting dalam hidupnya, dia tak segan menanyakan pendapatmu. Dari sekian masukan yang dia terima, baik dari keluarga maupun teman, pendapatmu akan ditanggapi dengan lebih serius. Sikap ini memang tak lantas jadi pertanda bahwa dia menyukaimu. Tapi, ketika dikuatkan dengan tanda-tanda lain yang disebutkan di poin-poin sebelumnya, kamu pantas kok meyakinkan diri tentang perasaannya padamu.

9. Demi Kamu, Dia Sering Rela Mengalah

mengalahkan egomu demi dia

mengalahkan egomu demi dia via imgfave.com

Dia punya karakter yang tegas. Hobinya mendengarkan musik-musik berirama keras. Akhir pekan jadi kesempatan menyambangi event-event musik yang hampir semua penontonnya memakai baju hitam. Kalau teman-teman lain mengajaknya nongkrong, dia bisa dengan tegas menolak.

Tapi padamu, perlakuannya berbeda. Dia tak segan menjawab “iya” saat kamu memintanya menemanimu menonton teater atau pertunjukan musik klasik. Walaupun cuma berstatus teman, dia rela mengalahkan kepentingan pribadinya agar bisa menghabiskan waktu bersamamu.

10. Cewek-Cewek Lain yang Juga Dekat (Atau Malah Naksir) Pada Temanmu yang Satu Ini Mulai Menunjukkan Gelagat Cemburu

teman cewek lain membencimu

teman cewek lain membencimu via sweetsour20.blogspot.com

Kamu mungkin bukan satu-satunya teman cewek yang dekat dengannya. Namun, teman-teman cewek lain yang juga punya hubungan baik dengannya tampak tak begitu menyukaimu. Bagaimanapun, sesama cewek biasanya bisa sama-sama membaca perasaan cowok. Tahu bahwa dia lebih menyukaimu, cewek lain yang juga menyukainya tentu akan merasa kesal.

11. Momen Sakit Atau Momen Butuh Bantuan Kadang Dia Manfaatkan Untuk Mencari Perhatian

berharap perhatianmu saat dia sakit

berharap perhatianmu saat dia sakit via rebloggy.com

Sakit adalah momen dimana dia berharap kehadiran atau perhatianmu. Lewat media sosial atau SMS, dia akan berusaha memberitahumu tentang keadaannya. Berharap kamu merasa cemas lalu berkunjung ke rumahnya untuk sekadar menengok.

Waktu dia lagi butuh bantuan, dia juga tak segan mengatakan kebutuhannya. Ketika dia harus pergi ke acara resepsi teman dan tidak memiliki pasangan, misalnya. Dia bisa menghubungimu dan memintamu mendampinginya. Temen sih temen, tapi kalau udah keseringan begini kamu perlu curiga kalau sikapnya itu modus untuk mendekatimu.

12. Saat Kalian Bercanda Tentang Masa Depan Percintaan Masing-Masing, Mimik Wajahnya Sering Berubah Aneh

kata-katamu bisa saja menyakiti hatinya

kata-katamu bisa saja menyakiti hatinya via jamesmsama.com

Kalian terbiasa membicarakan banyak hal, mulai dari kehidupan di kampus hingga harapan-harapan di masa depan. Namun, saat kamu dengan polosnya berkata:

“Eh, kalau nanti kita udah pada nikah, masih bisa nongkong bareng gini nggak, ya?”

“Nanti pacarmu cemburu gak ya sama aku kalau kita begini terus? Kalau kamu udah punya pacar kita masih bisa temenan ‘kan?”

sudah pasti membuatnya salah tingkah; menjatuhkan ponsel, batuk, atau ekspresi wajahnya yang berubah canggung. Kalimat sederhana yang berhubungan dengan masa depan percintaan masing-masing sering membuatnya canggung. Ya gimana, ‘kan dia ngarepnya kamu yang jadi pacarnya…..

Nah, gimana? Sedikit tanda-tanda di atas bisa membantumu mengenali perasaan teman atau sahabat cowokmu, ya! Jika kamu punya perasaan yang sama, tidak ada salahnya ‘kan mengubah status teman menjadi pacar? Tapi, jika perasaanmu berkata “tidak”, sebaiknya mulai batasi hubungan kalian agar tak saling menyakiti. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya