Jatuh cinta memang butuh keberanian. Tapi dalam hal mengungkapkan perasaan, justru banyak yang nggak punya keberanian dan memilih untuk berdiam. Dan dibanding cowok, ceweklah yang biasanya menahan diri dengan perasaan yang dimiliki.

Banyak orang bilang, itu karena gengsi cewek lebih tinggi. Ada juga yang bilang, cewek takut dianggap agresif, lalu cowok yang lari.

Tapi di balik alasan-alasan klise itu, sebenarnya ada alasan lain kenapa cewek memilih menahan diri. Penasaran? Hipwee merangkumnya di sini agar kamu bisa lebih mengerti ūüôā

1. Manis rasanya mendengar pengakuan rasa. Cewek menahan diri karena ingin mendengar lebih dulu pengakuan dari kamu

manis rasanya mendengar pernyataan dari kamu via www.shutterstock.com

Setelah sekian lama terombang ambing dengan tebak menebak perasaanmu kepadanya. Belum lagi, mungkin saja dia sempat putus asa, karena takut kamu yang disukai dan diharapkan justru memberi harapan palsu. Atau, sekedar lelah menanti datangnya sebuah pengakuan. Kedatangan momen pengakuan darimu itu, tak lain hal manis yang meredekan kepahitannya saat menahan diri mengungkapkan isi hati. Ada kelegaan yang nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Bahkan pengakuanmu itu bisa saja membuat mata berkaca-kaca dan hatinya luluh seketika.

2. Meski sudah punya rasa, cewek nggak ingin diremehkan. Dia mau yakin dulu bahwa si cowok punya perasaan yang sama

Advertisement

Meski si cewek pun sudah nyaman ini sama kamu via rahuldailyencounters.blogspot.co.id

Kegengsian cewek juga termasuk perasaan yang nggak ingin diremehkan. Alih-alih mengungkapkan perasaan terlebih dulu malah membuat kamu yang ditaksirnya merasa besar hati, dan berniat mempermainkannya. Wajar jika cewek memutuskan menahan perasaannya saja.

3. Cewek punya banyak pertimbangan, Daripada nanti sudah ngungkapin perasaan tapi ternyata kamunya biasa saja atau bahkan menolak

menimbang-nimbang, ngomong atau nggak ya

Cewek: ‚ÄúDuh, ngomong nggak ya? Kira-kira dia juga ada perasaan sama aku atau nggak? Kalau dia biasa aja atau buruknya lagi nolak, gimana?‚ÄĚ

Namanya juga cewek, perasaannya lebih sering membuat pikirannya untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum bertindak. Dia cuma nggak pengen salah mengambil keputusan lalu malu di akhir cerita. Karena mengungkapkan perasaan itu adalah hal gambling yang bisa mengantarkannya pada kebahagiaan, tapi bisa juga justru membuatnya bertemu perasaan merana. Jadi ya lebih baik dipendam saja semua rasa di dada.

4. Cewek juga nggak mau jadi omongan orang. Gawat kalau si cowok cerita sana-sini tentang keputusannya mengungkapkan perasaan

Udah menolak, eh kamu juga cerita ke teman-temanmu detil tentang bagaimana dia mengungkapkan rasa. Karena merasa itu aneh dan lucu, teman-temanmu pun menertawakan si cewek dan kelakuannya.

Asal kamu tahu, itu bukan hal yang mudah untuk dilalui. Hatinya masih kosong karena perasaan bertepuk sebelah tangan. Eh, masih harus menerima kenyataan, kalau sekarang perasaannya itu jadi omongan banyak orang. Karena itu, sebelum itu semua terjadi, cewek pun memilih jalan aman dan menunggu tangan Tuhan bekerja.

5. Cewek ingin kamu merasa tertantang. Menaklukkannya butuh kerja keras dan pengorbanan

pengorbanan kamu via iamcrazymike.tumblr.com

Bukannya kamu juga nggak merasa tertantang, kalau sudah tahu terlebih dulu tentang perasaan cewek yang kamu kejar. Cewek pun demikian, dia ingin membuatmu lebih bekerja keras dan melakukan beberapa pengorbanan. Tujuannya tetap sama, kalau cewek ingin kamu tertantang untuk mendapatkan cintanya. Meski si cewek pun sebenarnya sudah memiliki perasaan yang sama denganmu.

Pengorbanan dan kerja keras itu pertimbangan lain untuk cewek menilai seberapa serius perasaanmu.

6. Grogi buat cewek bingung nyusun kata-kata yang tepat buat ngungkapin perasaan. Daripada nantinya malah salah ngomong

Malu salah ngomong

Si cewek: ‚Äúhmmm‚Ķ Mas sebenarnya, aku udah lama suka sama ka‚Ķ, ka‚Ķ,‚ÄĚ *deg-degan dan gemetar*

Kamu: ‚ÄúSuka sama apa, Nis?‚ÄĚ

Si cewek: ‚ÄúEh, iya suka sama ka‚Ķ kata-kata kamu di sajak¬†yang kamu tulis kemarin‚ÄĚ *duh kan grogi*

Nah kan, si cewek ternyata masih terlalu malu untuk bilang ‚Äúaku suka kamu‚ÄĚ. Akhirnya, si cewek ngeles dan bilang suka hal lainnya. Mengungkapkan kata-kata itu bukan cuma perlu keberanian, tapi juga persiapan. Termasuk menyusun semua kata-kata yang mau diucapkan. Kan nggak malah jadi awkward, kalau si cewek salah omong dan kamu sendiri bingung dengan ucapannya. Salah tingkah deh berdua-dua.

7. Dari semua rasa khawatir dan malu, akhirnya cewek cuma bisa nunggu dan berharap kamu punya perasaan yang sama

Bersabar, sampai nanti tahu perasaan masing-masing

Iya, perasaan cewek itu emang rumit, nggak cuma gengsi, tapi malu dan takut juga diam-diam bergelut di dirinya. Daripada hal-hal yang nggak menyenangkan dan diluar harapan dialaminya. Akhirnya, cewek pun cuma bisa menunggu dan berharap kamu memiliki perasaan yang sama.

Cewek tahu akan ada jalan supaya kalian tahu isi hati masing-masing. Tapi, alasan di ataslah yang membuatnya lebih sering menunggu kamu bergerak lebih dulu. Jadi, sudah siap mengungkapkan perasaanmu? ūüėČ