5 Cara Berkenalan dengan Orang Baru di Dunia Nyata. No Awkward dan Nggak Bikin Risih!

Pernah nggak ketemu sama orang yang sedang asyik baca buku favorit kamu di kereta atau stranger “lucu” di coffeeshop? Udah sering bertukar pandang dan rasanya ingin sekali ngajakin ngobrol, tapi keberanian ini kok setipis tisu, ya. Huft~

Advertisement

Hal itu wajar kok terjadi. Banyak orang yang merasa lebih nyaman untuk berinteraksi melalui media sosial saja daripada harus mengawali perkenalan di dunia nyata dengan orang asing. Padahal berkenalan dan berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata juga nggak kalah penting. Semakin kita pandai membaur dan mengakrabkan diri dengan orang lain, maka semakin luas juga relasi yang akan kita miliki. Siapa tahu kan ternyata itu kesempatan buat ketemu, ehm, jodohmu juga.

Lalu, bagaimana cara untuk berkenalan dengan orang lain agar tidak canggung, awkward, atau malah membuat risih? Nah, Hipwee udah siapin beberapa tips, nih. Simak selengkapnya yuk, SoHip!

1. Buang rasa malu dan kumpulkan rasa percaya diri, yakinkan diri bahwa ini hanyalah perkenalan biasa

Kumpulkan rasa percaya diri

Kumpulkan rasa percaya diri | Foto: Unsplash/bewakoofofficial

Cara yang pertama sebelum mulai berkenalan dengan orang lain adalah mengumpulkan terlebih dahulu rasa percaya dirimu. Jauhi rasa minder, grogi, ataupun malu yang dapat menghilangkan rasa percaya diri.

Advertisement

Ingat, bahwa ini hanyalah sebuah perkenalan biasa, bukan perkenalan yang formal layaknya sebuah interview kerja ataupun presentasi. Jadi, bersikaplah santai dan jangan tegang sebelum memulai perkenalan dengan orang lain.

2. Lihatlah situasi di sekitarnya, apakah ia seorang diri atau bersama rekan-rekannya

Lihat situasi di sekitarnya

Lihat situasi | Foto: Unsplash/Helena Lopes

Biasanya, akan lebih mudah untuk memulai sebuah perkenalan bersama dengan orang yang tengah sendirian. Mengapa? Sebab kamu hanya perlu menyesuaikan diri dengan satu orang saja, yakni dengan orang yang kamu ajak kenalan.

Kamu tidak akan perlu bersusah payah untuk mencoba berkenalan dengan teman-temannya yang lain. Jadi, perkenalanmu dengannya juga tidak akan terlalu canggung dan kamu dapat lebih mudah untuk mengakrabkan diri bersama orang baru.

Advertisement

3. Pikirkan topik obrolan yang akan kamu gunakan, mulai saja dari topik-topik yang ringan atau hanya sekadar basa-basi biasa

Pilih topik obrolan yang ringan

Pilih topik obrolan yang ringan | Foto: Unsplash/elevatebeer

Terkadang banyak orang yang bingung untuk memulai sebuah percakapan dengan orang baru karena merasa tidak tahu ingin membahas tentang apa. Akibatnya, tidak sedikit yang merasa canggung bahkan hingga menjadi awkward karena kurangnya bahan topik obrolan.

Lantas, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan memulai obrolan-obrolan yang ringan saja. Misalnya, saat ingin berkenalan dengan orang baru di transportasi umum seperti kereta atau bus, kamu bisa memulainya dengan bertanya seputar tujuan rute dari transportasi yang kamu naiki. Kamu juga berbasa-basi dengan menanyakan waktu apabila ia mengenakan jam.

Dengan membuka percakapan singkat seperti ini, nantinya kamu dapat memulai pembahasan lainnya secara lebih lanjut. Kamu juga dapat memperhatikan karakter orangnya terlebih dahulu, apakah ia merasa welcome untuk diajak bercengkrama atau mungkin ia sedang tidak ingin diganggu.

4. Jangan pasang mimik wajah yang judes! Pastikan untuk memulai tegur sapa dengan wajah yang ramah dan penuh senyum

Pasang mimik wajah yang ramah

Pasang mimik wajah yang ramah | Foto: Unsplash/jarritos

Sebenarnya, tips yang paling sederhana untuk berkenalan dengan orang lain ialah memasang ekspresi wajah yang ramah dan tidak judes. Pasalnya, orang enggan untuk menyapa duluan atau memulai sebuah obrolan apabila kita memasang wajah yang tidak ramah.

Sebaiknya, pasanglah ekspresi wajah yang ramah saat hendak memulai sebuah percakapan atau berkenalan dengan orang baru. Bila kita ramah, orang juga akan senang dengan kita. Jadi, jangan sampai orang lain merasa enggan untuk mengobrol dengan kita karena ekspresi wajah kita yang kurang ramah ya, SoHip!

5. Hindari bermain ponsel saat bertegur sapa dengan orang lain. Cobalah beranikan diri untuk menatap matanya saat sedang mengobrol

Jangan bermain ponsel

Hindari bermain ponsel | Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Sebelum memulai interaksi dengan orang baru, pastikan kamu sudah menyimpan ponselmu di tempat yang aman. Usahakan untuk tidak sibuk bermain ponsel saat sedang memulai percakapan. Hal ini tentu dapat menjadi salah satu cara untuk menghargai lawan bicara, serta fokusmu tidak akan terbagi dengan yang lainnya.

Selain itu, bermain ponsel saat sedang berinteraksi dengan lawan bicara juga dianggap kurang sopan. Jadi, usahakan untuk tidak bermain ponsel ketika sedang berbicara dengan orang lain, ya

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat membantu SoHip untuk berkenalan dengan orang baru di dunia nyata. Jadi, ayo mulai banyak berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE