7 Cara untuk Jatuh Cinta Berkali-kali pada Orang yang Sama. Agar Hubungan Tetap Hangat Meski Sudah Lama

Cara Merawat Cinta

Bila bicara tentang penjumlahan dan pengurangan matematika, selamanya satu tambah satu sama dengan dua. Tapi cinta dan perasaan seseorang tidak bisa seperti itu. Cinta seperti nilai rupiah yang mengalami up and down setiap waktu. Perasaan cinta yang menggebu-gebu seperti awal jadian dulu bisa saja menghilang begitu saja.

Advertisement

Apalagi bila hubungan sudah berlangsung sangat lama. Rasa bosan dan jenuh terhadap pasangan dan hubungan yang dijalani itu sangat mungkin ada. Karena itulah, untuk mempertahankan sebuah hubungan memang perlu kemampuan untuk jatuh cinta berkali-kali dengan orang yang sama. Sebab perasaan itu seperti baterai, yang perlu dirawat dan diperbarui agar tidak mati. Caranya seperti apa? Berikut hal-hal sederhana yang bisa kamu coba.

1. Jangan pernah lupa mengucapkan “tolong”, “terima kasih”, dan “maaf” kepada pasangan. Hal sepele itu seringkali dilupakan

ucapan terima kasih atas setiap bantuan via www.columbusnavigator.com

Mentang-mentang sudah menjalin hubungan, lalu masing-masing jadi melupakan pentingnya kata “tolong”, “terima kasih”, dan “maaf”. Padahal tiga kata tersebut sangat penting untuk menunjukkan apresiasi. Sedang apresiasi sendiri sangat penting dalam hubungan, karena dengan itu seseorang merasa dihargai. Jadi, jika si dia melakukan sesuatu untukmu, sekecil apa pun itu, sepotong “terima kasih” akan membuat segalanya jadi lebih menyenangkan. Dia merasa dihargai, sedang kamu pun merasa disayangi.

2. Buat agenda kencan yang tidak biasa. Biar kebersamaan itu punya kisah yang bisa dikenang, bukan cuma yang-yangan

Sesekali kencan antimainstream (Photo by Ajay Donga) via www.pexels.com

Biasanya kalian kalau kencan ngapain aja? Apa cuma sekadar makan malam bareng, nonton film, atau cuma nongkrong-nongkrong di kafe? Kalau cuma gitu-gitu aja pasti membosankan dan tidak meninggalkan kesan bukan? Karena itu, kencan juga perlu variasi yang menarik. Daripada cuma yang-yangan doang, kenapa nggak membuat agenda kencan yang menarik seperti cobain wisata ekstrem bareng? Mengumpulkan buku-buku bekas untuk anak-anak panti asuhan? Kan bagus kalau bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat sambil pacaran~

Advertisement

3. Buat target bersama, dan saling menyemangati untuk bisa mencapainya. Dengan begitu kebersamaan akan lebih terasa

bikin target sama-sama via blog.sports-tracker.com

Supaya hubungan semakin seru, kamu dan dia bisa membuat target bersama. Misalnya, jogging sekian kolometer selama seminggu. Atau bisa juga menabung dengan nominal sekian setiap bulannya. Atau mau cepat-cepatan menyusun skripsi? Boleh saja. Dengan membuat target bersama-sama dan berjuang mencapainya bersama-sama hubungan kalian akan dinamis. Asalkan target yang dibuat juga positif. Jadi, bukan hanya sweet, kalian juga bisa saling memotivasi dan mengembangkan diri.

4. Sesekali buat liburan dadakan juga menyenangkan. Itu akan menambah level kekompakan kalian

traveling dadakan (Photo by mali maeder) via www.pexels.com

Kerja dari senin sampai Jumat, baru bisa bertemu di akhir pekan. Itu juga cuma makan atau nonton bareng karena kalian sudah sama-sama capek. Lama-lama ini akan terasa membosankan. Jika itu terjadi, kenapa nggak mencoba traveling dadakan saja? Tanpa rencana dan tanpa itinerary apalagi bujet. Pilih saja lokasi yang paling memungkinkan, dan langsung berangkat saja tanpa meributkan ini dan itu. Dengan perjalanan yang penuh kejutan, tentunya kekompakan kalian akan dipupuk di sini.

5. Kejutan bisa menjadi stimulus yang positif dalam hubungan. Sesekali bolehlah kirim hadiah tanpa bilang-bilang

kejutan (Photo by freestocks.org) via www.pexels.com

Nggak pernah ada yang salah dengan kejutan. Sesederhana kiriman makan siang dari pacar lewat delivery di hari yang sibuk dan melelahkan, itu sudah sangat menyenangkan. Rasanya seperti diperhatikan dan dikejutkan. Karenanya, untuk menjaga agar perasaan deg-degan itu agar tetap ada, membuat kejutan-kejutan kecil boleh juga. Nggak harus yang mahal seperti mendadak membelikan handphone baru kok. Mendadak datang ke rumah dan bilang “Aku udah di depan nih. Jalan yuk?” juga menyenangkan.

Advertisement

6. Beri ruang dan kesempatan untuk sendirian. Sebab rindu juga perlu diciptakan agar sama-sama takut kehilangan

beri momen sendiri (Photo by Tony Lam Hoang) via unsplash.com

Apalah hubungan tanpa hasrat saling merindukan? Namun, kerinduan ini juga bisa hilang kalau kamu dan dia terlalu ketat mengikatnya. Setiap haris harus ketemu dan teleponan minimal satu jam, apa-apa dilakukan berdua, ke mana-mana harus berdua, kalau begitu, kapan bisa kangennya? Karena itu, ada baiknya saling memberi ruang bagi masing-masing untuk melakukan sesuatu sendiri. Nggak harus setiap hari ketemu juga. Buat saja rencana yang jelas kapan akan bertemu. Ya, biar menumpuk rindu dulu gitu.

7. Tak perlu menghindari konflik dan pertengkaran. Karena terkadang dua hal itu membuat perasaan yang mulai pudar jadi kembali sayang

tidak menghindari konflik via www.businessinsider.com

Ada banyak pasangan yang menghindari konflik supaya tidak perlu bertengkar. Padahal pertengkaran bukan berarti hubungan itu buruk dan tidak perlu dipertahankan lho. Justru ketika muncul konflik, harus diselesaikan dengan baik agar tidak terulang lagi di masa depan. Lagipula, ketika konflik terjadi mungkin ada emosi yang dilibatkan. Ketika kalian saling diam dan enggan berjumpa selama beberapa waktu, sebenarnya ada rasa takut akan kehilangan juga. Karenanya, biasanya setelah satu masalah terselesaikan dengan obrolan yang panjang, hubungan juga semakin kuat.

Menemukan seseorang untuk dicintai itu mudah. Memulai hubungan untuk saling mencintai juga bukan sesuatu yang sulit. Namun, mempertahankan hubungan dengan dua orang yang masih sama-sama saling mencintai itu sangat sulit. Karena perasaan manusia terkadang sulit dikendalikan. Bosan dan jenuh serta keinginan untuk menyerah itu pasti singgah di sekali waktu. Karenanya, butuh upaya untuk menjaga perasaan dengan cara jatuh cinta berkali-kali dengan orang yang sama.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta harapan palsu, yang berharap bisa ketemu kamu.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE