PDKT atau pendekatan sudah jadi ritus wajib yang mesti dijalani saat kamu tak hanya tertarik dengan seseroang, tapi juga ingin berpacaran. Cara PDKT paling lumrah ya dengan mencurahkan perhatian dan mengulas hal-hal apa saja yang disukai gebetan. Mulai dari stalking sampai kencan seru dengannya bisa lebih intens lagi. Tapi bagaimana kalau yang jadi sasaran PDKT adalah mantanmu sendiri. Tentunya perlu sikap yang berbeda, selain memberi perhatian.

Setidaknya jauh sebelum kamu memulai cara PDKT dengan mantan ini, ada baiknya pikirkan sikap yang perlu dibenahi. Ada lingkup batas yang perlu kamu tahu dan ada hal yang perlu kamu hindari. Hipwee Hubungan kali ini bakal kasih beberapa cara yang bisa kamu jadikan pandangan, biar ajang pendekatan ke mantan berjalan mulus dan tak mengecewakan kamu atau dia.

1. Dekati dengan memberikan satu hal yang paling dia suka saat kalian masih jadi sepasang kekasih

Apa yang dia suka pas dulu masih pacaran? via unsplash.com

Advertisement

Apa yang kamu harapkan dan apa yang dia harapkan dalam suatu hubungan? Tentu saja kesenangan-kesenangan berupa sikap atau hal-hal lain yang berbau “kesukaan”. Kamu bisa memulai PDKT dengan ajakan kencan. Saat kencan itu manfaatkan waktu untuk memberinya sesuatu yang dia suka. Tak harus mahal, kamu cukup berikan sikap-sikap yang dia suka.

2. Jangan pernah mengungkit kesalahan masa lalu. Berperanlah selayaknya ‘orang baru’ bagi dirinya

Jangan ada dendam, jalani dengan ikhlas dan tabah via unsplash.com

Cara PDKT kedua kamu perlu menahan emosional. Kamu dan dia pasti pernah terlibat dalam konflik sampai harus saling marah dan akhirnya putus. Saat waktu pendekatan tiba, lakukan dengan baik dan jangan sampai kamu malah mengeluarkan segala dendam yang bisa bikin dia ilfeel. Cara PDKT ke mantan harus disertai dengan kesadaran bahwa kamu ingin kembali kepadanya sebagai orang baru yang lebih bahagia dan menyegarkan.

3. Tinggalkan kelakuan buruk selama pacaran, dalam proses PDKT ini kamu perlu tunjukkan bahwa dirimu sudah berubah

Tinggalkan kelakuan buruk dan berilah satu hal yang baru via unsplash.com

Banyak sekali sikap dan perilaku yang dulu kamu tak sadar bahwa bisa bikin dia sedih atau merasa sakit hati. Kamu harus introspeksi dulu, jangan sampai kelakuanmu yang tak disukainya kamu tampakan lagi dengannnya. Misal saja dia tak suka denganmu yang sering molor kalau janjian, saat kencan tiba usahakan kamu lebih disiplin deh.

4. Faktor kalian putus bisa jadi karena bosan, jadi masa PDKT harus ada pengalaman baru biar dia takjub

Kamu bisa ubah sikapmu jadi lebih romantis kan? via unsplash.com

Advertisement

Kebosanan datang ibarat siklus musiman, kamu dan pasangan mungkin dulu bisa putus gara-gara siklus bosan ini. Kamu tak boleh mengulangi hal yang bisa bikin dia bosan. Cara terbaik adalah berikan dia hal baru yang tampak bukan kamu banget. Dia pasti akan terkesima, paling tidak dia merasa kamu berbeda dan dia mendapatkan tantangan baru.

5. Tentu dia sedikit berubah, jadi tak ada salahnya ikuti dan kuasai alur pembicaraan yang dia ciptakan

Meski sedikit berubah, kamu harus tetap cari tahu apa yang dia suka via unsplash.com

Apa yang kamu bisa ambil dari dirinya setelah kalian putus? Tentu saja dia mencoba move on dari kamu dengan mengonsumsi hal-hal baru. Jangan kaget kalau dia sedikit berubah, kamu perlu menguasai apa yang sedang dia sukai saat kencan tiba. Sekadar tanyakan kepadanya atau kembali lucu-lucuan stalking. Kuasai materi perbincangan dengannya.

6. Jangan terlalu akrab atau menggampangkan, kadang kamu perlu usaha lebih dan berhati-hati dalam menyatakan

kamu tetap harus berusaha dan berjuang via unsplash.com

Karena mungkin kamu dan dia sudah pernah bersama, jadi hal biasa kalau kamu mengerti hal-hal di belakangnya. Tetapi walaupun begitu kamu tetap perlu menjaga sikap dalam cara PDKT yang kamu lakukan, jangan sok akrab dan menampakan keakraban berlebih. Selayaknya gebetan, kamu perlu berhati-hati dalam menyatakan sikap siapa tahu malah dia marah kalau kamu terlalu menggampangkan keakraban kalian dulu.

7. Saat usahamu direspon sesuai harapan, kamu perlu sedikit jual mahal, bukan bikin dia penasaran tapi juga melihat seberapa pula usahanya

Jual mahal dikit tak apa biar dia juga beradaptasi dengan kamu yang baru via unsplash.com

Tentu saja kamu bukan semata-mata datang untuk berkorban, kamu juga perlu mendapatkan kebahagiaan. Nah … saat di mana dia merespons cara PDKT yang kamu lakukan dengan baik kamu perlu sedikit jual mahal. Dia pasti akan tertantang dan mengubah sikap biar kamu kembali memberikan perhatian yang dia harapkan.

8. Langsung berikan dia keseriusan, dia tak suka kalau hubungan yang kembali dijalin sia-sia dan hanya ada harapan

Kalau kamu serius, pasti dia juga serius via unsplash.com

Apa yang dia inginkan? Apa yang kamu lakukan? Tentu saja, soal cinta yang terpenting adalah sejauh mana kamu dan dia merawatnya hingga sampai pada tujuan akhir, menikah dan menghabiskan hidup bersama-sama. Dengan ini, kamu perlu memberikannya kepastian, tunjukkan keseriusan dan kalau perlu pamerin apa yang sudah kamu lakukan untuk masa depanmu dengan calon istri. Lihat, apakah dia tertarik melanjutkan hubungan bersamamu?

Mungkin cara PDKT ini hanya sekadar sebagai pendamping semangatmu biar kamu yang gagal move on bisa memulai kembali hari-hari dengan kebahagiaan. Kalau saja kamu bisa move on itu juga belum tentu lebih baik apalagi jika kamu dan pasangan putus gara-gara hal yang sepele atau hal yang tak jelas. Walau bagaimanapun masih ada kesempatan, tak cukup dengan mengenang, kamu bisa membuat kenangan baru dengannya. Siapa tahu cara PDKT dengan mantan ini bisa membuatmu kembali bergairah buat menggaetnya lagi dan meneruskan semua harapan saat masih bersama-sama dengan dia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya